Pada bagian 3 akan kita bahas tentang login Siswa, yaitu lembar kerja yang digunakan oleh siswa untuk memasukkan namanya sehingga dapat mengerjakan evaluasi. Lembar kerja (sheet) ini didesain sedemikian rupa untuk mempermudah siswa dalam memasukkan data dirinya sesuai dengan database yang telah dimasukkan oleh guru.
Pada sampel nama sheet login siswa adalah Form Imput, maksudnya adalah hasil pekerjaan siswa atau nilai yang diimput ke daftar nilai melalui lembar tersebut. sehingga meskipun tampilan sederhana tetapi banyak fungsi excel yang ada di dalamnya. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
3. Sheet Login Siswa & FormImput Pada sampel nama sheet login siswa adalah Form Imput, maksudnya adalah hasil pekerjaan siswa atau nilai yang diimput ke daftar nilai melalui lembar tersebut. sehingga meskipun tampilan sederhana tetapi banyak fungsi excel yang ada di dalamnya. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
Halaman ini memuat beberapa hal, antara lain :
a. kotak login siswa
b. petunjuk mengerjakan
c. beberapa tombol menu (guru, latihan, pembahasan, penghargaan, start)
d. imput nilai (di balik gambar)
e. pengatur waktu (timer/countdown)
Langkah pembuatan :
a. Atur masing-masing lebar kolom sebagai berikut :
A = 30,14 pixels
B = 15,57 pixels
C = 41 pixels
D = 17,57 pixels
E = 8,43 pixels
F = 8,43 pixels
G = 12,14 pixels
H - M = 8,43 pixels
N = 11,43 pixels
O - T = 8,43
Atur tinggi baris (row) :
row 1 = 82,25 pixels
row 2 - 6 = 82,25 pixels
row 7 - 24 = 82,25 pixels
row 25 = 82,25 pixels
row 26-50 = 82,25 pixels
ukuran tersebut bersifat relatif ( menyesuaikan kebutuhan)
b. Kotak Login :
Insert-Shapes-Rectangle 1 (gambar 4)
Ketik Cell(B1-B5) masing-masing : Tanggal, nomor induk, nama siswa, no. absen, kelas)
Ketik Cell (B6) : Nilai
Ketik Cell (B7): S1, (B2):S2, dan seterusnya hingga sampai (B26): S20. Cell-cell tersebut untuk menampung nilai sementara sebelum diimput ke dalam database. ditulisnya S1 s.d S20 menunjukkan bahwa soal yang akan dikerjakan siswa terdiri dari 20 soal. Bentuk soal adalah pilihan ganda. Langkah berikutnya adalah masukkan rumus Excel pada masing-masing Cell :
(C6) =SUM(C7:C26) unuk menampung nilai keseluruhan, sedangkan berikutya adalah untuk menampung skor masing-masing nomor soal sebagai berikut :
(C7) =IF(OR(S1!$F$21=Soal!$H4;S1!$F$60=Soal!$H4;S1!$F$100=Soal!$H4;S1!$F$141=Soal!$H4);5;0)
(C8) =IF(OR(S2!$F$21=Soal!$H10;S2!$F$61=Soal!$H10;S2!$F$100=Soal!$H10;S2!$F$141=Soal!$H10);5;0)
(C9) =IF(OR(S3!$F$21=Soal!$H16;S3!$F$61=Soal!$H16;S3!$F$100=Soal!$H16;S3!$F$141=Soal!$H16);5;0)
(C10) =IF(OR(S4!$F$21=Soal!$H22;S4!$F$61=Soal!$H22;S4!$F$100=Soal!$H22;S4!$F$141=Soal!$H22);5;0)
(C11) =IF(OR(S5!$F$21=Soal!$H28;S5!$F$61=Soal!$H28;S5!$F$100=Soal!$H28;S5!$F$141=Soal!$H28);5;0)
(C12) =IF(OR(S6!$F$21=Soal!$H34;S6!$F$61=Soal!$H34;S6!$F$100=Soal!$H34;S6!$F$141=Soal!$H34);5;0)
(C13) =IF(OR(S7!$F$21=Soal!$H40;S7!$F$61=Soal!$H40;S7!$F$100=Soal!$H40;S7!$F$141=Soal!$H40);5;0)
(C14) =IF(OR(S8!$F$21=Soal!$H46;S8!$F$61=Soal!$H46;S8!$F$100=Soal!$H46;S8!$F$141=Soal!$H46);5;0)(C15) =IF(OR(S9!$F$21=Soal!$H52;S9!$F$61=Soal!$H52;S9!$F$100=Soal!$H52;S9!$F$141=Soal!$H52);5;0)
(C16) =IF(OR(S10!$F$21=Soal!$H58;S10!$F$61=Soal!$H58;S10!$F$100=Soal!$H58;S10!$F$141=Soal!$H58);5;0)
(C17) =IF(OR(S11!$F$21=Soal!$H64;S11!$F$61=Soal!$H64;S11!$F$100=Soal!$H64;S11!$F$141=Soal!$H64);5;0)
(C18) =IF(OR(S12!$F$21=Soal!$H70;S12!$F$61=Soal!$H70;S12!$F$100=Soal!$H70;S12!$F$141=Soal!$H70);5;0)
(C19) =IF(OR(S13!$F$21=Soal!$H76;S13!$F$61=Soal!$H76;S13!$F$100=Soal!$H76;S13!$F$141=Soal!$H76);5;0)
(C20) =IF(OR(S14!$F$21=Soal!$H82;S14!$F$61=Soal!$H82;S14!$F$100=Soal!$H82;S14!$F$141=Soal!$H82);5;0)
(C21) =IF(OR(S15!$F$21=Soal!$H88;S1!$F$61=Soal!$H88;S1!$F$100=Soal!$H88;S1!$F$141=Soal!$H88);5;0)
(C22) =IF(OR(S16!$F$21=Soal!$H94;S16!$F$61=Soal!$H94S16!$F$100=Soal!$H94;S16!$F$141=Soal!$H94);5;0)
(C23) =IF(OR(S17!$F$21=Soal!$H100;S17!$F$61=Soal!$H100;S17!$F$100=Soal!$H100;S17!$F$141=Soal!$H100);5;0)
(C24) =IF(OR(S18!$F$21=Soal!$H106;S18!$F$61=Soal!$H106;S18!$F$100=Soal!$H106;S18!$F$141=Soal!$H106);5;0)
(C25) =IF(OR(S19!$F$21=Soal!$H112;S19!$F$61=Soal!$H112;S19!$F$100=Soal!$H112;S19!$F$141=Soal!$H112);5;0)
(C26) =IF(OR(S20!$F$21=Soal!$H118;S20!$F$61=Soal!$H118;S20!$F$100=Soal!$H118;S20!$F$141=Soal!$H118);5;0)
Tutuplah Cell (B6-B26) dengan gambar, caranya : Insert-Shapes-rectangle 2-Format-Shaesfill-Picture (Gambar 4).
Dengan ditutupnya cell-cell tersebut bertujuan agar skor dan nilai yang akan diimput ke database tidak terlihat oleh siswa.
Login Siswa tersebut berfungsi untuk :
1) sebagai halaman login bagi siswa
2) tempat untuk mentransfer nilai dari lembar uji kompetensi
3) penyimpanan nilai sementara sebelum disimpan.
Rumus fungsi excel yang diperlukan :
Untuk mendukng fungsi tersebut maka hubungkan Cell (C2) dengan sheet Data Siswa, caranya : Klik Data-Data Validasi-seting-allow:list;source:=Datasiswa!$A$10:$A$514 (angka 514 maksudnya bahwa tempat untuk mengimput nilai sebanyak 514 baris atau lebih banyak dari jumlah siswa yang akan mengikuti uji kompetensi).
Tambahkan petunjuk (copixelesent) pada Cell (C2)"MASUKKAN NOMOR INDUK ANDA DI SINI !", caranya : klik kanan-insert copixelsent. untuk memunculkan nama, nomor absen, dan kelas maka masukkan rumus (fungsi) excel berikut :
Cell(C3)
=IFERROR(VLOOKP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;2;FALSE);"")
Cell(C4)
=IFERROR(VLOOKP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;3;FALSE);"")
Cell(C5)
=IFERROR(VLOOKP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;4;FALSE);"")
Fungsi excel tersebut untuk memasukkan nama, nomor absen, dan kelas yang terdapat pada Data Siswa. Sehingga apabila diketik nomor induknya maka secara otomatis Cell(3) muncul nama siswa, (C4) munul nomor absen, dan (C5) muncul nama kelas siswa yang bersangkutan.
c. Buat Frame
Dibuatnya frame (bingkai) bermaksud agar halaman login terlihat sistematis, praktis dan mudah dipahami oleh user. langkah-langkahnya adalah : Klik Format-Shapes fill-Insert-Shapes-frame. sehingga akan terlihat gambar 4. Untuk mempercantik tampilan login siswa terserah anda !
Demikianlah langkah pembuatan Evaluasi , selanjutnya dapat anda baca langkah berikutnya adalah (Evalusi Digital Bagian 4).