SMP/MTs
|
:
|
SMP Negeri 2 Bukateja
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sejarah
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / 1 ( gasal )
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2013/2014
|
Standar Kompetensi
|
:
| |
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2.Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Indikator
|
:
|
1. Mendeksripikan tentang Perang Dunia II di Eropa
2. Mendeskripsikan Upaya Jepang menguasai Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II
3. Mendeskripsikan Penjajahan Jepang di Indonesia, dan dampaknya bagi bangsa Indonesia
4. Mengidentifikasi badan-badan pertahanan bentukan Jepang yang beranggotakan orang-orang Indonesia
5. Mendeskripsikan upaya bangsa Indonesia melepaskan diri dari penjajahan Jepang
6. Menguraikan perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II
7. Mendeskripsikan dampak Perang Dunia II bagi politik internasional maupun bagi bangsa Indonesia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5 pertemuan ( 10 X 40 menit )
|
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan Menganalisa sebab-sebab umum meletusnya Perang Dunia II
2. Mengidentifikasi sebab khusus meletusnya Perang Duia II
3. Mengidentifikasi negara-negara yang menganut faham Fasisme
4. Mengidentifikasi tokoh-tokoh fasis dunia beserta semboyan yang dikumandangkannya
5. Menyebutkan negara-negara yang tergabung dalam Blok Sekutu dan Blok Sentral dalam Perang Dunia II
6. Menguraikan langkah-langkah Jepang untuk mendapatkan simpati bangsa Indonesia ketika baru tiba di Indonesia
7. Mendeskripsikan tujuan Jepang melakukan imperialisme di kawasan Asia Timu
8. Memberikan alasan Jepang menyerbu Pearl Harbour ketika mengawali Perang Asia Pasifik
9. Menguraikan faktor-faktor yang menyebabkan Jepang dengan mudah menguasai Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara
10. Mendeskripsikan Perjanjian Kalijati beserta pengaruhnya bagi bangsa Indonesia
11. Menganalisa tindakan tentara Jepang yang menyebabkan penderitaan bangsa Indonesia
12. Mendeskaripsikan perbedaan antara Romusha dengan Kinrohosi
13. Mengidentifikasi badan-badan pertahanan bentukan Jepang yang beranggotakan orang-orang Indonesia
14. Mendeskripsikan sebab kekalahan Jepang atas Sekutu
15. Mengidentifikasi kota di Jepang yang hancur akibat serangan bom atom oleh Amerika Serikat
16. Menguraikan perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan tentara Jepang
17. Menguraikan perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II
18. Mengidentifikasi tokoh perlawanan PETA terhadap penjajahan Jepang
19. Mendeskripsikan dampak positif penjajahan tentara Jepang di Indonesia
20. Mengidentifikasi perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II
21. Menguraikan isi perjanjian Postdam
22. Menguraikan isi perjanjian San Fransisco
23. Mendeskripsikan dampak Perang Dunia II bagi politik internasional
24. Mendeskripsikan dampak Perang Dunia II bagi bangsa Indonesia
25. Menyebutkan 3 orang tokoh dunia dari Inggris, Amerika Serikat, dan Russia, ketika berkeamuknya Perang Dunia IIia
B. Karakter yang dapat dikembangkan
1. Menyadari bahwa perang, perselisihan, permusuhan antar suku akan menimbulkan korban
2. Bangga dan mendo’akan terhadap para pahlawan gugur dalam upaya merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.
3. Menghargai dan berani mengemukakan pendapatnya di muka umum ( melalui tanya jawab, diskusi, dan ceramah bervariasi )
4. Tangkas, cerdas, terampil, tanggung jawab, dan mampu berrkompetisi di lingkungan sekolah
5. Cermat dan teliti ( melalui pengamatan gambar secara teliti .
C. Materi Pembelajaran
1. Perang Dunia di Eropa
2. Upaya Jepang menguasai Asia Timur Raya
3. Penjajahan Jepang beserta dampaknya di Indonesia
4. Badan-badan pertahanan Jepang yang beranggotakan orang-orang Indonesia
5. Upaya Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan Jepang
6. Perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II
7. Dampak negatif Perang Duna II
D. Metode Pembelajaran
1. CQC ( Collection of Question Card’s )
2. Ceramah bervariasi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan Peta / Gambar
5. Penugasan / unjuk kerja
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
I
|
Pendahuluan
|
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
2.Membacakan rencana evaluasi selama satu semester yang akan datang
|
1. Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
2. Memperhatikan dan mencatat rencana evaluasi selama satu semester
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan orang-orang yang menjadi korban perang
2. Motivasi : Mengajak siswa membuka peta negara-negara Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Amerika Serikat di atlas
|
1. Memperhatikan cerita guru
2. Mencari negara-negara yang ditentukan guru pada atlas
| |
Kegiatan inti
|
1. Membacakan indikator 1- 9 tentang sebab-sebab Perang Dunia II sampai dengan upaya Jepang untuk menguasai Asia Pasifik
2. Meminta siswa untuk menunjuk letak negara-negara maju dan berkembang secara bergantian
3. Menjelaskan secara singkat materi 1-9 tentang Perang Dunia II sampai dengan upaya Jepang untuk menguasai Asia Pasifik
4. Mengajukan pertanyaan atau memberikan kesempatan pada siswa untuk bertannya tentang materi yang akan dipelajari..
5. Membahas materi yang pelajaran sesuai dengan indikator yang dibacakan pada awal pembelajaran.
6. Memberikan penilaian pada siswa yang aktif menjawab pertanyaan atau bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami.
7. Meringkas materi yang telah dibahas
|
1. Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2. Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3. Menjawab petanyaan secara bergantian.
4. Mencatat ringkasan
| |
Penutup
|
1. Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2. Memotivasi siwa untuk giat belajar agar mendapatkan nilai maksimal pada pertemuan yang akan datang
|
Menjawab pertanyaan guru dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum jelas
| |
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
| ||
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Mengajak siswa untuk membuka pekerjaan pada pertemuan sebelumnya
2. Motivasi : Ucapan bangga dan terima kasih kepada siswa yang mau belajar dengan sungguh-sungguh, mudah-mudahan dapat mengerjakan CQC dengan cepat
|
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan dan menjawab pertanyaan guru
| |
Kegiatan inti
|
1. Menjelaskan secara singkat tentang Upaya Jepang menguasai Asia Pasifik
2. Memberikan kartu soal untuk dikerjakan peserta didik, kartu soal berisi pertanyaan sekitar negara-negara maju dan berkembang
3. Setiap peserta didik mengerjakan masing-masing kartu secara bergantian, hingga mampu menyelesaikan semua pertanyaan yang terdapat dalam kartu soal
4. Memberikan penghargaan dan penilaian bagi siswa yang mengerjakan dengan cepat sesuai dengan urutan kecepatannya
5. Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya ataupun mengungkapkan gagasan tentang negara-negara maju dan negara berkembang
6. Memantau dan membimbing siswa yang lemah, serta melakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
7. Membuat ringkasan sebagai bahan catatan siswa
|
1. Mengambil dan mengerjakan soal-soal yang terdapat pada kartu
2. Melaporkan hasil pekerjaan setelah selesai atau mencapai target yang ditetapkan
3. Mencatat ringkasan yang ditulis di papan
4. Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum jelas
| |
Penutup
|
1. Mengucapkan terima kasih dan rasa senang kepada siswa yang telah berhasil menduduki urutan 1- 10 dalam mengerjakan CQC serta memotivasi siswa yang belum mendapatkan nilai baik agar lebih giat belajar
|
1. Memperhatikan penjelasan guru
| |
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
| ||
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas, mempersiapkan peta negara-negara maju dan berkembang di papan tulis
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS dan atlas
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Tanya jawab tentang materi yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
2. Motivasi : Membacakan nilai aktivitas berdasarkan kecepatan dalam mengerjakan kartu soal
|
1. Menjawab pertanyaan guru
2. Memperhatikan penjelasan guru
| |
Kegiatan inti
|
1.Menunjuk salah sesorang siswa membacakan indikator yang hendak dipelajari ( 11-25 ) tentang penjajahan Jepang di Indonesia sampai dengan berakhirnya Perang Dunia II
2.Membahas setiap pertanyaan yang terdapat pada kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
3. Mengajukan beberapa pertanyaan pada saat menjelaskan materi dan atau memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum jelas
4.Menyimpulkan hasil pembahasan
5. Melaksanakan penilaian aktivitas belajar siswa
|
1. Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru;
2. Memperhatikan penjelasan guru, menjawab pertanyaan,. bertanya dan mengajukan pendapat secara bergantian
3. Mencatat materi yang ditulis di papan
| |
Penutup
|
1. Ucapan terima kasih bagi siswa yang telah menjawab dan belajar dengan baik
2. Mengingatkan siswa agar belajar dengan baik untuk menghadapi ulangan harian
3.Memberikan tugas pekerjaan rumah
|
Menjawab pertanyaan guru atau bertanya apabila masih materi yang belum jelas.
| |
Refleksi
|
……………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………
| ||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
Apersepsi : Menanyakan kesan-kesan bagi siswa yang telah mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik
Motivasi : Memberikan ucapan terima kasih pada siswa yang telah mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik
|
Memperhatikan penjelasan guru
| |
Kegiatan inti
|
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan di rumah
2. Mengajukan pertanyaan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapatnya
3. Memberikan penilaian terhadap tugas yang dikerjakan di rumah
|
1. Menjawab pertanyaang guru dan mengajukan pendapat
2. Melaporkan hasil pekerjaan rumah
| |
Penutup
|
1. Menyampaikan rasa bangga atas jerih payah dan kerja keras siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS
2. Menganjurkan agar mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan datang
|
Memperhatikan penjelasan guru
| |
Refleksi
|
…………………………………………………..………………………………………………………………
…………………………………………………. ………………………………………………………………
| ||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
V
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : mempersiapkan soal ulangan harian
2. Motivasi : menyampaikan harapan semoga dapat mengerjakan ulangan dengan baik
|
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian
| |
Kegiatan inti
|
1. Membacakan soal ulangan harian
2. Mengawasi jalannya ulangan harian
3. Mencocokkan hasil ulangan harian untuk mengoreksi hasil ulangan harian
4. Memberikan penilaian ulangan harian
5. Memasukkan nilai ulangan harian
|
1. Mengerjakan ulangan harian
2. Mencocokkan hasil ulangan harian
3. Melaporkan hasil ulangan harian
| |
Penutup
|
1. Memberikan penghargaan dan rasa bangga pada siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan mengajurkan tetap belajar dengan rajin agar dapat mempertahankan prestasinya serta yang belum meraih nilai terbaik agar belajar lebih giat
2. Memotivasi belajar lebih giat bagi siswa yang nilainya masih belum mencapai KKM untuk mengikuti ulangan remidi pada pertemuan berikut
|
Memperhatikan penjelasan guru
| |
Refleksi
|
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta dunia dan peta PD II (atlas dunia )
2. Gambar tokoh-tokoh Fasis dari Jerman dan Italia
3. Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
4. Anwar Kurnia, dkk, 2007, Sejarah 3 Untuk SMP Kelas IX, Yudistira, Jakarta
5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1975, 30 Tahun Indonesia Merdeka, PT Citra Lamtoro Gung Persada, Jakarta
6. Handoko Ari, Drs, 2010, Bahan Ajar, SMP Negeri 2 Bukateja, Purbalingga
7. Matroji, 2007, Sejarah 3 untuk SMP Kelas IX, Erlangga, Jakarta
8. Peta Asia dan Afrika
9. Peta lokasi pergolakan politik pada tahun 1950 - 1960
10. Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959
11. Wubarsim SS, 2005. Pengetahuan sosial Sejarah 3, untuk Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
2. Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
3. Soal/instrumen:
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1. Peristiwa yang menjadi penyebab utama meletusnya Perang Dunia II adalah…
a. munculnya negara-negara Fasis
b. Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939
c. Politik Revance yang dilakukan oleh Jerman
d. Kegagalan LBB mengupayakan perdamaian dunia
2. Negara-negara yang menganut faham Fasisme adalah….
a. Jerman , Italia, Jepang c. Inggris, Amerika Serikat, Russia,
b. Inggris, Perancis, Belanda d. Inggris, Perancis, Russia
3. Libenstraum adalah semboyan fasisme di negara …
a. Jepang c. Jerman
b. Italia d. Russia
4. Negara-negara berikut di bawah ini tergabung dalam Blok Sekutu, kecuali , …
a. Inggris, Perancis, Belanda c. Amerika Serikat, Russia, Australia
b, Inggris, Amerika Serikat, Russia d. Jerman, Italia, Jepang
5. Pernyataan berikut merupakan upaya tentara pendudukan Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia kecuali …
a. semboyan 3 A
b. bangsa Indonesia boleh mengibarkan bendera merah putih di samping bendera Jepang
c. Jepang merekrut para pegawai dari Indonesia
d. Jepang memberikan bantuan modal untuk Indonesia
6. Salah satu Jepang melakukan imperialisme di Asia T imur adalah …
a. Jepang ingin menjadi negara terbesar di dunia
b. kawasan Asia Timur kaya akan batubara putih
c. Jepang menginginkan Asia Timur menjadi pasar hasil industrinya yang berkembang pesat
d. Jepang ingin memerdekakan bangsa-bangsa di Asia Tikmur
7. Pada tanggal 7 Desember 1941 tentara Jepang menghancurkan pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, sebab …
a. Amerika Serikat menjadi penghalang upaya Jepang untuk bisa menguasai Asia Timur
b Tentara Amerika Serikat akan menyerang ke Jepang
c Jepang ingin menjadi negara imperialis terbesar di Asia Timur
d Amerika Serikat merupakan penjajah paling besar di Asia Tenggara
8. Perjanjian yang mengakhir kekuasaan Belanda dan mengawali kekuasaan Jepang di Indonesia adalah perjanjian … a. Linggarjati c. Renville
b. Kalijati d. perjanjian Malino
9. Walau hanya tiga setengah tahun dijajah Jepang, bangsa Indonesia sangat menderita sebab ….
a.Tentara Jepang banyak melakukan penganiayaan terhadap bangsa Indonesia
b. Hampir semua kekayaan alam Indonesia diangkut ke negeri Jepang untuk kepentingan Perang Dunia
c. Kebodohan bangsa Indonesia akibat dijajah Belanda beratus-ratus tahun
d. tidak ada perlawanan para pejuang
10. Kerja paksa tanpa upah yang dikenakan kepada para pemuda, pada masa penjajahan Jepang disebut ….
a. Kinrohosi c. Fujinkai
b. Romusa d. Taiso
11. Badan-badan pertahanan bentukan Jepang yang bersifat militer untuk membantu tentara Jepang menghadapi tentara Sekutu, adalah ….
a. Seinendan c. Keibodan,
b. Fujinkai d. PETA
12. Sebab utama kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II adalah …
a. Jerman telah kalah perang di Eropa c. Tentara Jepang jumlahnya sangat terbatas
b. Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat d. Tentara Amerika Serikat menerapkan taktik lompat katak
13. Kota di Jepang yang hancur akibat serangan bom atom dari Amerika Serikat adalah …..
a. Tokyo c. Hirosima
b. Kyoto d. Kitakyusu
14. Organisasi militer bentukan Jepang yang mengadakan perlawanan terhadap penjajah Jepang adalah …..
a. PUTERA c. Heiho,
b. PETA d. Seinendan
15. Tokoh utama yang mengadakan perlawanan PETA terhadap Jepang di Blitar adalah ….
a. Supriadi c. Tengku Abdul Hamid,
b. Khusaeri d. Sudirman
16. Perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II di Eropa adalah perjanjian ….
a. Postdam c. Sevres
b. Versailles d. Trianon
17. Pernyataan yang merupakan isi dari perjanjian Postdam adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Wilayah Jerman dibagi menjadi dua bagian yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur
b. Daerah Danzig dan Niese yang direbut Jerman diberikan kepada Polandia
c. Jerman harus membayar kerugian perang kepada Sekutu
d. Jepang menyerah tanpa syarat terhadap Sekutu
18. Kepulauan Jepang dibawah pengawan Amerika Serikat, adalah merupakan isi dari perjanjian …
a. Versailes c. San Fransisco
b. Postdam, d. Sevres
19. Dampak Perang Dunia II terhadap politik internasional adalah ….,
a. Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet
b. terjadinya krisis ekonomi dunia
c. kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika
d. jawaban a dan c betul
20. Salah seorang tokoh The Big Trhee dari Amerika Serikat adalah …
a. Winston Churcill c, Stalin
b. FD Rosevelt, d. Adolf Hitler
II . Essay :
21. Sebutkan 3 sebab umum meletusnya Perang Dunia II !
22. Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan Jepang dengan mudah dapat menguasai Asia Timur dan Asia Tenggara !
23. Sebutkan dampak positif penjajahan Jepang di Indonesia !
24. Sebutkan 2 perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II !
25. Sebutkan dampak positif Perang Dunia II bagi bangsa Indonesia !
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda
1
|
B
|
6
|
C
|
11
|
D
|
16
|
A
|
2
|
A
|
7
|
A
|
12
|
B
|
17
|
D
|
3
|
C
|
8
|
B
|
13
|
C
|
18
|
C
|
4
|
D
|
9
|
A
|
14
|
B
|
19
|
D
|
5
|
D
|
10
|
B
|
15
|
A
|
20
|
B
|
II. Essay
1. Perdagangan internasional adalah perdagangan antar negera yang tidak dibatasi oleh kawasan. Contohnya pusat perdagangan tembakau di Bremen
2. Faktor-faktor yang menghambat perdagangan internasional antara lain : perang, bencana alam, produksi barang yang sama antar negara yang menjalin perdangan, perbedaan nilai tukar uang, pungutan pajak berganda, sdm yang masih rendah.
3. Neraca perdagangan adalah perbandingan nilai ekspor dengan nilai impor.
4. Komoditi ekspor Indonesia ke luar negeri antara lain : gas alam dan minyak bumi, barang tambang lain ( timah, emas, tembaga, batu bara), hasil hutan ( rotan, jati, kayu lapis), hasil perkebunan ( karet, kopi, teh, lada, dan lain-lain).
5. Dampak negatif perdagangan internasional bagi Indonesia antara lain : bangsa Indonesia menjadi bangsa konsumeris, produk-produk Indonesia mendapat persaingan dari negara lain, masuknya pengaruh negatif ( narkoba, free sex, teroris), dan lain-lain.
Format Penilaian Aktivitas (CQC) :
Peringkat
|
No
|
Nama Siswa
|
N. Peringkat
|
N. Akhir
|
I
|
1-10
| |||
II
|
11-20
| |||
III
|
21-25
| |||
IV
|
26-30
| |||
V
|
31-36
|
Keterangan :
Nilai tertinggi = 90
Nilai terendah = 60
PEDOMAN PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
| |||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3
| |||||||||
4
| |||||||||
dst
|
PG : B x 3.5 Jika betul semua skornya = 70
Uraian: B x 6 Jika betul semua skornya = 30
Jumlah nilai = 100
Mengetahui, Bukateja, 15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru Mata Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP. 19650820199512 0 1