BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS SMP Kelas 9.Gasal.5



SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Bukateja
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Ekonomi
Kelas/Semester
:
IX / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran
:
2013/2014
Standar Kompetensi
:
7.     Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar
:
7.2   Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
Indikator
:
1.       Menguraikan bentuk-bentuk kerja sama regional
2.       Mengidentifikasi organisasi perekonomian dunia dibawah naungan PBB
3.       Mendeskripsikan tentang pengertian, tujuan tentang APEC, OPEC, AFTA, NAFTA

4.       Mendeskripsikan peranan CGI bagi Indonesia
5.       Mendeskripsikan pengertian dan peranan G-8 bagi Indonesia
Alokasi Waktu
:
 4 pertemuan ( 8 X 40 menit)
A.    Tujuan Pembelajaran   :
 Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.       Menguraikan bentuk-bentuk kerja sama regional
2.       Mendeskripsikan bentuk kerja sama AFTA
3.       Mengidentifikasi negara-negara yang tergabung dalam APEC
4.       Menjelaskan perbedaan antara AFTA dengan NAFTA
5.       Mengidentifikasi organisasi perekonomian dunia dibawah naungan PBB
6.       Mendeskripsikan peranan CGI bagi Indonesia
7.       Menyebutkan 5 negara donor bagi Indonesia yang tergabung dalam CGI
8.       Mendeskripsikan pengertian G-8
9.       Mengidentifikasi negara-negara yang tergabung dalam G-8
10.    Mendeskripsikan pengertian dan tujuan dibentuknya OPEC
B.    Karakter yang dapat dikembangkan
1.    Giat belajar  untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju
2.    Bekerja keras untuk membangun negara agar tidak tertinggal dari negara maju.
3.    Menghargai pendapat orang lain
4.    Mengungkapkan pendapatnya di muka umum
C.    Materi Pembelajaran
1.       Bentuk-bentuk kerja sama regional
2.       Pengertian tentang APEC, OPEC, AFTA, NAFTA
3.       Organisasi perekonomian dunia dibawah naungan PBB
4.       Peranan CGI bagi Indonesia
5.       Pengertian  dan peranan G-8 bagi Indonesia
D.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab )
2.      Diskusi kelompok
3.      Penugasan / unjuk kerja
E.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
I
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menanyakan bentuk kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk mengarahkan pada pengertian kerja sama regional
2. Motivasi   : Untuk membangkitkan minat belajar maka siswa diajak mempelajari tentang kerja sama antar negara secara luas
1.  Menjaawab pertanyaan dan penjelasan guru

Kegiatan inti
1. Membacakan indikator 1-10 tentang kerja sama regional dan kerja sama internasional
2. Pembelajaran dengan diskusi kelompok. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok membahas masalah sebagai berikut :
-   Kelompok 1        :  membahas masalah tentang : pengertian, bentuk-bentuk, dan contoh kerja sama regional
-   Kelompok 2        :  membahas masalah tentang :Organisasi Perekonomian Dunia dibawah naungan PBB
-   Kelompok 3        :  Membahas tentang pengertian, peranan, dan keanggotaan CGI
-   Kelompok 4        :Membahas pengertian, dan negara-negara yang tergabung dalam G-8
-   Kelompok 5        : Membahas tentang pengertian, tujuan, peranan OPEC
3.Mengatur jalannya diskusi
4.Memberikan penilaian terhadap aktivitas siswa dalam diskusi
5.Menyimpulkan hasil diskusi
1.   Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2.   Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3.   Masing-masing kelompok membahas masalah yang telah ditetapkan oleh guru
4.   Menyusun laporan hasil kerja kelompok
5.  Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
6.  Melaksanakan kegiatan diskusi kelas ( bertanya, menjawab, dan memberikan sanggahan apabila memiliki pendapat yang berbeda dengan lainnya.
7.  Mencatat kesimpulan  yang telah ditulis guru di papan tulis.

Penutup
1.  Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.  Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
II
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi  :   Menanyakan bagaimana bangsa Indonesia apabila tidak ada perdagangan internasional
2. Motivasi    :   Menanyakan bagaimanakah tentang kegiatan ekspor Indonesia selama ini
Menjawab pertanyaan guru

Kegiatan inti
1. Menanyakan kejelasan materi yang didiskusikan pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memberikan penjelasan tentang :
-    Pengertian, bentuk-bentuk, dan contoh kerja sama ekonomi regional
-    Organisasi perekonomian dunia dibawah naungan PBB
-    Pengertian,  peranan, dan keanggotaan CGI
-    Pengertian dan negara-negara yang tergabung dalam G-8
-    Pengertian, tujuan dan peraan OPEC
3.Tanya jawab tentang materi yang dibahas
4.Menilai aktivitas siswa dalam tanya jawab
5.Meringkas materi yang dibahas
1. Menjawab pertanyaan guru
2. Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian, bentuk, contoh kerja sama internasional, organisasi dunia dan regional, beserta tujuannya
3. Mengajukan pertanyaan atau pendapat bagi siswa yang belum jelas
4. Mencatat ringkasan

Penutup
1. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai bahan umpan balik
2. Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
3.Memotivasi belajar untuk mempersiapkan ulangan harian pada pertemuan yang akan datang
1.Menjawab pertanyaan guru dan memperhatikan penjelasan guru
2.Mencatat pekerjaan rumah

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
III
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1.  Apersepsi  :   Menceritakan seorang anak kecil  yang berani tampil di panggung, temannya sendiri Motivasi 
2.  Motivasi  : Mengajak masing-masing kelompok mempresentasikan tugas kerja kelompoknya  
Memperhatikan cerita guru

Kegiatan inti
1. Tanya jawab tentang kerja sama regional dan internasional
2. Mengamati dan menilai  setiap siswa aktif menjawab maupun bertanya, serta tampil ke depan untuk mempresentasikan hasil karyanya
3. Melaksanakan ulangan harian
4. Mengoreksi bersama hasil ulangan harian
5. Menilai hasil ulangan harian
6. Memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum jelas tentang soal ulangan harian
1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya yang telah dikerjakan bersama-sama di rumah tentang kerja sama regional dan kerja sama internasional
2. Mengerjakan ulangan harian
3. Mengoreksi pekerjaan milik teman pada saat pembahasan soal
4. Melaporkan hasil koreksi

Penutup
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan remidi pada pertemuan yang akan datang
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………
…………………………………………………. ……………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
IV
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Mempersiapkan ulangan remidi bagi yang belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
Memperhatikan penjelasan guru

Kegiatan inti
1. Memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi siswa yang telah mencapai KKM
1. Menjawab pertanyaang guru dan mengajukan pendapat
2. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM
3. Bagi siswa yang telah mencapai dan  melampaui KKM mengerjakan soal-soal pengayaan

Penutup
.  Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat belajar bagi yang belum bisa mencapai KKM
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………..






F.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Diktat / ringkasan
2.      Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3.      Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4.      Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5.      Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6.      Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang
G.    Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
  1. Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
3.     Soal :
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.       Badan-badan yang termasuk organisasi ekonomi regional di bawah ini adalah …,
a. AFTA, NAFTA, MEE                                                         c. IBRD, IMF, GATT
b. IDA, IDB, ILO                                                                     d. CGI, IGGI, FAO
2.       Badan PBB yang bertugas mengatasi masalah keuangan internasional adalah …
a. IDA                                                                                        c. IMF
b. IDB                                                                                        d. ILO

3.       Perdagangan bebas antar negara di kawasan Asia Pasifik disebut ….
a. AFTA                                                                                     c. NAFTA
b. APEC                                                                                     d.MEE
4.       Organisasi internasional yang memberikan pinjaman kepada Indonesia untuk membiaya pembangunan dengan bunga ringan, yaitu 2.5 % pertahun adalah …
a. IMF                                                                                        c. OPEC
b. CGI                                                                                        d. World Bank
5.       Negara-negara yang tergabung dalam organisasi CGI adalah sebagai beriktu, kecuali : …
a. Amerika Serikat dan Kanada                                           c. Belanda dan Belgia
b. Jepang dan Inggris                                                              d. Perancis dan Italia. 

6.       G-8 adalah organisasi dunia yang beranggotakan …
a. negara-negara industri utama dunia                               c. negara-negara maju di Eropa
b. negara-negara berkembang di dunia                              d. negara-negara di kawasan benua Asia
7.       Negara-negara yang tergabung dalam G-8 adalah ….
a. Amerika Serikat, Jepang, Inggris                                      c. Jepang, Korea Selatan, Cina
b. Amerika Serikat, Meksiko, Brazilia                                 d. India, Sri Lanka, Malaysia
8.       Tujuan dibentuknya OPEC adalah …
a. menjaga stabilitas harga minyak bumi dunia               c. menurunkan harga minyak bumi dunia
b. mempersatukan negara-negara di Timur Tengah        d. melawan negara-negara kapitalis
9.       Faktor yang membedakan antara AFTA dan NAFTA adalah …
a. kemajuan suatu negara                                                     c. barang-barang dagangan
b. letak kawasan                                                                     d. tujuan politik
10.   Negara-negara yang tidak tergabung dalam APEC adalah …
a. Amerika Serikat, Kanada, Mexiko                                  c.Korea Selatan, Cina, Jepang, Indonesia
b. Australia, Selandia Baru, Papua Nugini                         d. India, Pakistan, Bangladesh.



KUNCI   JAWABAN
I.  Pilihan Ganda
1
A
3
B
5
D
7
A
9
B
2
C
4
B
6
A
8
A
10
D


II.  Essay


PEDOMAN  PENILAIAN :

No
Nama Siswa
PG
Skor Uraian
Uraian
Jml
Nilai
1









2









3









4









dst










PG          : B x 10          Jika betul semua  skornya =   100
Uraian      : -
Jumlah nilai                                                             =  100


Mengetahui,                                                                           Bukateja, 15 Juli  2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja                                              Guru Mata Pelajaran




Drs. Fachrudin                                                                       Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP. 19650820199512 0 1
Comments
0 Comments

No comments :