SMP/MTs
|
:
|
SMP Negeri 2 Bukateja
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / 1 ( gasal )
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2013/2014
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Mendeskripsikan perubahan sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
1. Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya perubahan dalam masyarakat
3. Mendeskripsikan penyebab perubahan sosial budaya
5. Mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk integrasi sosial
6. Membedakan masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5 pertemuan ( 10 X40 menit)
|
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial menurut Selo Sumarjan
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan dalam masyarakat
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat perubahan sosial budaya.
4. Mendeskripsikan faktor internal penyebab perubahan sosial budaya
5. Mendeskripsikan faktor external penyebab perubahan sosial budaya
6. Mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam
7. Mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari luar
8. Memberi contoh perubahan sosial yang pengaruhnya besar terhadap kehidupan masyarakat
9. Memberi contoh perubahan sosial yang pengaruhnya kecil terhadap kehidupan masyarakat
10. Memberi contoh perubahan sosial yang tidak direncanakan ( unplaned change )
11. Mendeskripsikan pengertian integrasi sosial
12. Mendeskripsikan tentang assimilasi, akulturasi, dan difusi
13. Menemukan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya disintegrasi sosial dalam masyarakat
14. Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat modern ( perkotaan )
15. Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat tradisional ( pedesaan )
B. Karakter yang Dapat Dikembangkan
1. Sanggup belajar giat agar dapat melakukan perubahan sosial dalam masyarakat
2. Konsentrasi kerja (belajar) melalui ceramah bervariasi
3. Keberanian berpendapat di muka umum melalui diskusi dan tanya jawab
4. Tanggung jawab kerja melalui penugasan
5. Kepedulian terhadap linkungan melalui penguasaan materi
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian perubahan sosial
2. Faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya Perubahan sosial
3. Faktor penyebab perubahan sosial budaya
4. Penyebab terjadinya perubahan sosial
5. Pengertian dan bentuk integrasi sosial
6. Masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
D. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Penugasan
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
| ||
I
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
| ||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Meminta siswa agar menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2. Memberikan pretes untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang akan dipelajari dengan tanya jawab
|
1. Menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2. Menjawab pertanyaan pretes
| |||
Kegiatan inti
|
1. Membacakan indikator 1-15 pengertian perubahan sosial budaya manurut Selo Sumarjan, sampai dengan ciri-ciri masyarakat tradisional
2. Siswa dibagi 2 kali 4 kelompok masalah ( 8 kelompok), setiap 2 kelompok membahasa masalah yang
a. Setiap kelompok diberi tugas untuk membahas materi yang telah ditentukan , tentang :
b. Kelompok 1 & 5 : Pengertian dan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya, faktor penghambat, penyebab intern terjadinya perubahan sosial budaya
c. Kelompok 2 & 6 :Faktor eksternal penyebab perubahan sosial budaya, contoh penyebab peruubahan sosial dari dalam dan dari luar serta, serta perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar
d. Kelompok 3 & 7 :Perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil, perubahan sosial yang tidak direncanakakn
e. Kelompok 4 & 8 : Integrasi sosial, asimilasi, akulturasi,difusi, langkah-langkah mencegah tejadinya disintegrasi sosial, ciri-ciri masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
1. Setiap kelompok mempelajari buku sumber dan merumuskan jawaban dalam bentuk presentasi.
2. Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
3. Membuat ringkasan sebagai bahan catatan siswa
|
1. Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2. Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3. Masing-masing kelompok membahas masalah yang telah ditetapkan oleh guru
4. Menyusun laporan hasil kerja kelompok
5. Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
6. Melaksanakan kegiatan diskusi kelas ( bertanya, menjawab, dan memberikan sanggahan apabila memiliki pendapat yang berbeda dengan lainnya.
7. Mencatat kesimpulan yang telah ditulis guru di papan tulis.
| |||
Penutup
|
1. Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2. Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
|
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
| |||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
| ||||
II
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
| ||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menanyakan apakah sudah memahami tentang perubahan sosial dalam masyarakat
2. Motivasi : Ucapan terima kasih kepad siswa yang telah mengerjakan tugas:
|
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan guru
| |||
Kegiatan inti
|
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan siswa di rumah
2. Ceramah dipadukan dengan tanya jawab dan membuat catatan ringkas tentang :
- Pengertian perubahan sosial budaya menurut sosiolog Selo Sumarjan
- Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial
- Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial
- Faktor penghambat terjadinya perubahan sosial
- Contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan masyarakat
|
1. Membahas dan melaporkan tugas pekerjaan rumah
2. Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian, faktor pendorong, penghambat , dan penyebab serta contoh perubahan sosial di lingkungan masyarakat
| |||
Penutup
|
1. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai umpan balik
2. Memotivasi siswa agar giat belajar untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang akan datang.
|
Menjawab pertanyaan guru dan memperhatikan penjelasan guru
| |||
Refleksi
|
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
| ||||
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
| ||
III
|
Pendahuluan
|
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
|
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS
| ||
Apersepsi dan motivasi
|
1. Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Memberikan harapan pada siswa semoga dapat mengerjakan ulangan harian dengan baik dan jujur.
|
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian
| |||
Kegiatan inti
|
1. Membacakan soal ulangan harian
2. Mengawasi siswa dalam mengerjakan ulangan harian
3. Membahas ulangan harian sekaligus koreksi bersama
4. Mencocokkan hasil ulangan harian
5. Memasukkan nilai ulangan harian ke daftar nilai
|
1. Mengerjakan soal ulangan harian
2. Mengoreksi pekerjaan milik teman saat pembahasan soal
3. Melaporkan hasil koreksi
| |||
Penutup
|
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan remidi pada pertemuan yang akan datang
|
Memperhatikan penjelasan guru
| |||
Refleksi
|
…………………………………………………..……………………………………………………………
| ||||
F. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta Wilayah Indonesia
2. Foto kehidupan masyarakat di daerah pedesaan
3. Foto kehidupan masyarakat di daerah perkotaan
4. Diktat / ringkasan
5. Buku IPS Geografi untuk SMP Kelas 9
6. Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
7. Achmad Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
8. Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
9. Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )
2. Bentuk Instrumen
a. Tes pilihan ganda
b. Tes uraian.
3. Soal/instrumen:
I. Pilihan Ganda :
Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1. Pernyataan berikut di bawah ini merupakan faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial, kecuali : .....
a. kontak dengan Kebudayaan lain c. terbuka terhadap masuknya kebudayaan asing
b. system pendidikan formal yang maju d. sikap tertutup terhadap masuknya kebudayaan asing.
2. Faktor yang dapat menghambat terjadinya perubahan sosial adalah ….
a. Sistem pendidikan formal yang maju
b. Sikap tertutup atau ketakutan terhadap masuknya kebudayaan yang baru,
c. Toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang ( deviasi )
d. Mudah menerima hal-hal yang baru ( terbuka )
3. Penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam disebut faktor …
a. intern c. peperangan
b. extern d. teknologi
4. Penyebab perubahan sosial yang berasal dari luar disebut faktor …
a. intern c. peperangan
b. extern d. teknologi
5. Faktor internal yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah ....
a. adanya penemuan-penemuan baru c. masuknya budaya baru dari luar
b. peperangan dengan masyarakat di luar d. masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar
6. Salah satu faktor eksternal yang dapat menyebabkan perubahan sosial budaya adalah ….
a. rasa bosan terhadap kebiasaan yang turun-temurun
b. berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar
c. terjadinya pemberontakan dalam masyarakat itu sendiri
d. timbulnya perang saudara dalam masyarakat
7. Contoh perubahan yang pengaruhnya besar terhadap kehidupan masyarakat adalah ….
a. mode pakaian c. bencana alam
b. pendidikan dasar 9 tahun d. penggunaan HP sebagai alat komunikasi
8. Contoh perubahan yang pengaruhnya kecil terhadap masyarakat adalah ….
a. model rambut c. bencana alam
b .proklamasi kemerdekaan d. perang
9. Pernyataan berikut merupakan bentuk perubahan yang tidak direncanakan ….
a. bencana alam c. penggunaan HP sebagai alat keomunikasi
b. model rambut d. pembangunan kota
10. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia melalui proses …..
- assimilasi c. Disfusi
- akulturasi d. Dedikasi
II. Essay
11. Deskripsikan pengertian perubahan sosial menurut Selo Sumarjan !
12. Mengapa ada sekelompok masyarakat yang tidak mau melakukan perubahan, berikan alasannya!
13. Jelaskan pengertian revolusi !
14. Jelaskan ciri-ciri masyarakat di daerah perkotaan !
15. Jelaskan ciri-ciri masyarakat di daerah pedesaan !
Penugasan :
1. Carilah di lingkungan anda tentang contoh-contoh perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil maupun yang pengaruhnya besar
2. Carilah di lingkungan anda tentang contoh-contoh perubahan sosial budaya yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan
3. Carilah di lingkungan anda tentang contoh perubahan sosial yang belangsung secara cepat ( revolusi )
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda :
1
|
D
|
3
|
A
|
5
|
A
|
7
|
C
|
9
|
A
|
2
|
B
|
4
|
B
|
6
|
B
|
8
|
A
|
10
|
A/B
|
II. Essay :
a. Menurut Selo Sumarjan , Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.
b. Tidak mau melakukan perubahan :
- Keterbatasan iptek
- Takut mendapat pengaruh negatif dari budaya yang baru
- Ingin melestarikan budaya nenek moyang
- Rendahnya sumber daya manusia
c. Revolusi adalah perubahan yang berlangsung dengan cepat 5 – 10 tahun..
d. Ciri-ciri masyarakat adalah
- Cepat melakukan perubahan/ dinamis
- Mengikuti perkembangan zaman
- Optimis
- Pendidikan tinggi
- Konsumtif
- Kerja keras,
- Mayoritas bekerja sektor industri
e. Ciri-ciri masyarakat Tradisional :
- Lambat melakukan perubahan
- Berpegang teguh dengan adat istiaadat
- SDM/Pendidikan rendah
- Mayoritas bekerja di sektor pertanian
PEDOMAN PENILAIAN :
No
|
Nama Siswa
|
PG
|
Skor Uraian
|
Uraian
|
Jml
|
Nilai
| |||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3
| |||||||||
4
| |||||||||
dst
|
PG : B x 5 Jika betul semua skornya = 50
Uraian : B x 10 Jika betul semua skornya = 50
Jumlah nilai = 100
Mengetahui, Bukateja, 15 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja Guru Mata Pelajaran
Drs. Fachrudin Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP. 19650820199512 0 1