BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

Mengenal Tokoh Nasional

Sebagai bangsa yang besar dan bersahaja sudah sepantasnya kita mengenal tokoh-tokoh nasional yang telah berjasa dan mengukir sejarah di negeri Indonesia. Dengan mengenal tokoh tersebut diharapkan dapat menjadi tauladan bagi kita sebagai generasi penerusnya. Perjuangan tokoh-tokoh tersebut belum berakhir, kita harus mampu melanjutkan perjuangannya agar terwujud negara yang besar, bersahaja, dihormati oleh setiap bangsa. Bagaimana kiprah dan sepak terjangnya dalam memperjuangkan maupun mempertahankan kemerdekaan, semangat kerja keras dan rela berkorban masih sangat dibutuhkan hingga sekarang untuk mewujudkan harapan tersebut. Tentunya tidak dapat menampilkan semua tokoh nasional, namun demikian dapat memberikan inspirasi pada kita bagaimana sebaiknya sebagai bangsa yang bersahaja.

10 Tokoh Kebangkitan Nasional

Sepertinya gw tertarik sekali untuk menjawab tantangan dari mas daeng fattah. Setelah berusaha meluangkan waktu sebisa mungkin, sekarang adalah kesempatannya. Untuk membahas kebangkitan nasional kembali sepertinya sudah tidak perlu. Bisa dilihat pada postingan sebelumnya, 100 tahun kebangkitan nasional. Agak membosankan jika harus mengulang kembali dan bercerita kembali secara panjang lebar mengenai kebangkitan nasional. Jadi langsung saja pada pokok pembahasan.
Inilah TOP 10 tokoh kebangkitan Nasional menurut gw. Oh ya, mengingatkan terlebih dahulu, bahwa beberapa tokoh kemungkinan bukan pahlawan nasional karena menurut gw tokoh kebangkitan nasional tak harus seorang pejuang pada masa penjajahan ataupun masa-masa mempertahankan kemerdekaan selepas kemerdekaan baru direnggut di tangan kita. Ya, kembali lagi.
TOP 10 TOKOH KEBANGKITAN NASIONAL:
1. Dr. Sutomo

Kenapa gw menaruh nama beliau pada peringkat pertama? Bukan lain lagi alasannya, karena beliaulah pendiri Budi Utomo yang manakala hari didirikannya diperingatkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 20 Mei 1908, beliau bersama rekan-rekan lulusan STOVIA mendirikan Budi Utomo, organisasi yang membuat Indonesia menghadapi suatu zaman, yakni pergerakan nasional. Dari organisasi inilah mulai bermunculan organisasi-organisasi pergerakan nasional lainnya. Budi Utomo merangsang rakyat Indonesia agar lepas dari kehidupan terjajah dan menuju kemerdekaan. Setelah mengetahui kekalahan Rusia ditangan Jepang dan penderitaan yang semakin meradang, akhirnya pergerakan nasional pun berkobar di Indonesia. Dr. Sutomo sendiri tidak menetapkan tarif kepada setiap pasiennya, terkadang pasien tersebut mendapatkan pengobatan tanpa biaya. Sulit sekali mencari dokter yang seperti ini di dunia sekarang. Materi menjadi segalanya, bak Tuhan yang disembah. Bahkan terkadang lebih diagungkan daripada Tuhan. Astagfirullah….

2. Ki Hajar Dewantara
Siapa yang tidak kenal tokoh satu ini? Tokoh yang merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia pada saat zaman penjajahan. Tokoh yang terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini mendirikan perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mengecap indahnya bangku pendidikan. Selain itu beliau juga turut serta dalam pendirian Budi Utomo. Hari Kelahirannya, yakni pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan. Kenapa gw menempatkan beliau pada tempat kedua? Karena selain menjadi tokoh pergerakan nasional, beliau juga menjadi tokoh pendidikan Indonesia. Tanpa beliau, bangsa kita tidak akan pernah menikmati indahnya masa-masa sekolah dan mengenyam pendidikan.
Comments
0 Comments

No comments :