RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) I
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju
2. Mengidentifikasi ciri-ciri negara
berkembang
3. Menyebutkan 5 contoh negara maju
4. Menyebutkan 5 contoh negara berkembang
5. Memberikan alasan bahwa Inggris sebagai
pelopor negara-negara maju
6. Mendeskripsikan karakter Inggris sebagai
pelopor negara maju di dunia
7. Mendeskripsikan karakter negara Amerika
Serikat
8. Mendeskripsikan karakter negara Jepang
9. Menjelaskan karakter negara Cina
10. Menjelaskan karakter negara India
11. Menjelaskan karakter negara Arab Saudi
12. Membaca peta persebaran negara maju dan
negara berkembang
13. Menunjukkan
letak wilayah negara maju pada peta
14. Menganalisa faktor-faktor yang mendukung kemajuan negara Jepang
15. Menunjukkan
letak wilayah negara berkembang pada peta
B. Karakter yang Dapat Dikembangkan
1. Memiliki
keberanian berpendapat di muka umum (melalui tanya jawab)
2. Memiliki
semangat belajar dan pantang menyerah (melalui CQC)
3. Teliti
dalam bekerja (melalui pengamatan peta)
4. Memiliki
kemandirian kerja melalui CQC
5. Memiliki
wawasan luas tentang negara-negara maju dan negara-negara berkembang
6. Memiliki
rasa tanggung jawab melalui penugasan
C. Materi Pembelajaran
1. Kelompok negara maju
2. Kelompok negara berkembang
3. Karakter negara-negara maju
4. Karakter negara-berkembang
5. Letak dan wilayah negara maju dan
negara berkembang pada peta
D.
Metode Pembelajaran
1.
Penugasan
tentang Karakteristik beberapa negara maju dan negara berkembang
2.
CQC (
Collection of Question Card’s )
3.
Tanya
jawab
4.
Pengamatan
peta
5.
Penugasan
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
I
|
Pendahuluan
|
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
2. Membacakan rencana evaluasi selama satu semester yang
akan datang
|
1.Mempersiapkan alat dan buku pelajaran
IPS
2.Memperhatikan dan mencatat rencana
evaluasi selama satu semester
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1.
Meminta
siswa agar menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2.
Memberikan pretes dengan tanya jawab untuk mengetahui kemampuan awasl siswa
mengajak siswa untuk membuka atlas
|
1.
Menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2. Menjawab pertanyaan pretes dan mencari peta
dunia pada atlas
|
|||
Kegiatan inti
|
1.
Membacakan indikator 1-4 tentang ciri negara maju dan berkembang,
beserta karakteristiknya
2.
Meminta siswa untuk menunjuk letak negara-negara maju dan berkembang
secara bergantian
3.
Menjelaskan secara singkat materi 1-4 tentang ciri-ciri dan contoh
negara maju dan berkembang
4.
Mengajukan pertanyaan atau memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertannya tentang materi yang akan
dipelajari..
5.
Membahas materi yang pelajaran sesuai dengan indikator yang dibacakan
pada awal pembelajaran.
6.
Memberikan penilaian pada siswa yang aktif menjawab pertanyaan atau
bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami.
7.
Membuat ringkasan materi
|
1.
Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2.
Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3.
Menjawab petanyaan secara bergantian.
4.
Mencatat ringkasan
|
|||
Penutup
|
1.
Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.
Memberikan penilaian yang aktif menjawab maupun yang bertanya
|
Menjawab pertanyaan guru dan mengajukan pertanyaan tentang
materi yang belum jelas
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1.
Apersepsi
: Menceritakan tentang kemajuan
teknologi pada zaman sekarang
2.
Motivasi :
Menanyakan tentang arti pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi pada zaman sekarang.
|
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan dan menjawab pertanyaan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1.
Membacakan
indikator materi 5-11 tentang karakteristik
negara maju dan berkembang.
2.
menjelaskan
secara singkat tentang karakteristik negara maju dan berkembang
3.
Memberikan
kartu soal untuk dikerjakan peserta
didik, kartu soal berisi pertanyaan sekitar negara-negara maju dan berkembang
4.
Menjelaskan
aturan main cara mengerjakan CQCl
5.
Setiap
peserta didik mengerjakan masing-masing kartu secara bergantian, hingga mampu
menyelesaikan semua pertanyaan yang terdapat dalam kartu soal
6.
Memberikan
penghargaan dan penilaian bagi siswa yang mengerjakan dengan cepat sesuai dengan
urutan kecepatannya
7.
Memberikan
kesempatan peserta didik untuk bertanya ataupun mengungkapkan gagasan tentang
negara-negara maju dan berkembang
8.
Memantau
dan membimbing siswa yang lemah, serta melakukan pengamatan terhadap
aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
9. Membuat ringkasan sebagai bahan catatan siswa
|
1. Mengambil dan mengerjakan soal-soal
yang terdapat pada kartu
2. Melaporkan hasil pekerjaan setelah
selesai atau mencapai target yang ditetapkan
3. Mencatat materi yang ditulis di papan
4. Menjawab pertanyaan guru dan atau
bertanya apabila belum jelas
|
|||
Penutup
|
1.Mengucapkan terima kasih dan senang pada siswa yang menduduki urutan 1- 10 dalam
mengerjakan soal dan memotivasi siswa
yang belum dapat nilai dengan baik untuk lebih giat belajar.
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas, mempersiapkan peta
negara-negara maju dan berkembang di papan tulis
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS dan atlas
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi :
Tanya jawab tentang materi yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
2. Motivasi :
Membacakan nilai aktivitas berdasarkan kecepatan dalam mengerjakan
kartu soal
|
Memperhatiikan penjelasan dan menunjuikkan letak
negara-negara maju dan berkembang pada peta yang terdapat di papan
|
|||
Kegiatan inti
|
1.Menunjuk salah sesorang siswa
membacakan indikator yang hendak dipelajari ( 12 – 15 ) tentang peta
persebaran negara-negara maju dan berkembang dan faktor-faktor yang mendukung
negara-negara maju
2.Membahas setiap pertanyaan yang
terdapat pada kartu soal yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
3. Mengajukan beberapa pertanyaan pada
saat menjelaskan materi dan atau memberikan kesempatan bertanya bagi siswa
yang belum jelas
4.Menyimpulkan hasil pembahasan
5. Memberikan penghargaan setiap siswa
yang aktif menjawab ataupun bertanya.dalam bentuk nilai
|
1. Memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru;
2. Memperhatikan penjelasan guru,
menjawab pertanyaan,. bertanya dan mengajukan pendapat secara bergantian
3. Mencatat materi yang ditulis di papan
|
|||
Penutup
|
1. Ucapan terima kasih bagi siswa yang
telah menjawab dan belajar dengan baik
2. Mengingatkan siswa agar belajar
dengan baik untuk menghadapi ulangan harian
3.Memberikan tugas pekerjaan rumah
|
Menjawab pertanyaan guru atau bertanya apabila masih materi
yang belum jelas.
|
|||
Refleksi
|
……………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
IV
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : mempersiapkan soal ulangan harian
2. Motivasi :
menyampaikan harapan semoga dapat mengerjakan ulangan dengan baik
|
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian
|
|||
Kegiatan inti
|
1. Membacakan soal ulangan harian
2. Mengawasi jalannya ulangan harian
3. Mencocokkan hasil ulangan harian
untuk mengoreksi hasil ulangan harian
4. Memberikan penilaian ulangan harian
5. Memasukkan nilai ulangan harian
|
1. Menjawab soal ulangan harian
2. Mencocokkan hasil ulangan harian
3. Melaporkan hasil ulangan harian
|
|||
Penutup
|
1. Memberikan penghargaan dan rasa bangga pada siswa yang memperoleh
nilai tertinggi
2. Memotivasi belajar lebih giat bagi siswa
yang nilainya masih belum mencapai KKM untuk mengikuti ulangan remidi pada
pertemuan yang akan datang
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
|
||||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
||
V
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
|
||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan tentang
kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan ketekunan
2. Mempersiapkan ulangan remidi bagi yang
belum mencapai KKM dan bahan pengayaan bagi yang telah mencapai KKM
|
Memperhatikan cetita dan penjelasan guru
|
|||
Kegiatan inti
|
1. Memberikan kesempatan bertanya pada
siswa yang masih belum memahami materi yang telah dibahas pada pertemuan
sebelumnya
2. Menjelaskan materi yang belum jelas
atau kurang dipahami siswa
3. Melaksanakan ulangan remidi
4. Mencocokkan hasil ulangan remidi
5. Memberikan soal-soal pengayaan bagi
siswa yang telah mencapai KKM
|
1. Bertanya bagi siswa yang belum jelas
2. Mengajukan pendapat bagi yang bisa
memberikan jawaban atas pertanyaan teman
3. Mengerjakan ulangan remidi bagi siswa
yang belum mencapai KKM
4. Mengerjakan soal-soal pengayaan
|
|||
Penutup
|
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah
giat belajar
|
Mencatat tugas pekerjaan rumah
|
|||
Refleksi
|
…………………………………………………..………………………………………………………………
………………………………………………….
………………………………………………………………
|
||||
F.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
IPS Geografi untuk SMP Kelas 9
2. Abdi
Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
3. Achmad
Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya
Pembina Swajaya, Surabaya.
4. Anwar
Kurnia, dkk, 2007, Sejarah 3 Untuk SMP Kelas IX, Yudistira, Jakarta
5. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, 1975, 30 Tahun Indonesia Merdeka, PT Citra Lamtoro Gung Persada, Jakarta
6. Kateno,
dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
7. Matrohi,
2007, Sejarah 3 untuk SMP Kelas IX, Erlangga, Jakarta
8. Sutarto,
dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
9. Wahyu
Adji EP. Drs., 2005, Pengetahuan Sosial ekonomi, 3 untuk SMP Kelas IX, Aneka
Ilmu, Semarang.
10. Wubarsim
SS, 2005. Pengetahuan sosial Sejarah 3, untuk Kelas IX, Aneka Ilmu, Semarang.
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
c.
Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a.
Tes
pilihan ganda
b.
Tes
uraian.
3. Soal/instrumen:
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan
pernyataan yang benar !
1. Pertumbuhan penduduk tinggi, income
perkapita rendah, SDM masih rendah, pendapatan negara ditopang oleh sektor
agraris dan produksi bahan primer, merupakan ciri-ciri dari …
a. negara berkembang, c.
negara-negara kapitalis
b. negara-negara maju d.
negara industri
2. Negara berkembang yang terdapat di benua
Afrika adalah ....
a. Arab Saudi c.
Cina,
b. Mesir d.
India.
3. Sering dilanda badai tornado, menjadi pusat
perfileman di dunia, dialiri oleh sungai Missisipi, markas besar PBB, merupakan
karakter dari negara … ..
a. Amerika Serikat c.
Inggris
b. Canada d.
Jepang
4. Pertemuan arus kurusiwo dan oyasiwo sangat
menguntungkan bagi negara ….
a. Jepang c.
Korea Selatan
b. Cina d.
Taiwan
5. Mememiliki tembok raksasa, berasal dari ras
Mongoloid, terdapat gurun Gobi adalah merupakan ciri dari negara ….
a. India c.
Korea Utara
b. Jepang d.
Cina
6. Kebudayaan Hindu Buddha berasal dari …..
a. India c.
Korea Utara
b. Jepang d.
Cina
7. Negara di Asia Barat Daya yang menjalin
kerja sama baik dengan Indonesia baik dalam penyaluran TKI maupun
penyelenggaraan ibadah haji adalah …
a. Mesir c.
Arab Saudi
b. Irak d.
Kuwait
8. Persebaran negara-negara maju banyak
terdapat di ….
a. belahan bumi selatan c.
bumi bagian timur
b. belahan bumi utara d.
belahan bumi barat.
9. Faktor yang tidak mendukung kemajuan negara
Jepang adalah …
a. memiliki semangat busido c.
memiliki etos kerja tinggi
b.banyak dijumpai batubara putih d. sering
dilanda angin tornado
10. Tunjukan pada peta, negara maju di benua
Asia adalah
a. India c. Jepang
b. Cina d.
Taiwan
II. Essay
11. Sebutkan tiga ciri negara maju !
12. Sebutkan 5 negara maju yg tergabung dalam
organisasi G-8
13. Sebutkan 3 kota industri di Inggris !
14. Jelaskan bahwa Inggris dikenal sebagai
pelopor negara maju di dunia !
15. Sebutkan 3 negara di kawasan Amerika Latin
yang terkenal persepakbolaannya !
Penugasan :
1. Jelaskan
bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Amerika Serikat !
2. Jelaskan
bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Jepang !
3. Jelaskan
bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Cina !
4. Jelaskan
bentuk-bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Arab Saudi !
5. Buatlah peta persebaran
negara-negara maju dan negara-negara berkembang yang memiliki hubungan baik
dengan Indonesia !
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan
Ganda :
1
|
A
|
3
|
A
|
5
|
D
|
7
|
C
|
9
|
D
|
2
|
B
|
4
|
A
|
6
|
A
|
8
|
B
|
10
|
A
|
II. Essay :
11. Ciri – ciri negara maju
antara lain :
1. Sektor pertanian dikembangkan dengan menggunakan teknologi modern
2. Mayoritas penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa
3. Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi ( cerdas, trampil, kreatif, inovatif, mandiri )
4. Tingkat pendapatan tinggi/ income perkapita tinggi )
5. Tingkat kemisikinan dan angka pengangguran rendah
6. Pertumbuhan penduduk dan angka kematian rendah
7. Tingkat kesehatan dan harapan hidup tinggi
8. Nilai mata uang tinggi
9. Stabilitas nasional mantap
10. memiliki banyak pasar sebagai penjualan hasil produksinya
1. Sektor pertanian dikembangkan dengan menggunakan teknologi modern
2. Mayoritas penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa
3. Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi ( cerdas, trampil, kreatif, inovatif, mandiri )
4. Tingkat pendapatan tinggi/ income perkapita tinggi )
5. Tingkat kemisikinan dan angka pengangguran rendah
6. Pertumbuhan penduduk dan angka kematian rendah
7. Tingkat kesehatan dan harapan hidup tinggi
8. Nilai mata uang tinggi
9. Stabilitas nasional mantap
10. memiliki banyak pasar sebagai penjualan hasil produksinya
12. Negara-negara maju yang tergabung dalam G-8
antara lain : Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Perancis, Russia,
Jerman, Italia
13. Kota-kota industri di Inggris antara lain :
Birmingham, Shefield, Liverpool, Stutgard
14. Inggris merupakan pelopor negara maju sebab
berkembangnya industri pertama terjadi di Inggris, yaitu dengan terjadinya
revolusi industri pada abad ke-8
15. Brazilia, Argentina, Uruguai , Paraguai Peru, dan Chili
PEDOMAN PENILAIAN :
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
|
|||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
dst
|
PG :
B x 5 Jika betul semua skornya =
50
Uraian :
B x 10 Jika betul semua skornya =
50
Jumlah nilai = 100
Mengetahui, Bukateja,
15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru Mata
Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs.
Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP.
19650820199512 0 1 001