A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
:
1. Menguraikan bentuk-bentuk kerja sama
regional
2. Mendeskripsikan bentuk kerja sama AFTA
3. Mengidentifikasi negara-negara yang
tergabung dalam APEC
4. Menjelaskan perbedaan antara AFTA dengan
NAFTA
5. Mengidentifikasi organisasi perekonomian
dunia dibawah naungan PBB
6. Mendeskripsikan peranan CGI bagi Indonesia
7. Menyebutkan 5 negara donor bagi Indonesia
yang tergabung dalam CGI
8. Mendeskripsikan pengertian G-8
9. Mengidentifikasi negara-negara yang
tergabung dalam G-8
10. Mendeskripsikan pengertian dan tujuan
dibentuknya OPEC
B. Karakter
yang dapat dikembangkan
1. Giat belajar untuk mengejar ketertinggalan dari
negara-negara maju
2. Bekerja keras untuk membangun
negara agar tidak tertinggal dari negara maju.
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Mengungkapkan pendapatnya di muka umum
C. Materi
Pembelajaran
1. Bentuk-bentuk kerja sama regional
2. Pengertian tentang APEC, OPEC,
AFTA, NAFTA
3. Organisasi perekonomian dunia dibawah
naungan PBB
4. Peranan CGI bagi Indonesia
5. Pengertian dan peranan
G-8 bagi Indonesia
D. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi ( diselingi tanya jawab
)
2. Diskusi kelompok
3. Penugasan / unjuk kerja
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
I
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menanyakan bentuk kerja sama
negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk mengarahkan pada pengertian
kerja sama regional
2. Motivasi : Untuk membangkitkan minat belajar maka
siswa diajak mempelajari tentang kerja sama antar negara secara luas
|
1.
Menjaawab pertanyaan dan penjelasan guru
|
||
|
Kegiatan inti
|
1. Membacakan indikator 1-10 tentang kerja sama
regional dan kerja sama internasional
2. Pembelajaran dengan diskusi kelompok.
Kelas dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok membahas masalah
sebagai berikut :
-
Kelompok
1 : membahas masalah tentang : pengertian,
bentuk-bentuk, dan contoh kerja sama regional
-
Kelompok
2 : membahas masalah tentang :Organisasi
Perekonomian Dunia dibawah naungan PBB
-
Kelompok
3 : Membahas tentang pengertian, peranan, dan
keanggotaan CGI
-
Kelompok
4 :Membahas pengertian, dan
negara-negara yang tergabung dalam G-8
-
Kelompok
5 : Membahas tentang pengertian,
tujuan, peranan OPEC
3.Mengatur jalannya diskusi
4.Memberikan penilaian terhadap
aktivitas siswa dalam diskusi
5.Menyimpulkan hasil diskusi
|
1.
Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2.
Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3.
Masing-masing kelompok membahas masalah yang telah ditetapkan oleh
guru
4.
Menyusun laporan hasil kerja kelompok
5.
Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
6.
Melaksanakan kegiatan diskusi kelas ( bertanya, menjawab, dan
memberikan sanggahan apabila memiliki pendapat yang berbeda dengan lainnya.
7.
Mencatat kesimpulan yang telah
ditulis guru di papan tulis.
|
||
|
Penutup
|
1.
Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.
Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang
akan datang
|
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan
yang akan datang
|
||
|
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
|||
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi :
Menanyakan bagaimana bangsa Indonesia apabila tidak ada perdagangan
internasional
2. Motivasi :
Menanyakan bagaimanakah tentang kegiatan ekspor Indonesia selama ini
|
Menjawab pertanyaan guru
|
||
|
Kegiatan inti
|
1. Menanyakan kejelasan materi yang
didiskusikan pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memberikan penjelasan tentang :
-
Pengertian,
bentuk-bentuk, dan contoh kerja sama ekonomi regional
-
Organisasi
perekonomian dunia dibawah naungan PBB
- Pengertian, peranan, dan keanggotaan CGI
- Pengertian dan negara-negara yang
tergabung dalam G-8
- Pengertian, tujuan dan peraan OPEC
3.Tanya jawab tentang materi yang
dibahas
4.Menilai aktivitas siswa dalam tanya
jawab
5.Meringkas materi yang dibahas
|
1. Menjawab pertanyaan guru
2. Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian,
bentuk, contoh kerja sama internasional, organisasi dunia dan regional,
beserta tujuannya
3. Mengajukan pertanyaan atau pendapat bagi
siswa yang belum jelas
4. Mencatat ringkasan
|
||
|
Penutup
|
1. Mengajukan beberapa pertanyaan
sebagai bahan umpan balik
2. Memberikan tugas pekerjaan rumah
untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
3.Memotivasi belajar untuk mempersiapkan
ulangan harian pada pertemuan yang akan datang
|
1.Menjawab pertanyaan guru dan
memperhatikan penjelasan guru
2.Mencatat pekerjaan rumah
|
||
|
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
|||
Pertemuan
|
Jenis
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi :
Menceritakan seorang anak kecil
yang berani tampil di panggung, temannya sendiri Motivasi
2. Motivasi
: Mengajak masing-masing kelompok mempresentasikan tugas kerja
kelompoknya
|
Memperhatikan cerita guru
|
||
|
Kegiatan inti
|
1. Tanya jawab tentang kerja sama regional
dan internasional
2. Mengamati dan menilai setiap siswa aktif menjawab maupun
bertanya, serta tampil ke depan untuk mempresentasikan hasil karyanya
3. Melaksanakan ulangan harian
4. Mengoreksi bersama hasil ulangan harian
5. Menilai hasil ulangan harian
6. Memberikan kesempatan bertanya bagi
siswa yang belum jelas tentang soal ulangan harian
|
1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil
karyanya yang telah dikerjakan bersama-sama di rumah tentang kerja sama
regional dan kerja sama internasional
2. Mengerjakan ulangan harian
3. Mengoreksi pekerjaan milik teman pada
saat pembahasan soal
4. Melaporkan hasil koreksi
|
||
|
Penutup
|
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi
siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai
KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan remidi pada pertemuan yang
akan datang
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
||
|
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………….
……………………………………………………………
|
|||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan tentang
kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Mempersiapkan ulangan remidi bagi
yang belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
||
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan kesempatan bertanya pada
siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan
sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas
atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi
siswa yang telah mencapai KKM
|
1. Menjawab pertanyaang guru dan
mengajukan pendapat
2. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa
yang belum mencapai KKM
3. Bagi siswa yang telah mencapai
dan melampaui KKM mengerjakan
soal-soal pengayaan
|
||
|
Penutup
|
. Menyampaikan ucapan
terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan motivasi agar giat
belajar bagi yang belum bisa mencapai KKM
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
||
|
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………..
|
|||
F. Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Diktat / ringkasan
2. Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk
kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3. Achmd Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan
dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4. Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial
Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
5. Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs.
Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6. Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan
Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang
G. Penilaian
- Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c. Penugasan
- Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
3. Soal :
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan
yang benar !
1. Badan-badan yang termasuk organisasi
ekonomi regional di bawah ini adalah …,
a. AFTA, NAFTA, MEE c. IBRD,
IMF, GATT
b. IDA, IDB, ILO d.
CGI, IGGI, FAO
2. Badan PBB yang bertugas mengatasi masalah
keuangan internasional adalah …
a. IDA c.
IMF
b. IDB d.
ILO
3. Perdagangan bebas antar negara di kawasan
Asia Pasifik disebut ….
a. AFTA c.
NAFTA
b. APEC d.MEE
4. Organisasi internasional yang memberikan
pinjaman kepada Indonesia untuk membiaya pembangunan dengan bunga ringan, yaitu
2.5 % pertahun adalah …
a. IMF c.
OPEC
b. CGI d.
World Bank
5. Negara-negara yang tergabung dalam
organisasi CGI adalah sebagai beriktu, kecuali : …
a. Amerika Serikat dan Kanada c.
Belanda dan Belgia
b. Jepang dan Inggris d.
Perancis dan Italia.
6. G-8 adalah organisasi dunia yang
beranggotakan …
a. negara-negara industri utama dunia c. negara-negara
maju di Eropa
b. negara-negara berkembang di dunia d. negara-negara di
kawasan benua Asia
7. Negara-negara yang tergabung dalam G-8
adalah ….
a. Amerika Serikat, Jepang, Inggris c. Jepang,
Korea Selatan, Cina
b. Amerika Serikat, Meksiko, Brazilia d. India, Sri
Lanka, Malaysia
8. Tujuan dibentuknya OPEC adalah …
a. menjaga stabilitas harga minyak bumi
dunia c. menurunkan harga
minyak bumi dunia
b. mempersatukan negara-negara di Timur
Tengah d. melawan negara-negara
kapitalis
9. Faktor yang membedakan antara AFTA dan
NAFTA adalah …
a. kemajuan suatu negara c.
barang-barang dagangan
b. letak kawasan d.
tujuan politik
10. Negara-negara yang tidak tergabung dalam
APEC adalah …
a. Amerika Serikat, Kanada, Mexiko c.Korea
Selatan, Cina, Jepang, Indonesia
b. Australia, Selandia Baru, Papua Nugini d. India, Pakistan,
Bangladesh.
KUNCI
JAWABAN
I. Pilihan
Ganda
1
|
A
|
3
|
B
|
5
|
D
|
7
|
A
|
9
|
B
|
2
|
C
|
4
|
B
|
6
|
A
|
8
|
A
|
10
|
D
|
II.
Essay
PEDOMAN PENILAIAN :
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PG :
B x 10 Jika betul semua skornya =
100
Uraian :
-
Jumlah nilai = 100
Mengetahui, Bukateja,
15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru
Mata Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs.
Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP. 19650820199512 0 1