BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

BOROBUDUR MAHAKARYA NENEK MOYANG

    Salah satu kebanggaan bangsa Indonesia yang telah dipersembahkan nenek moyang adalah bangunan megah yang berupa stupa/ candi, yaitu candi Borobudur. Dunia internasional telah mengakui bahwa candi tersebut digolongkan sebagai bangunan bersejarah yang tergolong keajaiban dunia.  Apabila dilihat dari strutur dan konstruksi bangunan mungkin seperti bangunan biasa lainnya. Namun apabila menengok jauh ke belakang, sejarah Indonesia kuno sangatlah mengagumkan karena pada saat itu keadaan bangsa Indonesia sama sekali belum mengenal teknologi modern seperti sekarang ini, belum memiliki peralatan canggih seperti sekarang. Tetapi mampu mencipkatan karya-karya besar seperti candi Borobudur dan candi lainnya.

     Semestinya menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi generasi sekarang. Nenek moyang kita dengan keterbatasan teknologi dan masih jauh dari teknologi modern saja mampu menciptakan sebuah peradaban besar, mengapa kita yang hidup di zaman penuh dengan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak mampu menciptakan karya besar seperti yang dipersembahkan nenek moyang. bahkan hanya disibukkan dengan mengkonsumsi teknologi modern saja yang menguntungkan bagi negara-negara produsen.  Mampukah bangsa kita mengulang kejayaan masa lalu ? atau hanya sekedar menjadi bangsa penikmat yang menguntungkan bangsa lain ? tentu saja hal itu tidak kita harapkan.
      Semoga dengan sekelumit tulisan ini dapat menyadarkan kita bersama untuk kembali menjadi bangsa yang besar, bangsa yang beradab memiliki kemampuan yang setara dengan negara-negara mau.Adapun peradaban yang telah dipersembahkan nenek moyang kita lestarikan dan kita selamatkan, jangan sampai mengalami kerusakan,
Penulis mencoba membuat replika bangunan tersebut menggunakan blender animation, hal itupun tidak mudah.Berikut videonya :


Comments
0 Comments