BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

LOMBA BLOG GURU PGRI KAB. PURBALINGGA

Dalam rangka memperingati hari Guru dan HUT PGRI ke 71 PGRI Kabupaten menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah lomba Blog Guru yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 20 November 2016. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari bebagai jenjang, yaitu guru SD/MI sebanyak 7 orang, guru SMP/MTS sebanyak 11 orang, dan peserta dari guru SMA/SMK sebanyak 2 orang peserta.
Sebagai peserta kami menyambut baik, dan senang hati, karena blog merupakan media sosial yang sangat bermanfaat bagi guru yang memiliki visi dan misi jauh ke depan. Selama ini guru terkungkung dengan berbagai kegiatan statis dan membosankan, lomba-lomba yang ada sebelumnya belum sepenuhnya menampilkan kemampuan dan kreativitasnya di tempat kerja masing-masing. Oleh karena itu dengan adanya lomba blog memberikan warna tersendiri, terutama bagi para guru yang familier dengan media sosial, atau bahkan guru yang telah memanfaatkan blog sebagai wahana atau media pembelajaran bagi peserta didik. Di era modern sebenarnya guru harus sudah menyentuh dan memanfaatkan blog/website. Mereka tidak lagi terpaku dengan buku-buku teks untuk memberikan materi pelajaran, tetapi lebih mengutamakan bagaimana peserta didik mampu belajar mandiri melalui media sosial atau blog yang telah dikembangkan oleh gurunya.
Dengan memanfaatkan blog guru dapat mengajak peserta didik untuk belajar secara free land, tanpa harus dibatasi waktu dan tempat. Peserta didik dapat belajar dimanapun, kapanpun, sehingga akan dapat menyerap pengetahuan dan berbagai ilmu, maupun keahlian. Guru cukup mengarahkan agar dalam melakukan pembelajaran mandiri peserta didik tetap pada rambu-rambu pembelajaran, tanpa pengarahan dan bimbingan guru yang secara kontinyu dapat berakibat menyimpang dari tujuan yang diharapkan.
Setelah kegiatan lomba blog tersebut diharapkan PGRI kabupaten Purbalingga hendaknya tidak berhenti di tempat, melainkan terus mengembangkan, mempublikasikan dan memperluas jaringan sehingga sesama guru di Purbalingga memiliki komunitas blog. Dari adanya komunitas blog tersebut maka PGRI menjadi lebih mudah dalam menggalang solidaritas, dan mempermudah komunikasi. Dengan banyaknya guru yang memiliki blog pendidikan diharapkan pendidikan di kabupaten Purbalingga menjadi lebih berkualitas, karena sesama guru dapat saling sharing, berbagi ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan serta keahlian lainnya yang dimiliki.
Bahkan dengan adanya komunitas blog yang memadai maka kegiatan MGMP dapat dilakukan secara online. Demikian sekelumit kata yang semoga dapat memberikan inspirasi bagi para pemangku kepentingan untuk menindaklanjuti sehingga PGRI memiliki memiliki komunitas Blog atau Website yang kompetitif dan kreatif. Selamat Hari Guru Nasional, Dirgahayu PGRI ke 71.
Berikut daftar peserta lomba blog guru PGRI kabupaten Purbalingga :


Comments
0 Comments

No comments :