BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MEMBUAT EVALUASI DIGITAL BAGIAN 2

B. Susunan Lembar Kerja Evaluasi Digital
     Untuk mempermudah memahami langkah kerja proses pembuatan Evaluasi Digital perlu dipersiapkan terlebih dulu lembar kerja yang akan digunakan pada MS Office Excel, antara  lain:
  1. Sheet Login untuk Guru
  2. Sheet Login untuk Siswa ( Form Imput)
  3. Sheet Guru
  4. Sheet Data Siswa & Daftar Nilai
  5. Sheet PErtanyaan, Kunci Jawaban beserta pembahasannya
  6. Sheet Uji Kompetensi (lembar soal) sebanyak 20 lembar untuk 20 nomor pilihan ganda
  7. Sheet Nilai / Prestasi hasil belajar
  8. Sheet Database
  9. Sheet Laporan Nilai kepada orang tua / Penghargaan
  10.  Sheet Analisis nilai Ulangan harian / Evaluasi
  11. Sheet Latihan
  12. Sheet Pembahasan. 
Gambar 1
C.  Langkah-langkah Menyusun Evaluasi Digital
          Mengingat banyaknya lembar kerja (sheet) yang harus disediakan , penulis akan membahas satu persatu teknik /langkah-langkah cara menyusu lembar kerja  Evaluasi Digital, sehingga tersusun  sebuah paket evaluasi yang terdiri dari lembar Login, Editing Soal, sistem penilaian, dan  analisis nilai ulangan harian.
1.  Sheet Login Guru
Sheet tersebut hanyak untuk guru yang bersangkutan. Beberapa bagian yang perlu ada login guru adalah tombol Home, dan tombol Link Guru. Agar tidak dibuka oleh user/ siswa maka Link Gur ditutup dengan shape atau image (gambarkunci "2", kemudian dipassword (gambar 1)

2.  Sheet Guru
Sheet tersebut berisi identitas guru dan sekolah, informasi , dan petunjuk penggunaan, serta daftar kelas yang diampu. Identitas guru berisi tentang guru mata pelajaran, kepala sekolah, Waka Kurikulum (apabila diperlukan), nama sekolah, mata pelajaran, dan seterusnya. Halam ini dilengkapi dengan tombol-tombol navigasi untuk mempermudah guru melakukan pengeditan dan pengecekan. Tombol yang diperlukan antara lain: menu (halaman utama) /Form Imput Login Siswa), database, data siswa, edit soal, soal latihan, uji kompetensi, pembahasan, hasil evaluasi, penghargan, dan tombol EXIT.
Kelas yang diampu perlu diisikan langsung pada halaman informasi dan petunjuk penggunaan. Dengan menuliskan identitas dan kelas pada sheet guru, maka tidak perlu menulis ulang di bagian lain.

Langkah penyusunan adalah sebagai berikut :
1. Atur lebar masing-masing kolom ban baris (raw) :
    A = 8,43 pixels                               J  = 5,57 pixels
    B = 3,14 pixels                              K  = 23,43 pixels
    C = 19,57 pixels                            L  = 8,43 pixels
    D = 33,43 pixels                            M = 8,43 pixels
    E =  3 pixels                                   N = 8,43 pixels
    F =  4,14 pixels                              O = 8,43 pixels
    G = 19,57 pixels                             P = 8,43 pixels
    H = 8,43 pixels                               Q = 8,43 pixels
     I =  8, 43 pixels                      

2. Tulislah teks sebelah kiri pada kolom (C6:D24) dan teks sebelah kanan pada kolom (D6:D24)
3. Buatlah tombol link dengan cara Insert-Shapes-Raounded Rictangle-Fill Color (pilih picture)
4. Buatlah link masing-masing tombol, caranya : Insert-Hyperlink-Place in this document:
    (1) Link Home           = Form Imput (A1)
    (2) Link Database      = Database (A1)
    (3) Data Siswa           = Data Siswa & Daftar Nilai (A1)
    (4) Edit Soal              = Soal (A1)
    (5) Uji Kompetensi   = (Form Imput (A1)
    (6) Hasil Evaluasi     = Nilai Anda (A1)
    (7) Penghargaan       =  Penghargaan (A1)
    (8) Exit                     =  Masuk guru (A1)
5. Buatlah tomol link di luar file dengan cara Insert-Hyperlink-Exiting File or Web Page
    (1) Latihan Soal       : Evaluasi Digital.xlsm
    (2) Pembahasan Materi  Evaluasi Digital Latihan. xlsm. 
6. Buatlah kolom kelas pada kolom (N30:N50)
7. Agar dapat diedit oleh user maka lepaskan tanda ceklis (locked) pada kolom (D6:D24) dan (N30:N50). CAranya klik: Home-Format-Format Cell-Protection-Locked-hilangkan tanda ceklis (V) !8. Agar terlihat rapi maka buatlah frame dengan cara klik Insert-Shapes-frame. Atur panjand dan lebar pada (A1:N28), serta atur pula warna dan garis tepinya sehingga terlihat menarik.
       Demikian Langkah pembuatan aplikasi Evaluasi Digital pada bagian kedua. Setelah memahami langkah tersebut silahkan  baca selanjutnya Evaluasi Digital Bagian 3
Comments
0 Comments