SMP/MTs
|
:
|
SMP Negeri 2
Bukateja
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Ekonomi
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / 1 ( gasal )
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2013/2014
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami Lembaga Keuangan dan
Perdagangan Internasional
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Kemampuan menganlisis uang dan
lembaga keuangan dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
1.
Menceritakan
secara singkat sejarah terjadinya uang
2.
Mendeskripsikan
fungsi uang
4.
Mendeskripsikan macam nilai nominal pada uang
5.
Mendeskripsikan
kurs valuta asing
6.
Menganalisis
bank sebagai lembaga
keuangan
7.
Lembaga keuangan bukan bank
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5 pertemuan ( 10 jam
pelajaran )
|
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
:
1. Menceritakan secara singkat sejarah
terjadinya uang dan pengertian uang
2. Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda
dapat dijadikan uang barang
3. Mendeskripsikan fungsi asli uang
4. Mendeskripsikan fungsi turunan uang
5. Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang
kartal dan uang giral )
6. Mendeskripsikan kurs valuta asing
7. Menyusun daftar mata uang asing
8. Mendeskripsikan kurs jual dan kurs beli
terhadap mata uang asing
9. Mendeskripsikan nilai nominal pada uang
10. Menguraikan nama mata uang yang berlaku di
kawasan Asia Tenggara
11. Menguraikan beberapa tempat yang dapat
digunakan sebagai tempat penukaran mata uang a sing
12. Menganalisis bank yang termasuk BUMN (
Badan Usaha Milik Negara )
13. Menganalisis bank yang termasuk Badan Usaha
Milik Swasta
14. Menyebutkan 3 tugas pokok Bank Sentral
15. Menyebutkan 3 tugas pokok Bank Umum
16. Mendeskripsikan keuntungan menabung di Bank
17. Mendeskripsikan cara menabung atau membuka
rekening di bank
18. Menguraikan lembaga-lembaga keuangan bukan
Bank
19. Mendeskripsikan peranan dan fungsi lembaga
Asuransi
20. Mendeskripsikan peranan dan fungsi
Pegadaian
21. Menjelaskan perbedaan sistem peminjaman di
bank dengan di Pegadaian
22. Menguraikan keuntungan menjadi anggota
Koperasi
23. Menguraikan peranan dan fungsi koperasi sekolah
24. Mendeskripsikan peranan dan fungsi
perusahan sewa guna (leasing)
25. Mendeskripsikan peranan dan manfaat
Pembentukan Dana Pensiun
B. Karakter yang Dapat Dikembangkan
1.
Memiliki keberanian berpendapat di muka umum
(melalui tanya jawab)
2.
Memiliki semangat belajar dan pantang menyerah
(melalui CQC)
3.
Memiliki kemandirian kerja melalui CQC
4.
Memiliki rasa tanggung jawab melalui penugasan
5.
Mampu menggunakan uang sebaik-baiknya secara
ekonomis
C. Materi
Pembelajaran
1.
Sejarah
singkat terjadinya uang
2.
Fungsi
uang
3.
Jenis-jenis
uang ( uang kartal dan uang giral )
4.
Nilai
pada uang
5.
Kurs
valuta asing
6.
Bank
7.
Lembaga keuangan bukan Bank
D. Metode Pembelajaran
1. CQC (Collection of Question Card's)
2. Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab
)
3. Tanya jawab
4. Penugasan / unjuk kerja
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
I
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menanyakan apa alasan siswa
apabila berangkat sekolah minta uang saku
2. Motivasi
: Untuk mengetahui tentang uang secara mendalam mengajak siswa untuk
belajar bersama
|
Menjawab pertanyaan guru
|
|
Kegiatan inti
|
1.Membacakan indikator yang hendak dicapai tentang uang dan
lembaga keuangan
2.Membagi kelas menjadi 4 kelompok
sesuai dengan barisan meja / tempat duduk
3.Masing-masing baris mendapatkan 1
paket kartu pertanyaan (CQC) sebanyak 30 kartu soal
4.Memberikan petunjuk cara belajar
dengan menggunakan kartu soal ( cara aturan mainnya)
5.Membimbing siswa yang masih mengalami
kesulitan dalam mengerjakan CQC
6.Memberikan penilaian tehadap
siswa-siswa yang telah mencapai target kartu soal yaitu dapat menjawab
pertanyaan sebanyak 30 soal sesuai dengan kriteria dan aturan mainnya
7.Memasukan nilai ke dalam daftar nilai
|
1.Memperhatikan guru
2.Menjawab setiap kartu secara
bergantian dengan teman lain dengan cepat sesuai aturan main
3.Melaporkan hasil pekerjaan dan meminta
nilai setelah selesai mengerjakan kartu soal
4.Beberapa orang siswa membacakan hasil pekerjaannya
5.Mencatat kesimpulan yang ditulis di
papan
|
|
Penutup
|
1.Memberikan pujian atas semangat pada 10 orang siswa yang tercepat
dalam mengerjakannya
2.Memberikan motivasi agar belajar sungguh-sungguh sehingga tidak kalah dalam berkompetisi
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
|
||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
Mengucapkan selamat kepada siswa yang tercepat dalam
mengerjakan CQC
|
Memperhatikan temannya ketika sedang membacakan hasil
kerjanya
|
|
Kegiatan inti
|
1.Membahas secara singkat materi no. 1 –
11, tentang uang
2. Membahas
kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
3.Masing-masing siswa memberikan
penilaian pekerjaan teman lain
4. Salah seorang siswa yang tercepat dalam
mengerjakan CQC diberi kesempatan
membacakan hasil pekerjaannya sebagai penghargaan
5. Siswa lainnya menilai dengan teliti,
karena nomor pekerjaan satu sama lain tidak ada yang sama
6. Hasil penilaian dilaporkan dan
dimasukkan ke daftar nilai
7.
Siswa
yang belum jelas atau jawabannya berbeda diperkenankan bertanya atau
mengajukan pendapat.
8.
Membahas
materi nomor 1 – 11 tentang uang
|
1. Memperhatikan penjelasan guru dan
mencatat yang dianggap penting
2. Membaca buku pelajaran dan menjawab
pertanyaan guru
3. Menanyakan materi yang kurang jelas
|
|
Memberikan
tugas untuk dikerjakan dirumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Memotivasi
siswa yang tidak pernah menjawab agar lebih rajin belajar agar mendapat
kesempatan menjawab.
|
Mencatat tugas yang diberikan guru
Memperhatikan penjelasan guru
|
||
Refleksi
|
Siswa dapat belajar dengan serius dan
penuh tanggung jawab. Terbuktui selama dua jam pelajaran tidak ada yang
bermain sendiri atau keluar dari kelas selama kegiatan pembelajaran IPS.
|
||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi & motivasi
|
1. Apersepsi : Bagaimana kesan kalian setelah mengunjungi
lembaga-lembaga keuangan
2. Motivasi :
Kita perhatikan hasil kerja-masing-masing kerja kelompok kalian
|
Mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dirumah
|
|
Kegiatan inti
|
1. Membacakan indikator kembali no. 12 – 25
2. Membahas materi no. 12 - 25 Bank dan
Lembaga Keuangan Bukan Bank
3. Membahas hasil kunjungan siswa pada
lembaga-lembaga keuangan dengan cara masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kerjanya di depan kelas
4. Memberikan penghargaan atau penilaian
pada masing-masing kelompok yang melaksanakan tugas dengan baik,
5. Memberikan penjelasan tentang Bank,
Pegadaian, Koperasi yang ada di Indonesia mengenai pengertian, tugas pokok,
maupun fungsinya.
6. Memberikan pertanyaan tentang Bank dan
lembaga Keuangan bukan Bank
7. Memberikan kesempatan bertanya pada
siswa yang belum jelas tentang materi yang diajarkan
8. Membuat kesimpulan
|
1. Memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru;
2. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
3. Menjawab pertanyaan guru dan atau
bertanya apabila belum jelas
4. Mencatat kesimpulan yang ditulis di
papan
|
|
Penutup
|
1.Memberikan pujian pada siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru dan mengajukan
pendapat atau bertanya
2. Memotivasi siswa rajin belajar untuk
menghadapi ulangan pada pertemuan yang akan datang
|
Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum
jelas
|
|
Refleksi
|
…………………………………………………..………………………………………………………………….
………………………………………………….
………………………………………………………………….
|
||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan kertas untuk ulangan remidi
|
Apersepsi & motivasi
|
Membagikan naskah soal ulangan harian
Memberikan petunjuk pengerjaan soal ulangan
|
Menyiapkan kertas ulangan
|
|
Kegiatan inti
|
1.Mengawasi jalannya ulangan harian
2.Setelah selesai menyuruh siswa menukar
hasil ulangan dengan teman lain dengan tujuan agar siswa mengetahui perolehan
hasil ulangan harian
3.Menanyakan soal-soal yang dianggap
sulit setelah selesai ulangan harian
4.Membahas materi yang belum dikuasai
oleh siswa
|
1.Mengerjakan soal ulangan harian
2.Mengoreksi hasil ulangan harian
3. Menanyakan soal-soal yang sulit
4. Memperhatikan penjelasan guru tentang
materi ulangan yang masih sulit dipahami
|
|
Penutup
|
1.Memberikan pujian kepada siswa yang
memperoleh nilai terbaik dan memotivasi agar yang lainnya berlomba bisa
memperoleh prestasi terbaik
2.Mengingatkan siswa yang belum mencapai
KKM agar belajar lebih giatt guna memperbaiki nilai yang diperolehnya dalam ulangan remidi
|
Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum
jelas
|
|
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………
|
||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan tentang
kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Mempersiapkan ulangan remidi bagi
yang belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
|
Memperhatikan penjelasan guru
Mempersiapkan lembar jawab ulangan remidi bagi siswa yang
belum mencapai KKM
|
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan kesempatan bertanya pada
siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan
sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas
atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi
siswa yang telah mencapai KKM
|
1. Menjawab pertanyaang guru dan
mengajukan pendapat
2. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa
yang belum mencapai KKM
3. Bagi siswa yang telah mencapai
dan melampaui KKM mengerjakan
soal-soal pengayaan
|
|
Penutup
|
. Menyampaikan ucapan
terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat
belajar bagi yang belum bisa mencapai KKM
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………
|
F. Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Diktat / ringkasan
2. Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk
kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3. Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan
dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4. Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial
Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5. Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs.
Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6. Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan
Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G. Penilaian
- Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
- Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan
yang benar !
1. Syarat benda dapat dijadikan uang
adalah :
a. mudah dipindah c.
memiliki nilai tetap
b.
mudah disimpan d.
nilainya berubah-ubah
2. Fungsi asli dari uang adalah ....
a. fungsi dari ulang asli c.
asal mula kegunaan uang
b. fungsi uang sebenarnya d.
asal mula kegunaan barang yang dijadikan uang
3. Faktor yang membedakan antara uang kartal
dengan uang giral adalah ….
a. kegunaannya c.
asal-usul
b. bentuknya d.
nilainya
4. Yang dimaksud dengan nilai nominal pada
uang adalah nilai uang bersadarkan ….
a. nilai yang tertera pada uang c.jumlah
nilai yang tertera pada uang
b. nilai kandungan bahan yang digunakan d. nilai yang disahkan
oleh bank sentral
5. Seorang turis Amerika menukarkan sejumlah
uang dolar ke BRI untuk berwisata di Owabong, Bank tersebut memberikan sejumlah
uang rupiah dengan menetapkan ….
a. kurs jual c,
kurs tengah
b. kurs beli d.
kurs valuta asing
6. Mata uang asing yang memiliki nilai tukar
tertinggi di dunia adalah …
a. Poundsterling c.
Dolar Australia
b. US Dolar d.
Yen
7. Seorang TKI bekerja di Malaysia selama 2
tahun, sepulang dari Malaysia ia membawa uang dari negara tersebut, yaitu ….
a. ringgit c.
dolar Malaysia
b. peso d.
baht
8. Money canger adalah tempat / lembaga yang
melayani …..
a. penukaran uang dengan barang c.
pembayaran barang impor
b. penukaran uang asing d.
pembayaran utang luar negeri
9. Manakah jenis bank di bawah ini yang
tergolong Bank Swasta ?
a. BPD c.
BMT
b. BKK d.
BTN
10. Bank yang mempunyai kewenangan untuk
mencetak uang kartal adalah bank ….
a. Bank Sentral c.
Bank Pemerintah
b. Bank Umum d.
BPR
11. Bank yang menghimpun dana dari masyarakat
dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan
jasa-jasa dalam bidang keuangan kepada masyarakat disebut bank ….
a. Bank Sentral c.
Bank Pemerintah
b. Bank Umum d.
BPR
12. Keuntungan menabung di Bank adalah ….
a.
bunganya kecil c.lebih
aman
b. tidak berbunga d.
pelayanan sangat mudah
13. Pernyataan di bawah ini adalah lembaga
keuangan bukan bank, kecuali …
a. Pegadaian c.
Dana Pensiun
b. BMT d.
Asuransi
14. Asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi
kepada karyawan yang mengalami kecelakaan pada saat melaksanakan pekerjaan,
adalah jenis asuransi ….
a. Asuransi Jiwa c.
Asuransi Kesehatan
b. Asuransi Jasa Raharja d.
Asuransi Tenaga Kerja ( Jamsostek)
15. Lembaga keuangan yg memberikan kredit
dengan jaminan barang bergerak ( barang yang dapat dibawa ) adalah …
a. Bank c.
Koperasi Simpan Pinjam
b.Perum Pegadaian d.
Asuransi
16. Faktor utama yang membedakan antara Bank
dengan Perum Pegadaian adalah ….
a. banyak pinjaman c.
barang yang dijadikan agunan
b. kemudahan dalam meminjam d.
kepentingan si peminjam
17. Pernyataan berikut merupakan keuntungan
seseorang menjadi anggota koperasi , kecuali ….
a. mendapatkan bunga tinggi c.
peminjaman tidak memerlukan agunan
b. mendapatkan SHU d.
mendapatkan keuntugan lain selain dari SHU.
18. Koperasi yang diselenggarakan oleh sekolah
disebut koperasi …..
a. koperasi anak-anak c.
koperasi perlengkapan sekolah
b. anak koperasi d.
koperasi sekolah
19. Tujuan diadakannya Dana Pensiun adalah …..
a. pemberian hadiah bagi pegawai yang telah
mencapai pensiun
b. untuk meningkatkan kesejahteraan PNS
beserta keluarganya
c.memberikan santunan bagi pegawai yang
meninggal dunia
d. untuk membiayai sekolah bagi putera
pegawai
20. Usaha yang bergerak dalam pembiayaan
pembelian barang modal yang dibutuhkan nasabah karena nasabah disebut ….
a. Pegadaian c.
Purusahaan Asuransi
b. Perseroan Terbatas d.
Perusahaan Sewa Guna (Leasing)
II. Essay :
21. Jelaskan secara singkat tentang sejarah
terjadinya uang !
22. Jelaskan pengertian fungsi turunan, dan
sebutkan jenis-jenis fungsi turunan uang
23. Sebutkan 5 jenis mata uang yang berlaku di
negara-negara di Asia Tenggara
24. Sebutkan 3 bank di kotamu yang termasuk
Badan Usaha Milik Negara !
25. Ceritakan secara singkat cara membuka rekening
atau menabung di Bank !
Penugasan : Siswa dibagi 4 kelompok untuk melakukan kunjungan
ke instansi/ lembaga keuangan di sekitar sekolah :
-
Kelompok 1 : pergi ke Bank (BRI) yang terdekat untuk
menanyakan bagaimana caranya membuka rekening dan manfaat bank bagi masyarakat
- Kelompok
2 : pergi ke Perum Pegadaian, menanyakan bagaimana
caranya meminjam uang di Pegadaian dan peranan pegadaian bagi masyarakat.
-
Kelompok 3 : Pergi ke BPR terdekat, menanyakan Fungsi
utama BPR bagi masyarakat,
- Kelompok 4 : Pergi ke Koperasi terdekat, menanyakan
cara-cara menjadi anggota koperasi serta keuntungan menjadi anggota koperasi.
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan
Ganda
1
|
C
|
6
|
A
|
11
|
B
|
16
|
C
|
2
|
B
|
7
|
A
|
12
|
C
|
17
|
A
|
3
|
B
|
8
|
B
|
13
|
B
|
18
|
D
|
4
|
A
|
9
|
C
|
14
|
D
|
19
|
B
|
5
|
A
|
10
|
A
|
15
|
B
|
20
|
D
|
II.
Essay
21. Sejarah singkat terjadinya
uang : proses terjadinya uang berawal dari adanya sistem barter, yaitu
tukar-menukar barang untuk dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, banyaknya
kesulitan dan hambatan dalam barter mulailah manusia menggunakan barang
tertentu untuk dijadikan uang barang, mulailah manusia menggunakan uang
sederhana setelah dirasa bahwa penggunaan uang barang pun mengalami kesulitan
dan hambatan, sampai akhirnya manusia menggunakan uang seperti yang kita
gunakan bersama. ]
22. Fungsi asli uang adalah asal mula kegunaan uang, yaitu sebagai alat
tukar menukar dan satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan uang adalah kegunaan
lain selain sebagai fungsi turunan sebagai dampak perkembangan teknologi dan
kemajuan zaman.
23. Lima jenis uang yang
berlaku di kawasan Asia Tenggara antara lain : Rupiah, Ringgit, dolar
Singapura, dolar Brunei DS, Baht, dong, Yuan.
24. Bank yang termasuk Badan milik negara antara lain : BNI, BII,.BRI,
Bang Jateng.
25. Cara membuka rekening di Bank : Diawali dengan mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran,
memberikan tabungan, untuk mendapatkan buku rekening, Setelah tercatat sebagai
nasabah baru maka rekening yang telah diisi dan ditandatangani petugas, maka
buku rekening dapat dibawa pulang.
PEDOMAN PENILAIAN :
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
|
|||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
dst
|
PG :
B x 3,5 Jika betul semua skornya = 70
Uraian :
B x 6 ika
betul semua skornya = 30
Jumlah nilai =
100
Mengetahui, Bukateja,
15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru Mata
Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs.
Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP.
19650820199512 0 1 001