BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS SMP Kelas 9.Gasal.3



SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Bukateja
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Ekonomi
Kelas/Semester
:
IX / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran
:
2013/2014
Standar Kompetensi
:
4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional
Kompetensi Dasar
:
4.1. Kemampuan menganlisis uang dan lembaga keuangan dalam masyarakat
Indikator
:
1.         Menceritakan secara singkat sejarah terjadinya uang
2.         Mendeskripsikan fungsi uang
3.         Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral )
4.         Mendeskripsikan macam nilai nominal pada uang
5.         Mendeskripsikan kurs valuta asing
6.         Menganalisis bank sebagai lembaga keuangan
7.         Lembaga keuangan bukan bank
Alokasi Waktu
:
 5 pertemuan ( 10 jam pelajaran )

A.  Tujuan Pembelajaran   :
 Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.       Menceritakan secara singkat sejarah terjadinya uang dan pengertian uang
2.       Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang barang
3.       Mendeskripsikan fungsi asli uang
4.       Mendeskripsikan fungsi turunan uang
5.       Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral )
6.       Mendeskripsikan kurs valuta asing
7.       Menyusun daftar mata uang asing
8.       Mendeskripsikan kurs jual dan kurs beli terhadap mata uang asing
9.       Mendeskripsikan nilai nominal pada uang
10.    Menguraikan nama mata uang yang berlaku di kawasan Asia Tenggara
11.    Menguraikan beberapa tempat yang dapat digunakan sebagai tempat penukaran mata uang a sing
12.    Menganalisis bank yang termasuk BUMN ( Badan Usaha Milik Negara )
13.    Menganalisis bank yang termasuk Badan Usaha Milik Swasta
14.    Menyebutkan 3 tugas pokok Bank Sentral
15.    Menyebutkan 3 tugas pokok Bank Umum
16.    Mendeskripsikan keuntungan menabung di Bank
17.    Mendeskripsikan cara menabung atau membuka rekening di bank
18.    Menguraikan lembaga-lembaga keuangan bukan Bank
19.    Mendeskripsikan peranan dan fungsi lembaga Asuransi
20.    Mendeskripsikan peranan dan fungsi Pegadaian
21.    Menjelaskan perbedaan sistem peminjaman di bank dengan di Pegadaian
22.    Menguraikan keuntungan menjadi anggota Koperasi
23.    Menguraikan peranan dan fungsi koperasi sekolah
24.    Mendeskripsikan peranan dan fungsi perusahan sewa guna (leasing)
25.    Mendeskripsikan peranan dan manfaat Pembentukan Dana Pensiun
B.   Karakter yang Dapat Dikembangkan
1.         Memiliki keberanian berpendapat di muka umum (melalui tanya jawab)
2.         Memiliki semangat belajar dan pantang menyerah (melalui CQC)
3.         Memiliki kemandirian kerja melalui CQC
4.         Memiliki rasa tanggung jawab melalui penugasan
5.         Mampu menggunakan uang sebaik-baiknya secara ekonomis
C.  Materi Pembelajaran
1.        Sejarah singkat terjadinya uang
2.        Fungsi uang
3.        Jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral )
4.        Nilai pada uang
5.        Kurs valuta asing
6.        Bank
7.        Lembaga keuangan bukan Bank
D.  Metode Pembelajaran
1.       CQC (Collection of Question Card's)
2.       Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab )
3.       Tanya jawab
4.       Penugasan / unjuk kerja

E.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
I
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1.  Apersepsi : Menanyakan apa alasan siswa apabila berangkat sekolah minta uang saku
2. Motivasi   : Untuk mengetahui tentang uang secara mendalam mengajak siswa untuk belajar bersama
Menjawab pertanyaan guru

Kegiatan inti
1.Membacakan indikator  yang hendak dicapai tentang uang dan lembaga keuangan
2.Membagi kelas menjadi 4 kelompok sesuai dengan barisan meja / tempat duduk
3.Masing-masing baris mendapatkan 1 paket kartu pertanyaan (CQC) sebanyak 30 kartu soal
4.Memberikan petunjuk cara belajar dengan menggunakan kartu soal ( cara aturan mainnya)
5.Membimbing siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan CQC
6.Memberikan penilaian tehadap siswa-siswa yang telah mencapai target kartu soal yaitu dapat menjawab pertanyaan sebanyak 30 soal sesuai dengan kriteria dan aturan mainnya
7.Memasukan nilai ke dalam daftar nilai
1.Memperhatikan guru
2.Menjawab setiap kartu secara bergantian dengan teman lain dengan cepat sesuai aturan main
3.Melaporkan hasil pekerjaan dan meminta nilai setelah selesai mengerjakan kartu soal
4.Beberapa orang siswa  membacakan hasil pekerjaannya
5.Mencatat kesimpulan yang ditulis di papan

Penutup
1.Memberikan pujian atas semangat pada 10 orang siswa yang tercepat dalam mengerjakannya
2.Memberikan motivasi agar belajar sungguh-sungguh  sehingga tidak kalah dalam berkompetisi
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
II
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi  dan motivasi
Mengucapkan selamat kepada siswa yang tercepat dalam mengerjakan CQC

Memperhatikan temannya ketika sedang membacakan hasil kerjanya

Kegiatan inti
1.Membahas secara singkat materi no. 1 – 11, tentang uang
2. Membahas  kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
3.Masing-masing siswa memberikan penilaian pekerjaan  teman lain
4. Salah seorang siswa yang tercepat dalam mengerjakan CQC   diberi kesempatan membacakan hasil pekerjaannya sebagai penghargaan
5. Siswa lainnya menilai dengan teliti, karena nomor pekerjaan satu sama lain tidak ada yang sama
6. Hasil penilaian dilaporkan dan dimasukkan ke daftar nilai
7.                  Siswa yang belum jelas atau jawabannya berbeda diperkenankan bertanya atau mengajukan pendapat.
8.                  Membahas materi nomor 1 – 11 tentang uang
1. Memperhatikan penjelasan guru dan mencatat yang dianggap penting
2. Membaca buku pelajaran dan menjawab pertanyaan guru
3. Menanyakan materi yang kurang jelas



Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Memotivasi siswa yang tidak pernah menjawab agar lebih rajin belajar agar mendapat kesempatan menjawab.
Mencatat tugas yang diberikan guru
Memperhatikan penjelasan guru


Refleksi
Siswa dapat belajar dengan serius dan penuh tanggung jawab. Terbuktui selama dua jam pelajaran tidak ada yang bermain sendiri atau keluar dari kelas selama kegiatan pembelajaran IPS.
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
III
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi & motivasi
1. Apersepsi :   Bagaimana kesan kalian setelah mengunjungi lembaga-lembaga keuangan
2. Motivasi    :   Kita perhatikan hasil kerja-masing-masing kerja kelompok kalian
Mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dirumah

Kegiatan inti
1. Membacakan indikator kembali no. 12 – 25
2. Membahas materi no. 12 - 25 Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank
3. Membahas hasil kunjungan siswa pada lembaga-lembaga keuangan dengan cara masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
4. Memberikan penghargaan atau penilaian pada masing-masing kelompok yang melaksanakan tugas dengan baik,
5. Memberikan penjelasan tentang Bank, Pegadaian, Koperasi yang ada di Indonesia mengenai pengertian, tugas pokok, maupun fungsinya.
6. Memberikan pertanyaan tentang Bank dan lembaga Keuangan bukan Bank
7. Memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang belum jelas tentang materi yang diajarkan
8. Membuat kesimpulan
1. Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru;
2. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
3. Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum jelas
4. Mencatat kesimpulan yang ditulis di papan

Penutup
1.Memberikan pujian pada siswa yang aktif  menjawab pertanyaan guru dan mengajukan pendapat atau bertanya
2. Memotivasi siswa rajin belajar untuk menghadapi ulangan pada pertemuan yang akan datang
Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum jelas

Refleksi
…………………………………………………..………………………………………………………………….
…………………………………………………. ………………………………………………………………….
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
IV
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan kertas untuk ulangan remidi

Apersepsi & motivasi
Membagikan naskah soal ulangan harian
Memberikan petunjuk pengerjaan soal ulangan
Menyiapkan kertas ulangan

Kegiatan inti
1.Mengawasi jalannya ulangan harian
2.Setelah selesai menyuruh siswa menukar hasil ulangan dengan teman lain dengan tujuan agar siswa mengetahui perolehan hasil ulangan harian
3.Menanyakan soal-soal yang dianggap sulit setelah selesai ulangan harian
4.Membahas materi yang belum dikuasai oleh siswa
1.Mengerjakan soal ulangan harian
2.Mengoreksi hasil ulangan harian
3. Menanyakan soal-soal yang sulit
4. Memperhatikan penjelasan guru tentang materi ulangan yang masih sulit dipahami

Penutup
1.Memberikan pujian kepada siswa yang memperoleh nilai terbaik dan memotivasi agar yang lainnya berlomba bisa memperoleh prestasi terbaik
2.Mengingatkan siswa yang belum mencapai KKM agar belajar lebih giatt guna memperbaiki nilai yang diperolehnya  dalam ulangan remidi
Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum jelas

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
IV
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Mempersiapkan ulangan remidi bagi yang belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
Memperhatikan penjelasan guru
Mempersiapkan lembar jawab ulangan remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM

Kegiatan inti
1. Memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi siswa yang telah mencapai KKM
1. Menjawab pertanyaang guru dan mengajukan pendapat
2. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM
3. Bagi siswa yang telah mencapai dan  melampaui KKM mengerjakan soal-soal pengayaan

Penutup
.  Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat belajar bagi yang belum bisa mencapai KKM
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………
F.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Diktat / ringkasan
2.       Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3.       Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4.       Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5.       Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6.       Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G.  Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
  1. Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.      Syarat benda dapat dijadikan uang adalah  :
a. mudah dipindah                                                                  c. memiliki nilai tetap
b.  mudah disimpan                                                                d. nilainya berubah-ubah
2.      Fungsi asli dari uang adalah ....
a. fungsi dari ulang asli                                                           c. asal mula kegunaan uang
b. fungsi uang sebenarnya                                                     d. asal mula kegunaan barang yang dijadikan uang
3.      Faktor yang membedakan antara uang kartal dengan uang giral adalah ….
a. kegunaannya                                                                       c. asal-usul
b. bentuknya                                                                            d. nilainya
4.      Yang dimaksud dengan nilai nominal pada uang adalah nilai uang bersadarkan ….
a. nilai yang tertera pada uang                                             c.jumlah nilai yang tertera pada uang
b. nilai kandungan bahan yang digunakan                        d. nilai yang disahkan oleh bank sentral
5.      Seorang turis Amerika menukarkan sejumlah uang dolar ke BRI untuk berwisata di Owabong, Bank tersebut memberikan sejumlah uang rupiah dengan menetapkan ….
a. kurs jual                                                                                c, kurs tengah
b. kurs beli                                                                                 d. kurs valuta asing
6.      Mata uang asing yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia adalah …
a. Poundsterling                                                                        c. Dolar Australia
b. US Dolar                                                                                d. Yen
7.      Seorang TKI bekerja di Malaysia selama 2 tahun, sepulang dari Malaysia ia membawa uang dari negara tersebut, yaitu ….
a. ringgit                                                                                     c. dolar Malaysia
b. peso                                                                                        d. baht

8.      Money canger adalah tempat / lembaga yang melayani …..
a. penukaran uang dengan barang                                      c. pembayaran barang impor
b. penukaran uang asing                                                        d. pembayaran utang luar negeri
9.      Manakah jenis bank di bawah ini yang tergolong Bank Swasta ?
a. BPD                                                                                        c. BMT
b. BKK                                                                                       d. BTN
10.  Bank yang mempunyai kewenangan untuk mencetak uang kartal adalah bank ….
a. Bank Sentral                                                                        c. Bank Pemerintah
b. Bank Umum                                                                        d. BPR
11.  Bank yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa-jasa dalam bidang keuangan kepada masyarakat disebut bank ….
a. Bank Sentral                                                                        c. Bank Pemerintah
b. Bank Umum                                                                        d. BPR
12.  Keuntungan menabung di Bank adalah ….
a.  bunganya kecil                                                                   c.lebih aman
b. tidak berbunga                                                                     d. pelayanan sangat mudah
13.  Pernyataan di bawah ini adalah lembaga keuangan bukan bank, kecuali …
a. Pegadaian                                                                             c. Dana Pensiun
b. BMT                                                                                      d. Asuransi
14.  Asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi kepada karyawan yang mengalami kecelakaan pada saat melaksanakan pekerjaan, adalah jenis asuransi ….
a. Asuransi Jiwa                                                                       c. Asuransi Kesehatan
b. Asuransi Jasa Raharja                                                       d. Asuransi Tenaga Kerja ( Jamsostek)
15.  Lembaga keuangan yg memberikan kredit dengan jaminan barang bergerak ( barang yang dapat dibawa ) adalah …
a. Bank                                                                                      c. Koperasi Simpan Pinjam
b.Perum Pegadaian                                                                 d. Asuransi

16.  Faktor utama yang membedakan antara Bank dengan Perum Pegadaian adalah ….
a. banyak pinjaman                                                               c. barang yang dijadikan agunan
b. kemudahan dalam meminjam                                        d. kepentingan si peminjam
17.  Pernyataan berikut merupakan keuntungan seseorang menjadi anggota koperasi , kecuali ….
a. mendapatkan bunga tinggi                                               c. peminjaman tidak memerlukan agunan
b. mendapatkan SHU                                                             d. mendapatkan keuntugan lain selain dari SHU.
18.  Koperasi yang diselenggarakan oleh sekolah disebut koperasi …..
a. koperasi anak-anak                                                            c. koperasi perlengkapan sekolah
b. anak koperasi                                                                      d. koperasi sekolah
19.  Tujuan diadakannya Dana Pensiun adalah …..
a. pemberian hadiah bagi pegawai yang telah mencapai pensiun
b. untuk meningkatkan kesejahteraan PNS beserta keluarganya
c.memberikan santunan bagi pegawai yang meninggal dunia
d. untuk membiayai sekolah bagi putera pegawai
20.  Usaha yang bergerak dalam pembiayaan pembelian barang modal yang dibutuhkan nasabah karena nasabah disebut ….
a.       Pegadaian                                                                         c. Purusahaan Asuransi
b. Perseroan Terbatas                                                             d. Perusahaan Sewa Guna (Leasing)

II. Essay :
21.  Jelaskan secara singkat tentang sejarah terjadinya uang !
22.  Jelaskan pengertian fungsi turunan, dan sebutkan jenis-jenis fungsi turunan uang
23.  Sebutkan 5 jenis mata uang yang berlaku di negara-negara di Asia Tenggara
24.  Sebutkan 3 bank di kotamu yang termasuk Badan Usaha Milik Negara !
25.  Ceritakan secara singkat cara membuka rekening atau menabung di Bank !

Penugasan : Siswa dibagi 4 kelompok untuk melakukan kunjungan ke instansi/ lembaga keuangan di sekitar sekolah :
- Kelompok 1   :  pergi ke Bank (BRI) yang terdekat untuk menanyakan bagaimana caranya membuka rekening dan manfaat bank bagi masyarakat
- Kelompok 2   :  pergi ke Perum Pegadaian, menanyakan bagaimana caranya meminjam uang di Pegadaian dan peranan pegadaian bagi masyarakat.
- Kelompok 3   :  Pergi ke BPR terdekat, menanyakan Fungsi utama BPR bagi masyarakat,
- Kelompok 4   :  Pergi ke Koperasi terdekat, menanyakan cara-cara menjadi anggota koperasi serta keuntungan menjadi anggota koperasi.
KUNCI  JAWABAN
I.  Pilihan Ganda
1
C
6
A
11
B
16
C
2
B
7
A
12
C
17
A
3
B
8
B
13
B
18
D
4
A
9
C
14
D
19
B
5
A
10
A
15
B
20
D

II.  Essay
21.  Sejarah singkat terjadinya uang : proses terjadinya uang berawal dari adanya sistem barter, yaitu tukar-menukar barang untuk dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, banyaknya kesulitan dan hambatan dalam barter mulailah manusia menggunakan barang tertentu untuk dijadikan uang barang, mulailah manusia menggunakan uang sederhana setelah dirasa bahwa penggunaan uang barang pun mengalami kesulitan dan hambatan, sampai akhirnya manusia menggunakan uang seperti yang kita gunakan bersama. ]
22.  Fungsi asli uang adalah asal mula kegunaan uang, yaitu sebagai alat tukar menukar dan satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan uang adalah kegunaan lain selain sebagai fungsi turunan sebagai dampak perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.
23.  Lima jenis uang yang berlaku di kawasan Asia Tenggara antara lain : Rupiah, Ringgit, dolar Singapura, dolar Brunei DS, Baht, dong, Yuan.
24. Bank yang termasuk Badan milik negara antara lain : BNI, BII,.BRI, Bang Jateng.
25. Cara membuka rekening di Bank : Diawali dengan mendaftarkan  diri dengan mengisi formulir pendaftaran, memberikan tabungan, untuk mendapatkan buku rekening, Setelah tercatat sebagai nasabah baru maka rekening yang telah diisi dan ditandatangani petugas, maka buku rekening dapat dibawa pulang.



PEDOMAN  PENILAIAN :


No
Nama Siswa
PG
Skor Uraian
Uraian
Jml
Nilai
1









2









3









4









dst










PG               : B x 3,5             Jika betul semua  skornya                 =   70
Uraian        : B x 6                                ika betul semua  skornya   =   30
Jumlah nilai                                                                          =  100


Mengetahui,                                                                  Bukateja, 15 Juli  2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. Fachrudin                                                              Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003                                      NIP. 19650820199512 0 1 001

Comments
0 Comments

No comments :