BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA (1009-1042 M)

Indonesia pernah mengalami kejayaan pada masa lampau, kejayaan tersebut tidak lepas dari keberanian dan ketangguhan nenek moyang bangsa Indonesia. Peninggalan-peninggalan seperti prasasti, candi dan bukti sejarah lainnya menunjukkan bahwa dahulu Indonesia merupakan bangsa yang besar, dihormati oleh bangsa-bangsa lain di dunia.
Berdasarkan prasasti yang ditemukan bahwa kerajaan Hindu
Budha di Indonesia telah berkembang sejak zaman kerajaan Kutai. Bangunan-bangunan candi menunjukkan bangsa Indonesia telah mahir di bidang arsitektur dan seni. Pada masa itulah Indonesia sebenarnya telah mengalami zaman keemasan. Kejayaan kerajaan Hindu Budha mengalami puncaknya pada masa kerajaan Majapahit dibawah kepemimpinan Hayam Wuruk dan Gajah Mada.  Namun setelah itu kejayaan kerajaan Hindu Buddha mengalami keruntuhan. Kekuasaan bergeser setelah masuknya pengaruh Islam di Indonesia. Setelah berdirinya kerajaan Demak di Jawa Tengah maka tidak lagi terdengar tentang keberadaan kerajaan Majapahit.
      Kerajaan-kerajaan Hindu Buddha yang pernah mengalami kejayaan di Indonesia antara lain :
  1. kerajaan Kutai
  2. kerajaan Tarumanegara
  3. kerajaan Kaling
  4. kerajaan Sriwijaya
  5. kerajaan Mataram Kuno
  6. kerajaan Medang Kamulan
  7. kerajaan Kahuripan
  8. kerajaan Kediri
  9. kerajaan Singasari
  10. kerajaan Majapahit
  11. kerajaan Pajajaran
  12. kerajaan Gajayana
  13. kerajaan Bali
Kerajaan-kerajaan tersebut kini tinggal kenangan meskipun demikian karya-karyanya perlu mendapatkan sanjungan.  Kalau saja bangsa Indonesia mau bekerja keras, peduli terhadap kepentingan bangsa dan negara, maka tidak mustahil bahwa bangsa Indonesia kelak akan menjadi bangsa yang maju.
Comments
0 Comments