BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS SMP Kl 9.GASAL.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) I

SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Bukateja
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
Kelas/Semester
:
IX / 1 ( Gasal )
Tahun Pelajaran
:
2013/2014
Standar Kompetensi
:
1.  Kemampuan Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Kompetensi Dasar
:
1.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator
:
1. Menguraikan negara-negara yang tergolong kelompok negara maju
2. Menguraikan negara-negara yg tergolong kelompok negara berkembang
3. Mengidentifikasi karakter  negara-negara maju

4. Mengidentifikasi karakter negara-negara berkembang
5. Menunjukkan letak dan wilayah negara maju pada peta
6. Menunjukkan letak dan wilayah negara berkembang pada peta
Alokasi Waktu
:
5  pertemuan (10 X 40 menit )

A.    Tujuan Pembelajaran   :
      Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.       Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju
2.       Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang
3.       Menyebutkan 5 contoh negara maju
4.       Menyebutkan 5 contoh negara berkembang
5.       Memberikan alasan bahwa Inggris sebagai pelopor negara-negara maju
6.       Mendeskripsikan karakter Inggris sebagai pelopor negara maju di dunia
7.       Mendeskripsikan karakter negara Amerika Serikat
8.       Mendeskripsikan karakter negara Jepang
9.       Menjelaskan karakter negara Cina
10.   Menjelaskan karakter negara India
11.   Menjelaskan karakter negara Arab Saudi
12.   Membaca peta persebaran negara maju dan negara berkembang
13.   Menunjukkan  letak wilayah negara maju pada peta
14.   Menganalisa faktor-faktor yang  mendukung kemajuan negara Jepang
15.   Menunjukkan  letak wilayah negara berkembang pada peta
B.     Karakter yang Dapat Dikembangkan
1.       Memiliki keberanian berpendapat di muka umum (melalui tanya jawab)
2.       Memiliki semangat belajar dan pantang menyerah (melalui CQC)
3.       Teliti dalam bekerja (melalui pengamatan peta)
4.       Memiliki kemandirian kerja melalui CQC
5.       Memiliki wawasan luas tentang negara-negara maju dan negara-negara berkembang
6.       Memiliki rasa tanggung jawab melalui penugasan
C.      Materi Pembelajaran
1.       Kelompok negara maju
2.       Kelompok negara berkembang
3.       Karakter negara-negara maju
4.       Karakter negara-berkembang
5.       Letak dan wilayah negara maju dan negara berkembang pada peta
D.        Metode  Pembelajaran
1.        Penugasan tentang Karakteristik beberapa negara maju dan negara berkembang
2.        CQC ( Collection of Question Card’s )            
3.        Tanya jawab
4.        Pengamatan peta
5.        Penugasan
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
I
Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
2. Membacakan  rencana evaluasi selama satu semester yang akan datang
1.Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
2.Memperhatikan dan mencatat rencana evaluasi selama satu semester

Apersepsi dan motivasi
1.   Meminta siswa agar menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2.   Memberikan  pretes dengan tanya jawab  untuk mengetahui kemampuan awasl siswa mengajak siswa untuk membuka atlas
1.  Menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2.  Menjawab pertanyaan pretes dan mencari peta dunia pada atlas

Kegiatan inti
1.   Membacakan indikator 1-4 tentang ciri negara maju dan berkembang, beserta karakteristiknya
2.   Meminta siswa untuk menunjuk letak negara-negara maju dan berkembang secara bergantian
3.   Menjelaskan secara singkat materi 1-4 tentang ciri-ciri dan contoh negara maju dan berkembang  
4.   Mengajukan pertanyaan atau memberikan kesempatan pada siswa untuk bertannya tentang materi  yang akan dipelajari..
5.   Membahas materi yang pelajaran sesuai dengan indikator yang dibacakan pada awal pembelajaran.
6.   Memberikan penilaian pada siswa yang aktif menjawab pertanyaan atau bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami.
7.  Membuat ringkasan materi
1.  Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2.  Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3.  Menjawab petanyaan secara bergantian.
4.  Mencatat ringkasan

Penutup
1.  Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.  Memberikan penilaian yang aktif menjawab maupun yang bertanya
Menjawab pertanyaan guru dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum jelas

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
II
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1.   Apersepsi :  Menceritakan tentang kemajuan teknologi pada zaman sekarang
2.   Motivasi   :  Menanyakan tentang arti pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang.
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan  dan menjawab pertanyaan guru

Kegiatan inti
1.   Membacakan indikator materi 5-11 tentang karakteristik  negara maju dan berkembang.
2.   menjelaskan secara singkat tentang karakteristik negara maju dan berkembang
3.   Memberikan kartu soal untuk dikerjakan  peserta didik, kartu soal berisi pertanyaan sekitar negara-negara maju dan berkembang
4.   Menjelaskan aturan main cara mengerjakan CQCl
5.   Setiap peserta didik mengerjakan masing-masing kartu secara bergantian, hingga mampu menyelesaikan semua pertanyaan yang terdapat dalam kartu soal
6.   Memberikan penghargaan dan penilaian bagi siswa yang mengerjakan dengan cepat sesuai dengan urutan kecepatannya
7.   Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya ataupun mengungkapkan gagasan tentang negara-negara maju dan  berkembang
8.   Memantau dan membimbing siswa yang lemah, serta melakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
9.   Membuat  ringkasan sebagai bahan catatan siswa
1. Mengambil dan mengerjakan soal-soal yang terdapat pada kartu
2. Melaporkan hasil pekerjaan setelah selesai atau mencapai target yang ditetapkan
3. Mencatat materi yang ditulis di papan
4. Menjawab pertanyaan guru dan atau bertanya apabila belum jelas

Penutup
1.Mengucapkan terima kasih dan senang pada  siswa yang menduduki urutan 1- 10 dalam mengerjakan soal dan memotivasi siswa  yang belum dapat nilai dengan baik untuk lebih giat belajar.
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
III
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas, mempersiapkan peta negara-negara maju dan berkembang di papan tulis
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS dan atlas

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi  :   Tanya jawab tentang materi yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
2. Motivasi    :   Membacakan nilai aktivitas berdasarkan kecepatan dalam mengerjakan kartu soal
Memperhatiikan penjelasan dan menunjuikkan letak negara-negara maju dan berkembang pada peta yang terdapat di papan

Kegiatan inti
1.Menunjuk salah sesorang siswa membacakan indikator yang hendak dipelajari ( 12 – 15 ) tentang peta persebaran negara-negara maju dan berkembang dan faktor-faktor yang mendukung negara-negara maju
2.Membahas setiap pertanyaan yang terdapat pada kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
3. Mengajukan beberapa pertanyaan pada saat menjelaskan materi dan atau memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum jelas
4.Menyimpulkan hasil pembahasan
5. Memberikan penghargaan setiap siswa yang aktif menjawab ataupun bertanya.dalam bentuk nilai
1. Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru;
2. Memperhatikan penjelasan guru, menjawab pertanyaan,. bertanya dan mengajukan pendapat  secara bergantian
3. Mencatat materi yang ditulis di papan


Penutup
1. Ucapan terima kasih bagi siswa yang telah menjawab dan belajar dengan baik
2. Mengingatkan siswa agar belajar dengan baik untuk menghadapi ulangan harian
3.Memberikan tugas pekerjaan rumah
Menjawab pertanyaan guru atau bertanya apabila masih materi yang belum jelas.

Refleksi
……………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
IV
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1.   Apersepsi :  mempersiapkan soal ulangan harian
2.   Motivasi    :  menyampaikan harapan semoga dapat mengerjakan ulangan dengan baik
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian

Kegiatan inti
1. Membacakan soal ulangan harian
2. Mengawasi jalannya ulangan harian
3. Mencocokkan hasil ulangan harian untuk mengoreksi hasil ulangan harian
4. Memberikan penilaian ulangan harian
5. Memasukkan nilai ulangan harian
1. Menjawab soal ulangan harian
2. Mencocokkan hasil ulangan harian
3. Melaporkan hasil ulangan harian


Penutup
1. Memberikan penghargaan  dan rasa bangga pada siswa yang memperoleh nilai tertinggi
2. Memotivasi belajar lebih giat bagi siswa yang nilainya masih belum mencapai KKM untuk mengikuti ulangan remidi pada pertemuan yang akan datang
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
V
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1.   Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan ketekunan
2.   Mempersiapkan ulangan remidi bagi yang belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
Memperhatikan cetita dan penjelasan guru

Kegiatan inti
1. Memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi siswa yang telah mencapai KKM
1. Bertanya bagi siswa yang belum jelas
2. Mengajukan pendapat bagi yang bisa memberikan jawaban atas pertanyaan teman
3. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM
4. Mengerjakan soal-soal pengayaan

Penutup
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar
Mencatat tugas pekerjaan rumah

Refleksi
…………………………………………………..………………………………………………………………
…………………………………………………. ………………………………………………………………







F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Buku IPS Geografi untuk SMP Kelas 9
2.       Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3.       Achmad Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
4.       Anwar Kurnia, dkk, 2007, Sejarah 3 Untuk SMP Kelas IX, Yudistira, Jakarta
5.       Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1975, 30 Tahun Indonesia Merdeka,  PT Citra Lamtoro Gung Persada, Jakarta
6.       Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
7.       Matrohi, 2007, Sejarah 3 untuk SMP Kelas IX, Erlangga, Jakarta
8.       Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
9.       Wahyu Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
10.   Wubarsim SS, 2005. Pengetahuan sosial Sejarah 3, untuk Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.

G.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian:
a.       Tes Tulis.
b.       Tes Lesan ( tanya jawab )
c.        Penugasan
2.      Bentuk Instrumen
a.       Tes pilihan ganda
b.      Tes uraian.
3.      Soal/instrumen:
I.    Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.      Pertumbuhan penduduk tinggi, income perkapita rendah, SDM masih rendah, pendapatan negara ditopang oleh sektor agraris dan produksi bahan primer, merupakan ciri-ciri dari … 
a. negara berkembang,                                                           c. negara-negara kapitalis 
b. negara-negara maju                                                           d. negara industri
2.      Negara berkembang yang terdapat di benua Afrika adalah  ....
a. Arab Saudi                                                                           c. Cina, 
b. Mesir                                                                                      d. India.
3.      Sering dilanda badai tornado, menjadi pusat perfileman di dunia, dialiri oleh sungai Missisipi, markas besar PBB, merupakan karakter dari negara … ..
a. Amerika Serikat                                                                  c. Inggris
b. Canada                                                                                 d. Jepang
4.      Pertemuan arus kurusiwo dan oyasiwo sangat menguntungkan bagi negara ….
a. Jepang                                                                                   c. Korea Selatan
b. Cina                                                                                       d. Taiwan
5.      Mememiliki tembok raksasa, berasal dari ras Mongoloid, terdapat gurun Gobi adalah merupakan ciri dari negara ….
a. India                                                                                      c. Korea Utara
b. Jepang                                                                                   d. Cina
6.      Kebudayaan Hindu Buddha berasal dari  …..
a. India                                                                                      c. Korea Utara
b. Jepang                                                                                   d. Cina
7.      Negara di Asia Barat Daya yang menjalin kerja sama baik dengan Indonesia baik dalam penyaluran TKI maupun penyelenggaraan ibadah haji adalah …
a. Mesir                                                                                      c. Arab Saudi
b. Irak                                                                                        d. Kuwait
8.      Persebaran negara-negara maju banyak terdapat di ….
a. belahan bumi selatan                                                         c. bumi bagian timur
b. belahan bumi utara                                                            d. belahan bumi barat.
9.      Faktor yang tidak mendukung kemajuan negara Jepang  adalah 
a. memiliki semangat busido                                                c. memiliki etos kerja tinggi
b.banyak dijumpai batubara putih                                     d. sering dilanda angin tornado
10.  Tunjukan pada peta, negara maju di benua Asia  adalah 
a. India                                                                                      c. Jepang
b. Cina                                                                                       d. Taiwan

II.    Essay
11.  Sebutkan tiga ciri negara maju !
12.  Sebutkan 5 negara maju yg tergabung dalam organisasi G-8
13.  Sebutkan 3 kota industri di Inggris !
14.  Jelaskan bahwa Inggris dikenal sebagai pelopor negara maju di dunia !
15.  Sebutkan 3 negara di kawasan Amerika Latin yang terkenal persepakbolaannya !

Penugasan :
1.     Jelaskan bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Amerika Serikat !
2.     Jelaskan bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Jepang !
3.     Jelaskan bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Cina !
4.     Jelaskan bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Arab Saudi !
5.     Buatlah peta persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia !


KUNCI JAWABAN
I.    Pilihan Ganda :

1
A
3
A
5
D
7
C
9
D
2
B
4
A
6
A
8
B
10
A

II. Essay :
 11.         Ciri – ciri negara maju antara lain :
1.     Sektor pertanian dikembangkan dengan menggunakan teknologi modern
2.     Mayoritas penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa
3.     Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi ( cerdas, trampil, kreatif, inovatif, mandiri )
4.     Tingkat pendapatan tinggi/ income perkapita tinggi )
5.     Tingkat kemisikinan  dan angka pengangguran rendah
6.     Pertumbuhan penduduk dan angka kematian rendah
7.     Tingkat kesehatan dan harapan hidup tinggi
8.     Nilai mata uang tinggi
9.     Stabilitas nasional mantap
10. memiliki banyak pasar sebagai penjualan  hasil produksinya
12. Negara-negara maju yang tergabung dalam G-8 antara lain : Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Perancis, Russia, Jerman, Italia
13.  Kota-kota industri di Inggris antara lain : Birmingham, Shefield, Liverpool, Stutgard
14.  Inggris merupakan pelopor negara maju sebab berkembangnya industri pertama terjadi di Inggris, yaitu dengan terjadinya revolusi industri pada abad ke-8
15.  Brazilia, Argentina, Uruguai , Paraguai Peru, dan Chili

PEDOMAN  PENILAIAN :

No
Nama Siswa
PG
Skor Uraian
Uraian
Jml
Nilai
1









2









3









4









dst









PG                               : B x 5  Jika betul semua  skornya =   50
Uraian                 : B x 10         Jika betul semua  skornya =   50
Jumlah nilai                                                                    = 100

Mengetahui,                                                                  Bukateja, 15 Juli  2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. Fachrudin                                                              Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003                                      NIP. 19650820199512 0 1 001
Comments
0 Comments

No comments :