BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS SMP Kelas 9.Gasal.4


SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Bukateja
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Ekonomi
Kelas/Semester
:
IX / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran
:
2013/2014
Standar Kompetensi
:
4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan Interansional
Kompetensi Dasar
:
4.2 Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
Indikator
:
1.   Mendeskripsikan tentang  perdagangan internasional
2.   Mendeskripsikan tentang  perdagangan regional
3.   Mendeskripsikan tentang  neraca perdagangan
4.   Menguraikan komodit iek
spor- impor Indonesia
5.   Mendeskripsikan tentang  devisa
Alokasi Waktu
:
 4   pertemuan ( 8 X 40 menit)


A.    Tujuan Pembelajaran   :
 Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.       Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional
2.       Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya perdagangan internasional
3.       Menguraikan manfaat perdagangan internasioal bagi suatu bangsa
4.       Mengidentifikasi hambatan yang sering dijumpai dalam perdagangan internasional
5.       Mendeskripsikan pengertian perdagangan regional
6.       Menyebutkan bentuk-bentuk  organisasi perdagangan regional beserta contohnya
7.       Menunjukkan pusat-pusat perdagangan internasional
8.       Mendeskripsikan organisasi perdagangan internasional di bawah naungan PBB
9.       Mendeskripsikan pengertian neraca perdagangan
10.   Menguraikan komoditi impor Indonesia
11.   Menguraikan komoditi ekspor Indonesia
12.   Mendeskripsikan pengertian dan sumber devisa
13.   Menguraikan kegunaan devisa bagi suatu negara
14.   Menguraikan dampak positif perdagangan internasional bagi Indonesia
15.   Menguraikan dampak negatif perdagangan internasional bagi Indonesia
B.   Materi Pembelajaran
  1. Perdagangan internasional
  2. Perdagangan regional
  3. Neraca Perdagangan
  4. Komoditi ekspor impor Indonesia
  5. Devisa
C. Karakter yang dapat dikembangkan
1.      Memahami dan mampu bekerja sama dengan orang lain
2.      Menghargai pendapat orang lain ( melalui diskusi, tanya jawab, dan ceramah bervariasi.
3.      Berani mengungkapkan pendapat di muka umum
4.      Menyadari bahwa perdagangan internasional membutuhkan belajar giat dan kerja keras sehingga kita tidak terkena dampak negatifnya.
5.      Menyadari bahwa peningkatan ekspor membutuhkan kerja keras dari warga negaranya.
D   Metode Pembelajaran
1.      Diskusi kelompok
2.      Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab )
3.      Tanya jawab
E.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
I
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : cerita tentang banyaknya kendaraan bermotor karena adanya perdagangan internasional
2. Motivasi   : Menanyakan apakah perlunya adanya perdagangan internasional
1.  Memperhatikan cetita guru tentang perdagangan internasional
2.  Menjawab pertanyaan guru

Kegiatan inti
1.Membacakan indikator yang hendak dicapai  tentang perdagangan internasional
2.Membagi kelas menjadi 5 kelompok untuk membahas tentang :
a.  Kelompok 1   :  membahas masalah tentang : pengertian, sebab-sebab, dan manfaat perdagangan internasional
b.Kelompok 2   :  membahas masalah tentang hambatan  dalam perdagangan internasional, pengertian , organisasi perdagangan regional, beserta contohnya
c. Kelompok 3   :  Organisasi perdagangan internasional di bawah naungan PBB, pusat perdagangan internasional, serta pengertian neraca perdagangan
d.Kelompok 4   :  Komoditi ekspor- impor Indonesia, pengertian Devisa, kegunaan devisa bagi negara
e.Kelompok 5   : Dampak positif dan dampak negatif perdagangan internasional bagi Indonesia
3.Menentukan kelompok terbaik, baik kebenaran dalam menjawab permasalahan maupun dalam melaksanakan tugas diskusinya
4.Bertanya dan / atau menjawab pertanyaan siswa yang belum jelas memahami materi
1. Memperhatikan penjelasan guru
2. Membentuk kelompok diskusi
3. Melaksanakan kegiatan diskusi
4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas untuk melatih keberanian berbicara di muka umum
5. Melaporkan hasil diskusi
6. Menjawab dan / atau bertanya dan mengajukan pendapat
7. Mencatat ringkasan


Penutup
1.  Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.  Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
II
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi  :   Menanyakan bagaimana bangsa Indonesia apabila tidak ada perdagangan internasional
2. Motivasi    :   Menanyakan bagaimanakah tentang kegiatan ekspor Indonesia selama ini
Menjawab dan , memperhatiikan penjelasan  guru

Kegiatan inti
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan di rumah
2. Membahas materi tentang :
a. Pengertian, sebab-sebab, dan manfaat perdagangan internasional
b.Hambatan yang sering dialami dalam perdagangan internasional, pengertian, organisasi perdagangan regional, beserta contoh-contohnya
b Organisasi perdagangan internasional di bawah naungan PBB
c. Pusat-pusat perdagangan internasional
3.Tanya jawab tentang materi yang dibahas
4.Penilaian terhadap siswa yang aktif menjawab dan bertanya
5.Menyimpulkan materi yang dibahas

1. Membahas dan mengumpulkan tugas pekerjaan rumah
2. Memperhatikan penjelasan guru
3. Menjawab pertanyaan guru, mengajukan pettanyaan dan / mengajukan pendapat
4. Mencatat kesimpulan

Penutup
1. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai bahan umpan balik
2. Memotivasi siswa agar giat belajar untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang akan datang.
Menjawab pertanyaan guru dan memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
III
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menanyakan perbedaan antara perdagangan nasional dan perdagangan internasional
2. Mengajak siswa untuk membuka kembali catatan IPS pada pertemuan sebelumnya
Menjawab pertanyaan dan memperhatikan penjelasan guru

Kegiatan inti
1. Membacakan indikator 9 -15 tentang neraca perdagangan sampai dampaknya terhadap bangsa Indonesia
2. Membahas tentang pengertian neraca perdagangan, neraca aktif, maupun pasif
3. Tanya jawab tentang kegiatan ekspor – impor, pengertian, dan kegunaan devisa bagi negara
4. Membahas tentang dampak positif dan negatif bagi bangsa Indonesia.
5. Menilai aktivitas siswa dalam tanya jawab
1. Memperhatikan penjelasan guru
2. Menjawab pertanyaan guru, bertanya, dan mengajukan pendapat
3. Mencatat kesimpulkan

Penutup
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang akan datang
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………
…………………………………………………. ……………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
IV
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Memberikan harapan pada siswa semoga dapat mengerjakan ulangan harian dengan baik dan jujur
Menjawab pertanyaan dan memperhatikan penjelasan guru

Kegiatan inti
1. Memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan harian
4. Mencocokkan hasil ulangan harian
1. Bertanya bagi siswa yang belum jelas tentang materi yang dibahas
2. Mengerjakan ulangan harian
3. Koreksi bersama
4. Melaporkan hasil koreksi

Penutup
.  Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat belajar bagi yang belum bisa mencapai KKM
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………..







F.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Diktat / ringkasan
2.       Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3.       Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4.       Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5.       Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6.       Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G.  Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
  1. Bentuk Instrumen
                         a.Tes pilihan ganda
                         b.Tes uraian.

I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.      Salah satu faktor yang melatar belakangi munculnya perdagangan internasional adalah …
a. suatu negara mampu memenuhi kebutuhan sendiri
b. suatu negara dapat memproduksi barang-barang sendiri
c. perang dan bencana alam yang sering melanda negara berkembang
d. setiap negara tidak mampu mencukupi kebutuhan sendiri
2.      Salah  satu manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara adalah…
a. mencukupi kebutuhan dalam negeri
b. meningkatkan kualitas barang-barang komoditi ekspor
c. meningkatkan kualitas sumber daya manusia
d. jawaban a, b, dan c benar

3.      Perdagangan antar negara yang berlangsung di suatu kawasan disebut perdagangan ….
a. internasional                                                      c. multilateral
b. regional                                                            d. bebas
4.      Organisasi perdagangan internasional yang beranggotakan negara-negara pengekspor minyak bumi  disebut …
a. OK I                                                                c. APEC
b. OPEC                                                              d. ILO
5.      Pusat pasar tembakau  dunia terdapat di kota ….
a. London (Inggris)                                               c. Virgina Amerika
b. Jakarta (Indonesia)                                            d. Bremen ( Jerman )
6.      Badan PBB yang bertugas mengatur kelancaran perdagangan dunia dan menghindari kerugian-kerugian pada perdagangan internasional adalah …
a. GATT                                                               c. Word Bank
b. IDA                                                                 d. IMF
7.      Mesin-mesin dan kendaraan bermotor Indonesia banyak mengimpor dari negara …
a. Amerika Serikat                                                c. Inggris
b. Jepang                                                              d. Australia
8.      Pernyataan berikut  merupakan sumber devisa Indonesia kecuali …
a. kegiatan ekspor                                                  c. pengiriman TKI ke luar negeri
b. kegiatan impor                                                  d. bantuan pinjaman luar negeri
9.      Kegiatan yang tidak dapat dibiayai dengan devisa adalah ….
a.  perjalanan dinas ke luar negeri
b.  pengiriman kontingen olah raga ke luar negeri
c.  pengiriman barang ke luar negeri
d. pembayaran barang-barang impor dan utang luar negeri.
10.  Pernyataan berikut merupakan dampak positif dengan adanya perdagangan internasional, kecuali :
      a. meningkatkan kualitas sumber daya manusia         c. kebutuhan suatu negara dapat  terpenuhi
b. berkembangnya budaya komsumerisme                d. meningkatkan perolehan devisa negara
II.   Essay :
11.  Jelaskan pengertian perdagangan internasional!
12.  Sebutkan 3 faktor yang dapat menghambat perdagangan internasional
13.  Sebutkan 3 komoditi ekspor Indonesia ke luar negeri !
14.  Sebutkan 3 macam dampak negatif bagi bangsa Indonesia dengan adanya perdagangan internasioanl  !
15.  Jelaskan pengertian dari neraca perdagangan !


KUNCI  JAWABAN :
I.  Pilihan Ganda
1
D
3
B
5
D
7
B
9
C
2
A
4
B
6
A
8
D
10
A

II.  Essay
11.      Perdagangan internasional adalah perdagangan antar negera yang tidak dibatasi oleh kawasan. Contohnya pusat perdagangan tembakau di Bremen
12.      Faktor-faktor yang menghambat perdagangan internasional antara lain :  perang, bencana alam, produksi barang yang sama antar negara yang menjalin perdangan, perbedaan nilai tukar uang, pungutan pajak berganda, sdm yang masih rendah.
13.      Neraca perdagangan adalah perbandingan nilai ekspor dengan nilai impor.
14       Komoditi ekspor Indonesia ke luar negeri antara lain : gas alam dan minyak bumi, barang tambang lain ( timah, emas, tembaga, batu bara), hasil hutan ( rotan, jati, kayu lapis), hasil perkebunan ( karet, kopi, teh, lada, dan lain-lain).
15.      Dampak negatif perdagangan internasional bagi Indonesia antara lain : bangsa Indonesia menjadi bangsa konsumeris, produk-produk Indonesia mendapat persaingan dari negara lain, masuknya pengaruh negatif ( narkoba, free sex, teroris), dan lain-lain.
PEDOMAN  PENILAIAN :

No
Nama Siswa
PG
Skor Uraian
Uraian
Jml
Nilai
1









2









3









4









dst











PG          : B x 5           Jika betul semua  skornya =   50
Uraian      : B x 10          Jika betul semua  skornya =   50
Jumlah nilai                                                             =  100


Mengetahui,                                                                  Bukateja, 15 Juli  2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. Fachrudin                                                              Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003                                      NIP. 19650820199512 0 1 001
Comments
0 Comments

No comments :