BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

LUAR BIASA

Artikel ini akan mengupas kejadian maupun keadaan yang dianggap luar biasa bagi orang awam. Beberapa hal yang menyebabkan sesuatu menjadi luar biasa, bisa disebabkan karena alam, perjuangan, prestasi, pengorbanan, dan lain sebagainya :
1. Hal luar biasa dari karya manusia,


Tembok Cina

a. Tembok Raksasa di Cina.
Bangunan tembok yang memiliki ketinggian hingga 16 meter, tebal 8 meter sepanjang sekitar 2500 km, dibangun diatas bukit. Berapakah biaya untuk membangun tembok tersebut, berapa jumlah material yang dibutuhkan, bagaimana cara mengangkut material sepanjang. Bangunan tersebut memiliki ketangguhan luar biasa. meskipun telah berusia ribuan tahun, ternyata masih berdiri kokoh. Bisa kita bayangkan apabila bangunan tersebut dibangun pada zaman sekarang. 

b. Capital Gate

 Metrotvnews.com: Bangunan bukan hanya struktur tempat orang tinggal atau bekerja. Bangunan adalah karya seni. Arsitek desain dan insinyur membangun karya seni luar biasa yang melawan grafitasi, menggabungkan kreativitas ekstrim, dan memutar kepala. Berikut tujuh bangunan yang paling tidak biasa di dunia seperti yang dirilis Amerikanki: Bangunan tersebut menjadikan Emirat Arab menjadi terkenal. dan menjadi pusat bisnis dunia.



c. Terusan Suez
Proyek raksasa ini, mempekerjakan sebanyak  25.000 orang buruh per bulan, yang sebagian besar adalah warga Mesir yang memakan waktu 10 tahun, dimulai pada tahun 1859 dengan mengambil titik awal di kota Port Said dan berakhir di daerah Shaloufa arah Laut Merah pada 15 Agustus 1869. Penggalian daratan sepanjang 163 km, dan lebar lebih dari 100 m, bukan pekerjaan mudah dan murah. Yang diuntungkan dari proyek tersebut bukan hanya Mesir saja, tetapi seluruh dunia. Bayangkan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk berlayar dari Laut Merah ke Laut Tengah sebelum dibangunnya terusan tersebut. Ferdinan de Lezep seorang arsitek berkebangsaan Perancis namanya menjadi sangat terkenal setelah berhasil menyelesaikan pembangunan  Terusan Suez.
 Dengan dibangunnya terusan tersebut maka terpisahlah kedua benua antara Asia dengan benua Afrika. 



d. Terowongan Bawah Laut

Inggris dan Perancis telah mengawali pembangunan  terowongan bawah laut, yaitu Terowangan Channel adalah terowongan kereta dibawah laut sepanjang 50.5 km (31.4 mil) yang menghubungkan Folkestone, Kent didekat Dover Inggris dengan Coquelles, Pas-de-Calais didekat Calais utara Prancis dibawah terusan Inggris pada Selat Dover. Pada 37.9 km(23.5 mil) terowongan Channel memiliki bagian terpanjang dibawah laut dibandingkan dengan terowongan lain didunia, walaupun terowongan Seikan di Jepang lebih baik secara keseluruhan, pada 53.85 km (33.46 mil) dan lebih dalam pada 240 m (790 ft) dibawah permukaan laut. Setelah berhasil membangun terusan Sues yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah, kedua negara tersebut berhasil menghubungkan negara Inggris dengan Perancis melalui terowongan bawah laut. Dengan dibangunnya terowongan tersebut, maka laut tidak lagi menjadi penghalang atau penghambat perjalanan dari suatu daratan ke daratan lainnya.
Lalu kapankah Indonesia akan membangun terowongan dari Jawa menuju Sumatera, sehingga dapat memperpendek atau mempercepat perjalanan dari Jawa ke Sumatera ?
  
e. The Gorges Dam

Dan sampailah kita pada daftar nomor 1. Inilah salah satu rekayasa engineering termasyhur di abad ke-20. Inilah Three Gorges DAM. DAM terbesar di dunia hasil rancangan engineer-engineer terbaik China. Bendungan ini terletak di propinsi Hubei, China. Bayangkan saja 7Twister, bendungan ini dibangun selama 17 tahun dan memakan biaya sebesar $59billion atau sekitar Rp. 700triliun. Ratusan Desa dan Kota digabung menjadi satu untuk membuat 403mil persegi reservoir air. Ya inilah Three Gorges DAM. Ada cerita kontroversi juga dimana bendungan ini membuat aliran sugai Yang Tze melambat, sehingga area di sekitar bendungan terjadi erosi, longsor, dan gempa serta meninggalkan jutaan ton sedimen.
7Twister ingin tahu berapa listrik yang dihasilkan dari 1 bendungan terbesar dunia ini?? Jawabannya adalah 22000MegaWatt, listrik ini setara dengan listrik yang dihasilkan oleh 20 bendungan Hoover. DAHSYATT

2. Hal luar biasa yang didapat melalui perjuangan,
a.  Pertempuran 10 November 1945  
     Peristiwa tersebut tergolong peristiwa yang luar biasa dimana para pejuang bangsa Indonesia yang tidak memiliki tentara harus berhadapan dengan tentara Inggris yang dilengkapi  dengan persenjataan modern. Pasukan tentara Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II tidak merasa malu menghadapi para pejuang. Meskipun para pejuang tidak memiliki senjata maupun strategi perang namun mereka terus bertempur, melakukan perlawanan, sehingga tentara Inggris tidak berdaya bagaimana cara menaklukkan bangsa Indonesia yang baru 3 bulan merdeka. Pertempuran yang berlangsung selama kurang lebih 21 hari, dapat dikatakan sebagai peristiwa berdarah dengan korban sekitar 10 ribu jiwa.

3. Hal luar biasa karena prestasi
4. Hal luar biasa karena pengorbanan
5.
mohon maaf , masih dalam editing.
Comments
0 Comments