A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
:
1. Mendeskripsikan pengertian perdagangan
internasional
2. Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
perdagangan internasional
3. Menguraikan manfaat perdagangan
internasioal bagi suatu bangsa
4. Mengidentifikasi hambatan yang sering
dijumpai dalam perdagangan internasional
5. Mendeskripsikan pengertian perdagangan
regional
6. Menyebutkan bentuk-bentuk organisasi perdagangan regional beserta
contohnya
7. Menunjukkan pusat-pusat perdagangan
internasional
8. Mendeskripsikan organisasi perdagangan
internasional di bawah naungan PBB
9. Mendeskripsikan pengertian neraca
perdagangan
10. Menguraikan komoditi impor Indonesia
11. Menguraikan komoditi ekspor Indonesia
12. Mendeskripsikan pengertian dan sumber
devisa
13. Menguraikan kegunaan devisa bagi suatu
negara
14. Menguraikan dampak positif perdagangan internasional
bagi Indonesia
15. Menguraikan dampak negatif perdagangan
internasional bagi Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
- Perdagangan internasional
- Perdagangan regional
- Neraca Perdagangan
- Komoditi ekspor impor Indonesia
- Devisa
C. Karakter yang dapat dikembangkan
1.
Memahami dan mampu bekerja sama dengan orang lain
2.
Menghargai pendapat orang lain ( melalui diskusi,
tanya jawab, dan ceramah bervariasi.
3.
Berani mengungkapkan pendapat di muka umum
4.
Menyadari bahwa perdagangan internasional
membutuhkan belajar giat dan kerja keras sehingga kita tidak terkena dampak
negatifnya.
5.
Menyadari bahwa peningkatan ekspor membutuhkan kerja
keras dari warga negaranya.
D Metode
Pembelajaran
1. Diskusi kelompok
2. Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab
)
3. Tanya jawab
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
I
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : cerita tentang banyaknya
kendaraan bermotor karena adanya perdagangan internasional
2. Motivasi : Menanyakan apakah perlunya adanya
perdagangan internasional
|
1.
Memperhatikan cetita guru tentang perdagangan internasional
2.
Menjawab pertanyaan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1.Membacakan indikator yang hendak
dicapai tentang perdagangan
internasional
2.Membagi kelas menjadi 5 kelompok untuk
membahas tentang :
a. Kelompok 1 : membahas masalah
tentang : pengertian, sebab-sebab, dan manfaat perdagangan internasional
b.Kelompok 2 : membahas masalah tentang hambatan dalam perdagangan internasional, pengertian
, organisasi perdagangan regional, beserta contohnya
c. Kelompok 3 : Organisasi perdagangan
internasional di bawah naungan PBB, pusat perdagangan internasional, serta
pengertian neraca perdagangan
d.Kelompok 4 : Komoditi ekspor- impor Indonesia,
pengertian Devisa, kegunaan devisa bagi negara
e.Kelompok 5 : Dampak
positif dan dampak negatif perdagangan internasional bagi Indonesia
3.Menentukan
kelompok terbaik, baik kebenaran dalam menjawab permasalahan maupun dalam
melaksanakan tugas diskusinya
4.Bertanya
dan / atau menjawab pertanyaan siswa yang belum jelas memahami materi
|
1. Memperhatikan penjelasan guru
2. Membentuk kelompok diskusi
3. Melaksanakan kegiatan diskusi
4. Masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas untuk melatih keberanian berbicara di muka
umum
5. Melaporkan hasil diskusi
6. Menjawab dan / atau bertanya dan
mengajukan pendapat
7. Mencatat ringkasan
|
|||
Penutup
|
1.
Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.
Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang
akan datang
|
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan
yang akan datang
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi :
Menanyakan bagaimana bangsa Indonesia apabila tidak ada perdagangan
internasional
2. Motivasi :
Menanyakan bagaimanakah tentang kegiatan ekspor Indonesia selama ini
|
Menjawab dan , memperhatiikan penjelasan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan
di rumah
2. Membahas materi tentang :
a. Pengertian, sebab-sebab, dan manfaat
perdagangan internasional
b.Hambatan yang sering dialami dalam
perdagangan internasional, pengertian, organisasi perdagangan regional, beserta
contoh-contohnya
b Organisasi perdagangan internasional
di bawah naungan PBB
c. Pusat-pusat perdagangan internasional
3.Tanya jawab tentang materi yang
dibahas
4.Penilaian terhadap siswa yang aktif
menjawab dan bertanya
5.Menyimpulkan materi yang dibahas
|
1. Membahas dan mengumpulkan tugas
pekerjaan rumah
2. Memperhatikan penjelasan guru
3. Menjawab pertanyaan guru, mengajukan
pettanyaan dan / mengajukan pendapat
4. Mencatat kesimpulan
|
|||
Penutup
|
1. Mengajukan beberapa pertanyaan
sebagai bahan umpan balik
2. Memotivasi siswa agar giat belajar
untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang akan datang.
|
Menjawab pertanyaan guru dan
memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
Pertemuan
|
Jenis
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menanyakan perbedaan
antara perdagangan nasional dan perdagangan internasional
2. Mengajak siswa untuk membuka kembali
catatan IPS pada pertemuan sebelumnya
|
Menjawab pertanyaan dan memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1. Membacakan indikator 9 -15 tentang
neraca perdagangan sampai dampaknya terhadap bangsa Indonesia
2. Membahas tentang pengertian neraca
perdagangan, neraca aktif, maupun pasif
3. Tanya jawab tentang kegiatan ekspor –
impor, pengertian, dan kegunaan devisa bagi negara
4. Membahas tentang dampak positif dan
negatif bagi bangsa Indonesia.
5. Menilai aktivitas siswa dalam tanya
jawab
|
1. Memperhatikan penjelasan guru
2. Menjawab pertanyaan guru, bertanya,
dan mengajukan pendapat
3. Mencatat kesimpulkan
|
|||
Penutup
|
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi
siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai
KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang
akan datang
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………….
……………………………………………………………
|
||||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan tentang
kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Memberikan harapan pada siswa semoga
dapat mengerjakan ulangan harian dengan baik dan jujur
|
Menjawab pertanyaan dan memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1. Memberikan kesempatan bertanya pada
siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan
sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas
atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan harian
4. Mencocokkan hasil ulangan harian
|
1. Bertanya bagi siswa yang belum jelas
tentang materi yang dibahas
2. Mengerjakan ulangan harian
3. Koreksi bersama
4. Melaporkan hasil koreksi
|
|||
Penutup
|
. Menyampaikan ucapan terima
kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat belajar bagi
yang belum bisa mencapai KKM
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………..
|
||||
F. Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Diktat / ringkasan
2. Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk
kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3. Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan
dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4. Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial
Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5. Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs.
Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6. Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan
Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G. Penilaian
- Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
- Bentuk Instrumen
a.Tes
pilihan ganda
b.Tes
uraian.
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan
yang benar !
1. Salah satu faktor yang melatar belakangi munculnya
perdagangan internasional adalah …
a. suatu negara mampu memenuhi kebutuhan
sendiri
b. suatu negara dapat memproduksi
barang-barang sendiri
c. perang dan bencana alam yang sering
melanda negara berkembang
d. setiap negara tidak mampu mencukupi kebutuhan
sendiri
2. Salah
satu manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara adalah…
a. mencukupi kebutuhan dalam negeri
b. meningkatkan kualitas barang-barang
komoditi ekspor
c. meningkatkan kualitas sumber daya
manusia
d. jawaban a, b, dan c benar
3. Perdagangan antar negara yang berlangsung
di suatu kawasan disebut perdagangan ….
a. internasional c. multilateral
b. regional d. bebas
4. Organisasi perdagangan internasional yang
beranggotakan negara-negara pengekspor minyak bumi disebut …
a. OK I
c.
APEC
b. OPEC d.
ILO
5. Pusat pasar tembakau dunia terdapat di kota ….
a. London (Inggris) c. Virgina Amerika
b. Jakarta (Indonesia) d.
Bremen ( Jerman )
6. Badan PBB yang bertugas mengatur kelancaran
perdagangan dunia dan menghindari kerugian-kerugian pada perdagangan
internasional adalah …
a. GATT c.
Word Bank
b. IDA d.
IMF
7. Mesin-mesin dan kendaraan bermotor
Indonesia banyak mengimpor dari negara …
a. Amerika Serikat c. Inggris
b. Jepang d.
Australia
8. Pernyataan berikut merupakan sumber devisa Indonesia kecuali …
a. kegiatan ekspor c. pengiriman TKI
ke luar negeri
b. kegiatan impor d. bantuan pinjaman
luar negeri
9. Kegiatan yang tidak dapat dibiayai dengan
devisa adalah ….
a. perjalanan dinas ke luar negeri
b. pengiriman kontingen olah raga ke luar negeri
c. pengiriman barang ke luar negeri
d. pembayaran barang-barang impor dan utang
luar negeri.
10. Pernyataan berikut merupakan dampak positif
dengan adanya perdagangan internasional, kecuali :
a.
meningkatkan kualitas sumber daya manusia c.
kebutuhan suatu negara dapat terpenuhi
b. berkembangnya budaya komsumerisme d. meningkatkan perolehan devisa
negara
II. Essay
:
11. Jelaskan pengertian perdagangan
internasional!
12. Sebutkan 3 faktor yang dapat menghambat
perdagangan internasional
13. Sebutkan 3 komoditi ekspor Indonesia ke
luar negeri !
14. Sebutkan 3 macam dampak negatif bagi bangsa
Indonesia dengan adanya perdagangan internasioanl !
15. Jelaskan pengertian dari neraca perdagangan
!
KUNCI JAWABAN :
I. Pilihan
Ganda
1
|
D
|
3
|
B
|
5
|
D
|
7
|
B
|
9
|
C
|
2
|
A
|
4
|
B
|
6
|
A
|
8
|
D
|
10
|
A
|
II.
Essay
11. Perdagangan
internasional adalah perdagangan antar negera yang tidak dibatasi oleh kawasan.
Contohnya pusat perdagangan tembakau di Bremen
12. Faktor-faktor yang menghambat perdagangan
internasional antara lain : perang,
bencana alam, produksi barang yang sama antar negara yang menjalin perdangan,
perbedaan nilai tukar uang, pungutan pajak berganda, sdm yang masih rendah.
13. Neraca perdagangan adalah perbandingan
nilai ekspor dengan nilai impor.
14 Komoditi ekspor Indonesia ke luar negeri
antara lain : gas alam dan minyak bumi, barang tambang lain ( timah, emas,
tembaga, batu bara), hasil hutan ( rotan, jati, kayu lapis), hasil perkebunan (
karet, kopi, teh, lada, dan lain-lain).
15. Dampak negatif perdagangan internasional
bagi Indonesia antara lain : bangsa Indonesia menjadi bangsa konsumeris,
produk-produk Indonesia mendapat persaingan dari negara lain, masuknya pengaruh
negatif ( narkoba, free sex, teroris), dan lain-lain.
PEDOMAN PENILAIAN :
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
|
|||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
dst
|
PG :
B x 5 Jika betul semua skornya =
50
Uraian :
B x 10 Jika betul semua skornya =
50
Jumlah nilai = 100
Mengetahui, Bukateja,
15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru Mata
Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs.
Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP.
19650820199512 0 1 001