BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

BELAJAR YANG MENYENANGKAN - Berita SMP NEGERI 2 BUKATEJA

     Kurangnya kreatif guru dalam mengajar menyebabkan murid jenuh dan bosan. itulah salah satu faktor mengapa siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa menunjukkan bahwa proses pembelajaran dinyatakan belum berhasil. Sesuai dengan semboyan pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Mandiri) bahwa pembelajaran yang membuat siswa bersemangat dalam belajar adalah pembelajaran yang menyenangkan,
sehingga dapat menghanyutkan siswa dalam proses pembelajaran yang telah dipersiapkan oleh guru. Oleh karena itu guru dituntut bagaimana siswa senang belajar. dengan menyenangi belajar maka akan dapat meningkatkan hasil belajar.
   Sebenarnya banyak hal yang dapat membuat siswa kreatif, meskipun siswa memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran,  namun keberhasilan tersebut tidak bisa lepas dari peran serta guru dalam mengatur kegiatan pembelajaran. Video berikut adalah salah satu pengalaman mengajar sebagai bentuk kreativitas penulis dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran sesuai dengan PAKEM.
    Dan proses pembelajaran tersebut siswa dapat leluasa dalam belajar, tanpa merasa tertekan, mereka terus  bersaing untuk mencapai prestasi terbaik di kelasnya. Proses pembelajaran tersebut disebut pembelajaran CQC (Collection of Question Card's), yaitu kegiatan pembelajaran dengan cara memanfaatkan kumpulan kartu soal yang telah diseting sedemikian rupa, sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan, antara lain :  latihan kerja keras, olah raga, permainan, menanamkan kejujuran, keberanian, dan tanggung jawab.  Kegiatan pembelajaran CQC selain membuat suasana belajar siswa yang aktif dan menyenangkan juga menuntut kesiapan dan kerja keras guru dalam mengelola pembelajaran, karena selama proses pembelajaran guru harus aktif memantau, menilai setiap aktivitas siswa serta menjaga agar selama kegiatan pembelajaran siswa selalu dalam kondisi berkompetisi.  tanpa itu semua tidak akan berhasil.
Tayangan berikut adalah salah satu video pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran CQC (Colletion of Question Card's).
Comments
0 Comments