BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MEMBUAT EVALUASI DIGITAL BAGIAN 12

12. Tombol-tombol Navigasi
      Agar aplikasi Evaluasi Digital dapat dioperasikan oleh pengguna maka setiap lembar kerja (sheet) perlu dipasang tombol-tombol navigasi sesuai dengan keperluan. Pemasangan tombol yang tidak pada tempatnya dapat mengakibatkan kesulitan bagi pengguna, bahkan menyebabkan error. Hal tersebut telah dialami penulis ketika melakukan uji coba. Oleh karena itu harus dipahami kebutuhan masing-masing lembar kerja . Berikut adalah tombol-tombol navigasi yang dibutuhkan beserta penempatannya.
  1. Tombol Home (diarahkan ke halaman utama/FormImput), tombol tersebut dipasang pada masing-masing lembar kerja (sheet), kecuali pada sheet Database. Pada sheet Database jangan dipasang tombol navigasi karena setiap proses penyimpanan tombol yang ada akan digandakan, seingga akan menumpuk menjadi banyak sebanyak proses penyimpanan. Dampaknya pada proses membuka ataupun menyimpan menjadi sangat berat, bahkan error. Cara mengatasinya masalah tersebut untuk menghubungkan dengan lembar kerja lainya adalah dengan cara memanfaatkan text range (cell) yang dipasang di luar area kerja, sehingga tidak mengganggu pengimputan data.
  2. Tombol Guru, dipasang pada login Guru dan hanya guru yang boleh membukanya
  3. Tombol Database, dipasang pada sheet ("FormImput"), ("Guru"), ("Data Siswa"), dan ("Analisis").
  4. Tombol Start (mulai mengerjakan), dipasang pada sheet ("FormImput"), tombol tersebut sebenarnya tombol timer yang difungsikan sebagai start (memulai mengerjakan). Waktu akan berjalan ketika tombol start telah diklik.
  5. Tombol Timer (berfungsi untuk membatasi waktu kerja siswa), pada Evaluasi Digital tombol tersebut dimanfaatkan sebagai tombol start (lihat : item 4).
  6. Tombol Latihan, dipasang pada sheet ("FormImput") lingk ke file Latihan soal.
  7. Tombol Evaluasi, dipasang pada sheet ("FormImput), dan Latihan soal.
  8. Tombol Pembahasan  dipasang pada FormImput dan Latihan soal
  9. Tombol pembahasan, dipasangkan pada Form Imput dan latihan Soal
  10. Tombol lanjutkan dipasang pada setiap lembar soal.
  11. Tombol nomor soal ( untuk memilih soal yang akan dikerjakan), apabila proses pengerjakannya dilakukan secara acak.   
  12. Tombol Data siswa,  dipasang pada sheet ("Database"), ("Guru")
  13. Tombol Analisis, dipasang pada sheet guru. Ketika sedang dikerjakan oleh siswa maka lembar kerja tersebut semestinya tersebunyi, sheet FormImput.
  14. Tombol Simpan dan Remidial, dipasang pada sheet ("Nilai Anda").
  15. Tombol Nilai Anda, dipasang pada sheet dipasang pada sheet ("S 20") atau lembar soal terakhir
  16. Tombol Print/ Cetak, dipasang pada sheet ("Nilai Anda")
  17. Tombol Penghargaan, dipasang pada sheet ("Nilai Anda")
  18. Tombol yang berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan lembar kerja, dipasang pada ("FormImput") dan ("masuk guru").
  19. Tombol Edit Soal, dipasang pada sheet ("Guru"), dan ("Analisis")
  20. Tombol Exit, dipasang pada sheet ("Nilai Anda"), ("Penghargaan"), ("Masuk Guru").
Demikianlah cara memasang tombol pada Evaluasi Digital sehingga mempermudah pengeditan bagi guru ataupun pengerjaan evaluasi bagi siswa. Ikuti langkah selanjutnya, Evluasi Digital Bagian 13.  ............ NEXT
Comments
0 Comments