| 
SMP/MTs | 
: | 
SMP Negeri 2   Bukateja | 
| 
Mata   Pelajaran | 
: | 
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sejarah | 
| 
Kelas/Semester | 
: | 
IX / 1 ( gasal )  | 
| 
Tahun   Pelajaran | 
: | 
2013/2014 | 
| 
Standar   Kompetensi | 
: | |
| 
Kompetensi   Dasar | 
: | 
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan   Indonesia | 
| 
Indikator | 
: | 
1.   Mendeskripsikan   faktor-faktor yang menyebabkan konflik Indonesia Belanda 
2.   Menguraikan   perlawanan bangsa Indonesia menghadapi tentara Jepang 
3.   Menguraikan perlawanan bangsa Indonesia terhadap tentara Inggris 
4.   Menguraikan perlawanan bangsa Indonesia terhadap tentara Belanda 
5.   Mendeskripsikan   pengertian perjuangan diplomasi dan perjuangan konfrontasi dalam upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda. 
6.   Mendeskripsikan perundingan-perundingan yang   diselenggarakan oleh Van Mook untuk memecahbelah bangsa Indonesia 
7.   Menguraikan perundingan-perundingan sebagai bagian perjuangan Diplomasi 
8.   Menguraikan tentang Agresi Militer Belanda & Serangan Umum 1 Maret   1949 
9.   Menguraikan mendapatkan pengakuan kedaulatan RI melalui Konfernsi Meja   Bundar. | 
| 
Alokasi   Waktu | 
: | 
5 pertemuan (10 X 40 menit) | 
A.      Tujuan Pembelajaran   :
                 Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.    Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan konflik Indonesia Belanda
2.    Mengidentifikasi peristiwa heroik di berbagai kota di Indonesia
3.    Mengidentifikasi perlawanan bangsa Indonesia menghadapi tentara Jepang
4.    Mendeskripsikan arti penting peristiwa insiden Bendera di Hotel Yamato, Tunjungan , Srabaya
5.    Mendeskripsikan arti penting peristiwa Rapat raksasa di Lapangan Ikada
6.    Perundingan-perundingan yang diprakarsai oleh Van Mook
7.    Mendeskripsikan sebab utama meletusnya Pertempuran 5 Hari di Semarang
8.    Mendeskripsikan arti penting peristiwa Bandung Lautan Api
9.    Mengidentifikasi peristiwa Palagan Ambarawa
10.  Mendeskripsikan Perang Puputan di Margarana, Bali
11.  Mendeskripsikan pengertian perjuangan diplomasi dalam upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda.
12.  Mendeskripsikan perjuangan konfrontasi dalam upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda
13.  Menjelaskan hubungan antara perjuangan diplomasi dengan perjuangan konfrontasi
14.  Mengidentifikasi perundingan-perundingan yang diselenggarakan oleh Van Mook untuk memecahbelah bangsa Indonesia
15.  Mendeskripsikan  perundingan Linggarjati
16.  Mendeskripsikan  perundingan Renville
17.  Mendeskripsikan Perundingan Rum Rojen
18.  Mengidentifikasi Agresi Militer Belanda I dan II
19.  Menguraikan arti penting Serangan Umum 1 Maraet 1949
20.  Menceritakan singkat keadaan pemerintahan RI ketika Belanda melancarkan Agresi Militer II
21.  Mendeskripsikan kepedulian bangsa-bangsa Asia terhadap bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan RI
22.  Mendeskripsikan peran serta PBB  terhadap bangsa Indonesia dalam menyelesaikan sengketa Indonesia Belanda.
23.  Mendeskripsikan Konferensi Meja Bundar
24.  Mendeskripsikan arti penting pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda
25.  Mengidentifikasi tokoh-tokoh perjuang dalam mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
B.   Karakter yang dapat dikembangkan
1.    Sanggup belajar giat untuk menghargai perjuangan para pahlawan
2.    Pantang menyerah setiap menghadapi masalahs sebagaimana dicontohkan oleh para pahlawan ( melalui CQC)
3.     Menjunjung tinggi merah putih sebagai lambang kebesaran bangsa Indonesia 
4.     Berani mengungkapkan pendapat di muka umum (melalui tanya jawab)
5.     Mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan diri sendiri ( melalui ceramah )
6.     Cermat dan teliti dalam bekerja ( melalui pengamatan peta)
7.     Tanggung jawab dalam bekerja
C.       Materi Pembelajaran
1.    Konflik Indonesia Belanda
2.    Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi tentara Jepang
3.    Perlawanan terhadap tentara Inggris
4.    Perlawanan terhadap tentara Belanda
5.    Perundingan 
6.    Pengertian perjuangan diplomasi dalam upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda.
7.    Perjuangan konfrontasi dalam upaya penyelesaian konflik Indonesia Belanda
8.    Agresi Militer Belanda dan Serangan Umum 1 Maraet 1949
9.    Konferensi Meja Bundar
D.   Metode  Pembelajaran
1.    CQC (Collection of Question Card's) 
2.    Ceramah bervariasi                                                                           
3.    Tanya jawab
4.    Pengamatan Peta / Gambar Pahlawan
E.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
| 
Pertemuan | 
Jenis Kegiatan | 
Guru | 
Siswa | 
| 
I | 
Pendahuluan | 
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan   kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas | 
1. Mempersiapkan alat dan buku pelajaran   IPS | 
| 
Apersepsi dan motivasi | 
1. Apersepsi  : Menceritakan tentang  Wajib   belajar dihubungkan dengan perjuangan kemerdekaan 
2.   Motivasi   : Menanyakan apakah siswa tidak mau mempelajari   bagaimana pejuangan bangsa kita dulu sehingga kita sekarang menjadi bangsa   yang merdekaan | 
1.    Memperhatikan cerita guru 
2.    Menjawab pertanyaan guru | |
| 
Kegiatan inti | 
1. Membacakan indikator 1- 10 tentang sebab   konflik Indonesia Belanda ssampai dengan Pertempuran Margarana Bali. 
2. Meminta siswa untuk mengidentifikasi   pertempuran-pertempuran yang terjadi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan   Indonesia 
3. Menjelaskan secara singkat materi 1-10   tentang sebab konflik Indonesia Belanda ssampai dengan Pertempuran Margarana   Bali. 
4. Mengajukan pertanyaan atau memberikan   kesempatan pada siswa untuk bertannya tentang materi  yang akan dipelajari.. 
5. Membahas materi yang pelajaran sesuai   dengan indikator yang dibacakan pada awal pembelajaran.  
6. Memberikan penilaian pada siswa yang   aktif menjawab pertanyaan atau bertanya apabila masih ada materi yang belum   dipahami. 
7. Meringkas materi yang telah dibahas | 
1.    Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.  
2.    Memperhatikan penjelasan singkat dari guru 
3.    Menjawab petanyaan secara bergantian.  
4.    Mencatat ringkasan | |
| 
Penutup | 
1.    Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik 
2.    Memotivasi siwa untuk giat belajar agar mendapatkan nilai maksimal   pada pertemuan yang akan datang  | 
Menjawab pertanyaan guru dan mengajukan pertanyaan tentang   materi yang belum jelas | |
| 
Refleksi | 
………………………………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………………………… | ||
| 
II | 
Pendahuluan | 
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan   kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas | 
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS | 
| 
Apersepsi dan motivasi | 
1. Apersepsi  :     Mengajak siswa untuk membuka pekerjaan pada pertemuan sebelumnya 
2.   Motivasi    :     Ucapan bangga dan terima kasih kepada siswa yang mau belajar dengan   sungguh-sungguh, mudah-mudahan dapat mengerjakan CQC dengan cepat | 
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan  dan menjawab pertanyaan guru | |
| 
Kegiatan inti | 
1. Menjelaskan secara singkat tentang Peristiwa   heroik di berbagai kota, pertempuran-pertempuran melawan tentara Inggris dan   Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan 
2. Memberikan kartu soal untuk   dikerjakan  peserta didik, kartu soal   berisi pertanyaan sekitar negara-negara maju dan berkembang 
3. Menjelaskan aturan main cara belajar CQC   (Collection of Question Card's)  
4. Memandu dan memantau siswa dalam  pembelajaran CQC (Collection of Question   Card's) agar berjalan lancar  
5. Memberikan penghargaan dan penilaian   bagi siswa yang mengerjakan dengan cepat sesuai dengan urutan kecepatannya 
6. Memberikan kesempatan peserta didik   untuk bertanya ataupun mengungkapkan gagasan tentang negara-negara maju dan   negara berkembang 
7. Memantau dan membimbing siswa yang   lemah, serta melakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam   pembelajaran 
8. Meringkas materi esensial yang dibahas | 
1. Mengambil dan mengerjakan soal-soal   yang terdapat pada kartu secara bergantian 
2. Melaporkan hasil pekerjaan setelah   selesai atau mencapai target yang ditetapkan  
3. Mencatat ringkasan yang ditulis di   papan 
4. Menjawab pertanyaan guru dan atau   bertanya apabila belum jelas dan kesulitan dalam  mengerjakan CQC (Collection of Question   Card's)  | |
| 
Penutup | 
1. Mengucapkan terima kasih dan rasa senang kepada siswa yang   telah berhasil menduduki urutan 1- 10 dalam mengerjakan CQC serta memotivasi   siswa yang belum mendapatkan nilai baik agar lebih giat belajar | 
1. Memperhatikan penjelasan guru | |
| 
Refleksi | 
………………………………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………………………… | ||
| 
III | 
Pendahuluan | 
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan   kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas, mempersiapkan peta   negara-negara maju dan berkembang di papan tulis | 
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS dan atlas  | 
| 
Apersepsi dan motivasi | 
1. Apersepsi  :     Tanya jawab tentang materi yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya 
2. Motivasi    :     Membacakan nilai aktivitas berdasarkan kecepatan dalam mengerjakan   kartu soal | 
1. Menjawab pertanyaan guru 
2. Memperhatikan penjelasan guru | |
| 
Kegiatan inti | 
1.Menunjuk salah sesorang siswa   membacakan indikator yang hendak dipelajari ( 10-25 ) tentang perjuangan   diplomasi dan perjuangan konfrontasi samapai dengan pengakuan kedaulatan RI   oleh Belanda  
2.Membahas setiap pertanyaan yang   terdapat pada kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya sekaligus   koreksi bersama 
3. Mengajukan beberapa pertanyaan pada   saat menjelaskan materi dan atau memberikan kesempatan bertanya bagi siswa   yang belum jelas  
4.Menyimpulkan hasil pembahasan 
5. Melaksanakan penilaian hasil belajar   dengan CQC (Collection of Question Card's)  | 
1. Memperhatikan dan mendengarkan   penjelasan guru; 
2. Memperhatikan penjelasan guru, menjawab   pertanyaan, bertanya dan mengajukan pendapat    secara bergantian 
3. Koreksi bersama pekerjaan masing-masing   siswa 
4. Melaporkan hasil koreksi 
5. Mencatat materi yang ditulis di papan | |
| 
Penutup | 
1. Ucapan terima kasih bagi siswa yang   telah menjawab dan belajar dengan baik  
2. Mengingatkan siswa agar belajar   dengan baik untuk menghadapi ulangan harian 
3.Memberikan tugas pekerjaan rumah | 
Menjawab pertanyaan guru atau bertanya apabila masih materi   yang belum jelas.  | |
| 
Refleksi | 
………………………………………………………………………………………………………………. 
………………………………………………………………………………………………………………… | ||
| 
Pertemuan | 
Jenis Kegiatan | 
Guru | 
Siswa | 
| 
IV | 
Pendahuluan | 
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan   kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas | 
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS | 
| 
Apersepsi dan motivasi | 
Apersepsi : Menanyakan kesan-kesan bagi siswa yang telah   mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik  
Motivasi    :   Memberikan ucapan terima kasih pada siswa yang telah mengerjakan pekerjaan   rumah dengan baik | 
Memperhatikan penjelasan guru | |
| 
Kegiatan inti | 
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan   di rumah 
2. Mengajukan pertanyaan dan memberikan   kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapatnya 
3. Memberikan penilaian  terhadap tugas yang dikerjakan di rumah | 
1. Menjawab pertanyaang guru dan   mengajukan pendapat 
2. Melaporkan hasil pekerjaan rumah | |
| 
Penutup | 
1. Menyampaikan rasa bangga atas jerih payah dan kerja keras   siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS 
2. Menganjurkan agar mempelajari materi yang akan dibahas   pada pertemuan yang akan datang | 
Memperhatikan penjelasan guru | |
| 
Refleksi | 
…………………………………………………..………………………………………………………………    
…………………………………………………. ……………………………………………………………… | ||
| 
Pertemuan | 
Jenis Kegiatan | 
Guru | 
Siswa | 
| 
V | 
Pendahuluan | 
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan   kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas | 
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS | 
| 
Apersepsi dan motivasi | 
1. Apersepsi :  mempersiapkan soal ulangan harian 
2. Motivasi    :    menyampaikan harapan semoga dapat mengerjakan ulangan dengan baik | 
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian | |
| 
Kegiatan inti | 
1. Membacakan soal ulangan harian 
2. Mengawasi jalannya ulangan harian 
3. Mencocokkan hasil ulangan harian   untuk mengoreksi hasil ulangan harian 
4. Memberikan penilaian ulangan harian 
5. Memasukkan nilai ulangan harian | 
1. Mengerjakan  ulangan harian 
2. Mencocokkan hasil ulangan harian  
3. Melaporkan hasil ulangan harian | |
| 
Penutup | 
1. Memberikan penghargaan  dan rasa bangga pada siswa yang memperoleh   nilai tertinggi dan mengajurkan tetap belajar dengan rajin agar dapat   mempertahankan prestasinya serta yang belum meraih nilai terbaik agar belajar   lebih giat  
2. Memotivasi belajar lebih giat bagi siswa   yang nilainya masih belum mencapai KKM untuk mengikuti ulangan remidi pada   pertemuan berikut | 
Memperhatikan penjelasan guru | |
| 
Refleksi | 
………………………………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………………………… | ||
F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Peta Wilayah Indonesia 
2.       Foto / Gambar perjuangan bangsa Indonesia pada masa mempertahankan kemerdekaan.
3.       Diktat / ringkasan 
4.       Buku sejarah yang relevan
G.       Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a.       Tes Tulis.
b.       Tes Lesan ( tanya jawab )
2. Bentuk Instrumen
a.       Tes pilihan ganda
b.       Tes uraian.
3. Soal/instrumen:
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.      Penyebab utama terjadinya konflik Indonesiap Belanda setelah Indonesia merdeka adalah … 
a. Kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II
b. Kedatangan kembali Belanda untuk menjajah Indonesia
c. Kedatangan tentara Sekutu disambut baik oleh bangsa Indonesia
d. Tentara Belanda membonceng pada pasukan Sekutu ke Indonesia
2.      Insiden Bendera di Hotel Yamato memiliki arti penting bagi perjuangan bangsa Indonesia , yaitu … 
a.  rela berkorban untuk mempertahankan merah putih
b. rela berkorban untuk mempertahankan hotel Yamato
c. rela berkorban untuk mengusir penjajah Belanda
d. pantang menyerah meskipun berlumuran darah 
3.      Peristiwa yang menjadi  utama meletusnya Pertempuran 10 November 1945 adalah …
a. Terbunuhnya Brigjen Manserg di Jembatan Merah
b. terbumuhnya Brigjen Mallaby di Jembatan Merah
c. Tentara Sekutu melancarkan serangan ke Surabaya
d. Arek-arek Surabaya tidak suka dengan sikap tentara Inggris di Indonesia
4.      Meletusnya pertempuran 5 Hari disemarang disebabkan oleh ….
a. tentara Jepang telah membuuh para pemuda Semarang
b. tentara Jepang tidak mau meninggalkan kota Semarang
c. terbunuhnya dr. Kariadi oleh tentara Jepang  ketika meneliti air minum
d. terbunuhnya dr. Kariadi dalam pertempuran di Bulu
5.      Arti penting yang dapat dipetik sejarah Bandung Lautan api adalah ….
a. pantang menyerah meski berlumuran darah
b. rela mengorbankan nyawa untuk mempertahankan merah putih
c. para penduduk meninggalkan kota Bandung
d. rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia
6.      Keberhasilan para pejuang mempertahankan Ambarawa dari serangan tentara Inggris berkat kepemimpinan …. 
a. Letkol Sudirman                                                                 c. Letkol Isdiman
b. Kol. Urip Sumoharjo                                                          d. Bung Tomo
7.      Gusti Ngurah Rai gugur bersama pasukannya dalam perang puputan di Margarana Bali. Perang puputan artinya …. 
a. perang yang dilakukan pada pagi buta                          c.perang habis-habisan
b. perang besar-besaran                                                         d. perang secara tiba-tiba
8.      Upaya mempetahankan kemerdekaan agar mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui jalan perundingan disebut perjuangan ….
a. diplomasi                                                                              c. konsolidasi            
b. konfrontasi                                                                           d. politik
9.      Yang dimaksud dengan perjuangan konfrontasi adalah perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan ….
a. melalui perundingan                                                           c. cara tipu muslihat
b. menggunakan kekuatan senjata                                     d. melibatkan negara lain
10.  Tujuan Van Mook menyelenggarakan perundingan secara sepihak adalah …. 
a. Perundingan dengan pihak RI hanya akan mengalami kegagalan 
b. agar bangsa Indonesia mudah diadu domba 
c. agar Belanda menjajah kembali di Indonesia 
d. tidaka ada jawaban yang benar
11.  Wilayah RI yang diakui Belanda secara de facto dalam perundingan Linggarjati adalah … 
a. Suamtera, Jawa, Kalimantan,                                          c. Jawa, Madura, Bali
b, Sumatera, Jawa, Bali                                                         d. Sumatera , Jawa, Madura
12.  Yang menjadi penengah dalam perundingan Renville adalah … 
a. Inggris                                                                                    c. Australia
b.Amerika Serikat                                                                   d. Komisi Tiga Negara
13.  Pemerintahan RI dikembalikan ke Yogyakarta setelah dilaksanakannya perundingan …. 
a. Renville                                                                                 c. KMB
b. R um Rojen                                                                          d. Pengakuan Kedaulatan
14.  Ketika terjadi agresi militer Belanda II, presiden Sukarno ….  untuk membentuk Pemerintahan Darurat RI di Bukittinggi. Jawaban yang benar adalah … 
a. Mr. Assaat                                                                            c. Sutan Syahrir
b. PM Amir Syarifudin                                                           d. Safrudin Prawiranegara
15.  Para pejuang berhasil menghambat agrasi militer Belanda dengan mengadakan …..,
a. perang gerilya                                                                      c. perang puputan
b. perang tanding                                                                     d. perang bubat
16.  Perundingan Rum Rojen diprakarsai oleh PBB melalui …. 
a. UNCI                                                                                     c. Inggris    
b. KTN                                                                                       d. UNTEA
17.  Ketika terjadi Agresi Militer Belanda II perjuangan Indonesia mendapat simpati dari bangsa-bangsa Asia, yaitu melalui ….
a. Terselenggaranya Konferensi Inter Asia
b. bantuan pakaian dan obat-obatan dari India
c. pesawat terbang Belanda dilarang singgah di India
d. jawaban a, b, dan c. betul
18.  Konferensi Meja Bundar diselenggarakan di …. 
a. Jakarta                                                                                  c. Den Haag
b. Yogyakarta                                                                          d. Amsterdam
19.  Tokoh RI yang menandatangani Pengakuan Kedaulatan RI di Amsterdam adalah …
a. Ir. Sukarno                                                                            c. Sri Sulta Hamengkubuwono IX
b. Drs, Moh. Hatta                                                                  d. HJ Lovink
20.  Pahlawan yang sangat berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan dan wafat setelah pengakuan kedaulatan RI, kemudian dimakamkan di TMP Semaki Yogyakarta adalah  …, 
a. Jendral Sudirman                                                                c.Urip Sumoharjo
b. Bung Tomo                                                                          d. Letkol Isdiman
II.  Essay
21.  Sebutkan 3 peristiwa perlawanan terhadap tentara Jepang !
22.  Jelaskan arti penting Rapat Raksasa di Lapangan Ikada, meski presiden Sukarno berpidato sangat singkat !
23.  Manakah pernyataan di bawah ini yang benar !,  a. Perjuangan diplomasi yang paling berhasil dalam mempertahankan kemerdekaan, b. perjuangan hanya menguntungkan tentara Belanda, c. perjuangan konfontasi banyak sekali memakan korban, d. keberhasilan perjuangan konfrontasi dalam mempertahankan kemerdekaan didukung dengan perj. diplomasi 
24.  Sebutkan 2 arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi bangsa Indonesia ! 
25.  Sebutkan 3 perlawanan bangsa Indonesia terhadap tentara Sekutu !
Penugasan :
1.         Keloompok 1 : Jelaskan tugas-tugas tentara Inggris pada awal kedatangannya di Indonesia setelah Indonesia merdeka !
2.         Keloompok 2 : Uraikan peristiwa-peristiwa heroik yang terjadi pada awal kemerdekaan Indonesia ! 
3.         Keloompok 3 : Uraikan Peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya !
4.         Keloompok 4 : Uraikan Peristiwa Pertempura 5 Hari di Semarang !
5.         Keloompok 5 : Uraikan Peristiwa Pertempuran Ambarawa 15 Desember 1945 !
6.         Keloompok 6 : Uraikan Peristiwa Bandung Lautan Api , 23 Maret 1946 !
7.         Keloompok 7 : Uraikan Perjuangan Diplomasi dan Konfrontasi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia !
8.         Keloompok 8 : Uraikan Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1945 dan peranserta PBB dalam upaya mepertahankan kemerdekaan Indonesia!
KUNCI JAWABAN
I.   Pilihan Ganda :
| 
1 | 
B | 
6 | 
A | 
11 | 
D | 
16 | 
D | 
| 
2 | 
A | 
7 | 
B | 
12 | 
D | 
17 | 
A | 
| 
3 | 
A | 
8 | 
A | 
13 | 
B | 
18 | 
C | 
| 
4 | 
C | 
9 | 
B | 
14 | 
A | 
19 | 
B | 
| 
5 | 
D | 
10 | 
B | 
15 | 
D | 
20 | 
A | 
II. Essay :
21.    Perlawanan bangsa Indonesia terhadap tentara Sekutu antara lain : Pertempuran 10 November di Surabaya, Palagan Ambarawa, Bandung Lautan Api, Medan Area, Peristiwa Merah Putih di Menado.
22.    Peristiwa perlawanan terhadap tentara Jepang antara lain : Perebutan lapangan Udara Andir di Bandung, Perebutan Panser di Yogyakarta, Perlucutan senjata di Surabaya, Pertempuran Lima Hari di Semarang
23.    Arti penting Rapat Raksasa bagi perjuangan bangsa Indonesia antara lain : Jepang menyadari bahwa Ir. Sukarno benar-benar pemimpin bangsa yang besar, rakyat Indonesia tidak takut lagi terhadap tentara Jepang.
24.    Peranan penting perjuangan diplomasi adalah pengakuan dunia internasional akan kemerdekaan dilakukan melalui jalan perundingan. Peranan perjuangan konfrontasi adalah bahwa dunia internasional akan mengakui kemerdekaan Indonesia apabila bangsa Indonesia telah memiliki angkatan perang tangguh untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh.
25.    Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 antara lain : menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia masih memiliki angkatan perang yang tangguh, mematahkan moral tentara Belanda, membangkitkan semangat perang bagi TNI, mendukung perjuangan diplomasi .
Ketentuan Penilaian :
NH = 2,5 PG + E
NH = Nilai Ulangan Harian
PG = jumlah benar  Pilihan Ganda
E    = jumlah skor Essay
Format Penilaian Aktivitas  (CQC) :
| 
Peringkat | 
No | 
Nama | 
Nilai Peringkat | 
Tambahan 95 (+0,5) | 
Nilai Akhir | 
| 
I | 
1-10 | ||||
| 
II | 
11-20 | ||||
| 
 III | 
21-25 | ||||
| 
 IV | 
26-30 | ||||
| 
 V | 
31-36 | 
Keterangan :
Nilai tertinggi = 90
Nilai terendah = 60
 0 Comments
0 Comments