10. Analisis Nilai Ulangan Harian (Evaluasi)
b. Bagian Tubuh, yang terdiri dari :
Dengan adanya lembar kerja tersebut maka guru tidak perlu lagi menganalisis nilai ulangan harian, karena baik nilai maupun skor masing-masing nomor soal telah dimunculkan semua. Ada beberapa bagian dalam penyusunan Analisis Nilai Ulangan Harian, antara lain :
a. Bagian Kepala, terdiri dari :- Judul
- Nama Mata Pelajaran
- Kompetensi Dasar (KD)
- Kelas
- Tahun Pelajaran
- Jumlah siswa dalam kelas bersangkutan
- Peserta yang ikut dalam kelas bersangkutan
- Peserta yang tidak ikut dalam kelas bersangkutan
- Jenis soal (tulis Pilihan Ganda (PG)
- Skor (tulis skor untuk setiap nomor soal !)
- KKM (tulis KKM yang diinginkan !)
- No : = IF(C9="";"";AB9)
- Kelas : = IFERROR(VLOOKUP($C9;DataSiswa!$B$10:$F$514;2;FALSE);""))
- Nama Siswa :
- =IF($D$5=$AC$8;AC9;IF($D$5=$AD$8;AD9;IF($D$5=$AE$8;AE9;IF($D$5=$AF$8;AF9;IF($D$5=$AG$8;AG9;IF($D$5=$AH$8;AH9;IF($D$5=$AI$8;AI9;IF($D$5=$AJ$8;AJ9;IF($D$5=$AK$8;AK9;IF($D$5=$AL$8;AL9;IF($D$5=$AM$8;AM9;IF($D$5=$AN$8;AN9;""))))))))))))
- Skor no. 1 : =IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,10,FALSE),"")- Skor no. 2 : =IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,11,FALSE),"")- Skor no. 3 : =IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,12,FALSE),"")- Skor no. 4 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,13,FALSE),"")- Skor no. 5 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,14,FALSE),"")- Skor no. 6 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,15,FALSE),"")- Skor no. 7 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,16,FALSE),"")- Skor no. 8 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,17,FALSE),"")- Skor no. 9 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,18,FALSE),"")- Skor no. 10 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,19,FALSE),"")- Skor no. 11 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,20,FALSE),"")- Skor no. 12 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,21,FALSE),"")- Skor no. 13 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,22,FALSE),"")- Skor no. 14 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,23,FALSE),"")- Skor no. 15 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,24,FALSE),"")- Skor no. 16 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,25,FALSE),"")- Skor no. 17 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,26,FALSE),"")- Skor no. 18 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,27,FALSE),"")- Skor no. 19 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,28,FALSE),"")- Skor no. 20 :=IFERROR(VLOOKUP($C9,Database!$B$7:$AF$514,29,FALSE),"")- NH : =SUM(D9:W9)- Ketuntasan : =IF(X9=0;"";IF(X9<70 span="">;"bl.tts";"tuntas"))70>- Remidial : =IF(X9=0;"";IF(X9<70 span="">;70;""))70>- Jumlah : =SUM(D9:D47) copykan ke nomor 2-20- Rerata : =IFERROR(AVERAGE(D9:D47);"") copy ke nomor 2-20- Ketercapaian : =SUM(D9:D47)*100/$U$3/5- Ketuntasan butir soal : =IF(D50>=70;"Tts";"BlmTts")- Jumlah siswa yang tuntas : =COUNTIF(Y9:Y47;"tuntas")- Jumlah siswa yang belum tuntas : =COUNTIF(Y9:Y47;"bl.tts")- Jumlah siswa yang remedial : =COUNTIF(Y9:Y47;"bl.tts")
- Banyaknya siswa yang belum tuntas
- Materi Remidial
- Materi Pengayaan
- Jumlah Siswa yang tuntas : = Y48
- Jumlah siswa yang belum tuntas = Y49
- Jumlah siswa yang remidial : =COUNTIF(D51:W51,"Tts")
- Jumlah siswa yang tuntas belajar : =COUNTIF(D51:W51,"Tts")
- Nilai tertinggi : =MAX(X9:X47)
- Niliai terendah : =MIN(X9:X47)
- Nilai rata-rata : =AVERAGE(X9:X47)
- Standar Deviasi : =STDEV(X9:X47)
- Siswa yang mendapat nilai tertinggi :
1. Judul kolom dengan fungsi Excel masing-masing :
- Cell (“AC8”) : =Guru!$N$31
- Cell (“AD8”) : =Guru!$N$32
- Cell (“AE8”) : =Guru!$N$33
- Cell (“AF8”) : =Guru!$N$34
- Cell (“AG8”) : =Guru!$N$35
- Cell (“AH8”) : =Guru!$N$36
- Cell (“AI8”) : =Guru!$N$37
- Cell (“AJ8”) : =Guru!$N$38
- Cell (“AK8”) : =Guru!$N$39
- Cell (“AL8”) : =Guru!$N$40
- Cell (“AM8”) : =Guru!$N$41
- Cell (“AN8”) : =Guru!$N$42
Pengisian kolom tersebut tergantung dari banyaknya kelas yang diampu.2. Masukkan fungsi excel masing-masing kolom agar terhubung dengan Data Siswa :
- Cell("AC9") : =IF(DataSiswa!$B10="";"";DataSiswa!$B10)
- Cell("AD9") : =IF(DataSiswa!$B51="";"";DataSiswa!$B51)
- Cell("AE9") : =IF(DataSiswa!$B93="";"";DataSiswa!$B93)
- Cell("AF9") : =IF(DataSiswa!$B135="";"";DataSiswa!$B135)
- Cell("AG9") : =IF(DataSiswa!$B177="";"";DataSiswa!$B177)
- Cell("AH9") : =IF(DataSiswa!$B219="";"";DataSiswa!$B219)
- Cell("AI9") : =IF(DataSiswa!$B261="";"";DataSiswa!$B261)
- Cell("AJ9") : =IF(DataSiswa!$B302="";"";DataSiswa!$B302)
- Cell("AK9") : =IF(DataSiswa!$B344="";"";DataSiswa!$B344)
- Cell("AL9") : =IF(DataSiswa!$B386="";"";DataSiswa!$B386)
- Cell("AM9") : =IF(DataSiswa!$B428="";"";DataSiswa!$B428)
- Cell("AN9") : =IF(DataSiswa!$B470="";"";DataSiswa!$B470)
Demikianlah uraian Cara membuat Evaluasi Digital Bagian 10, tentang Analisis Nilai Ulangan Harian, sehingga dengan memanfaatkan perangkat tersebut guru tidak perlu lagi menganalisis nilai ulangan harian siswa secara manual, karena telah dilaksanakan secara otomatis oleh aplikasi tersebut. Aplikasi inilah yang sanagat membantu perkerjaan guru, karena pekerjaan inilah sebenarnya yang sangat membebani guru. Tidak hanya cukup itu, masih ada hal yang penting tentang pembahasan materi, ikuti selanjutnya pada. Evaluasi Digital Bagian 11. Next .........