BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

JUARA KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) AGUNG


Latar Belakang

        Kebersihan adalah cermin kehidupan bangsa. Bangsa yang bersih tentunya memiliki kepribadian yang baik, dan juga memiliki angka kesejahteraan hidup tinggi.
Pencapaian kebersihan yang baik tidak hanya dari kesadaran manusia, tetapi juga dari pendidikan sejak dini mengenai sampah beserta dampaknya. Salah satu ciri bangsa maju adalah budaya melestarikan kebersihan lingkungan dan kesehatan yang tinggi. MEreka pada umumnya mau mengikuti aturan-aturan yang aa meskipun sederhana, seperti dilarang membuang sampah sembarangan. Karena mereka sadar betapa pentingya kebersihan itu, lingkungan yang bersih sama juga dengan kesehatan yang terjamin. Indonesia merupakan negara yang populasi penduduknya menduduki urutan 4 di  dunia, dengan jumlah penduduk +  jiiwa. Menurut Menteri dina Kesehatan Indonesia, rata-rata manusia membuang sampah 0, kg/hari, sehingga volume sampah di Indonesia rata-rata mencapai 200.000 ton (https://www.ariwahyudi.web.id).
       
       Dari sekian banyak penduduk di Indonesia, hanya sedikit orang yang sadar akan kebersihan lingkungan. Akibatnya kita bisa melihat dampaknya yang ditimbulkan sampah di ibukota negara kita, yaitu Jakarta yang mengalami musibah banjir tahunan yang disebabkan meluapnya sunga-sungai besar di Jakarta, contohnya sungai Ciliwung. Selain itu dampak penumpukan sampah juga mengakibatkan berbagai macam penyakit, diantaranya diare, kolera, penyakit jamur kulit. Salain berdampak pada kesehatan, sampah juga berdampak pada lingkungan. diantaranya pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara. .

      Jumlah kendaraan bermotor roda empat atau lebih di dunia sejak tahun  1986 terus bertambah. walhasil seperti yang terlihat dari penelitian, hingg tahun 2010 lalu peningkatan jumlah kendaraan bermotor di dunia telah mencapai 1, 015 milyar unit. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor juga terjadi di Indonesia. Data dari Gabungan Kendaraan bermotor Indonesia (Gakindo) dan Assosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) menunjukkan jumlah populasi kendaraan bermotor di Indonesia hingga tahun 2010 lalu mencapai 50.824.128 unit. (http://m.tempo.co/read/news/2011/08/19/123452572 kendaraan bermotor di Indonesia, terbanyak-di-asian). ...... 

selanjutnya !


Comments
0 Comments