BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS SMP Kelas 9.Gasal.2



SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Bukateja
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Geografi
Kelas/Semester
:
IX / 1 ( gasal )
Tahun Pelajaran
:
2013/2014
Standar Kompetensi
:
3. Memahami perubahan sosial budaya
Kompetensi Dasar
:
3.1. Mendeskripsikan perubahan sosial dalam masyarakat
Indikator
:
    1. Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
    2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya perubahan dalam masyarakat
    3. Mendeskripsikan penyebab  perubahan sosial budaya
    4. Memberi contoh perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat
    5. Mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk integrasi sosial
    6. Membedakan masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan
Alokasi Waktu
:
5 pertemuan  ( 10 X40 menit)


A.     Tujuan Pembelajaran   :
             Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
                  1.      Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial menurut Selo Sumarjan
                  2.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan dalam masyarakat
                  3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat perubahan sosial budaya.
                  4.      Mendeskripsikan faktor internal penyebab  perubahan sosial budaya
                  5.      Mendeskripsikan faktor external penyebab  perubahan sosial budaya
                  6.      Mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam
                  7.      Mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari luar
                  8.      Memberi contoh perubahan sosial yang pengaruhnya besar terhadap kehidupan masyarakat
                  9.      Memberi contoh perubahan sosial yang pengaruhnya kecil terhadap kehidupan masyarakat
              10.      Memberi contoh perubahan sosial yang tidak direncanakan ( unplaned change )
              11.      Mendeskripsikan pengertian integrasi sosial
              12.      Mendeskripsikan tentang assimilasi, akulturasi, dan difusi
              13.      Menemukan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya disintegrasi sosial dalam masyarakat
              14.      Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat modern ( perkotaan )
              15.      Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat tradisional ( pedesaan )
B.      Karakter yang Dapat Dikembangkan
1.         Sanggup belajar giat agar dapat melakukan perubahan sosial dalam masyarakat
2.          Konsentrasi kerja (belajar) melalui ceramah bervariasi
3.          Keberanian berpendapat di muka umum melalui diskusi dan tanya jawab
4.          Tanggung jawab kerja melalui penugasan
5.          Kepedulian terhadap linkungan melalui penguasaan materi

C.      Materi Pembelajaran
1.         Pengertian perubahan sosial
2.         Faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya Perubahan sosial
3.         Faktor penyebab perubahan sosial budaya
4.         Penyebab terjadinya perubahan sosial
5.         Pengertian dan bentuk integrasi sosial
6.         Masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan

D.       Metode  Pembelajaran
1.         Ceramah bervariasi            
2.         Diskusi                                                               
3.         Tanya jawab
4.         Penugasan

E.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
I
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Meminta siswa agar menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2. Memberikan pretes untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang akan dipelajari dengan tanya jawab
1.  Menunjukkan letak negara-negara maju pada peta
2.  Menjawab pertanyaan pretes

Kegiatan inti
1. Membacakan indikator 1-15 pengertian perubahan sosial budaya manurut Selo Sumarjan,  sampai dengan ciri-ciri masyarakat tradisional
2. Siswa dibagi  2  kali 4 kelompok masalah ( 8 kelompok), setiap 2 kelompok membahasa masalah yang
a.     Setiap kelompok diberi tugas untuk membahas materi yang telah ditentukan , tentang  :
b.     Kelompok 1 & 5 : Pengertian dan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya, faktor penghambat,  penyebab  intern terjadinya perubahan sosial budaya 
c.      Kelompok 2 & 6 :Faktor eksternal penyebab perubahan sosial budaya, contoh penyebab peruubahan sosial dari dalam dan dari luar serta, serta perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar
d.     Kelompok 3 & 7 :Perubahan sosial  budaya yang pengaruhnya kecil, perubahan sosial yang tidak direncanakakn
e.     Kelompok 4 & 8 : Integrasi sosial, asimilasi, akulturasi,difusi, langkah-langkah mencegah tejadinya disintegrasi sosial, ciri-ciri masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
1.   Setiap kelompok mempelajari buku sumber dan merumuskan jawaban dalam bentuk presentasi.
2.   Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
3.   Membuat ringkasan sebagai bahan catatan siswa
1.   Memperhatikan pembacaan indikator yang hendak dicapai.
2.   Memperhatikan penjelasan singkat dari guru
3.   Masing-masing kelompok membahas masalah yang telah ditetapkan oleh guru
4.   Menyusun laporan hasil kerja kelompok
5.  Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
6.  Melaksanakan kegiatan diskusi kelas ( bertanya, menjawab, dan memberikan sanggahan apabila memiliki pendapat yang berbeda dengan lainnya.
7.  Mencatat kesimpulan  yang telah ditulis guru di papan tulis.

Penutup
1.  Mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
2.  Memberikan tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
Mencatat tugas pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
II
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi  :   Menanyakan apakah sudah memahami tentang perubahan sosial dalam masyarakat
2.                  Motivasi    :   Ucapan terima kasih kepad siswa yang telah mengerjakan tugas: 
Memperhatikan cerita , memperhatiikan penjelasan  guru

Kegiatan inti
1. Membahas tugas yang telah dikerjakan siswa di rumah
2. Ceramah dipadukan dengan tanya jawab dan membuat catatan ringkas tentang :
-        Pengertian perubahan sosial budaya menurut sosiolog Selo Sumarjan
-        Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial
-        Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial
-        Faktor penghambat terjadinya perubahan sosial
-        Contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan masyarakat
1. Membahas dan melaporkan tugas pekerjaan rumah
2. Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian, faktor pendorong, penghambat , dan penyebab serta contoh perubahan sosial di lingkungan masyarakat


Penutup
1. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai umpan balik
2. Memotivasi siswa agar giat belajar untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan yang akan datang.
Menjawab pertanyaan guru dan memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Guru
Siswa
III
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas, kerapian siswa berpakaian, menulis jurnal kelas
Mempersiapkan alat dan buku pelajaran IPS

Apersepsi dan motivasi
1. Apersepsi : Menceritakan tentang kesuksesan seseorang membutuhkan kerja keras dan tekun belajar
2. Memberikan harapan pada siswa semoga dapat mengerjakan ulangan harian dengan baik dan jujur.
Mempersiapkan lembar jawab ulangan harian

Kegiatan inti
1. Membacakan soal ulangan harian
2. Mengawasi siswa dalam mengerjakan ulangan harian
3. Membahas ulangan harian sekaligus koreksi bersama
4. Mencocokkan hasil ulangan harian
5. Memasukkan nilai ulangan harian ke daftar nilai
1. Mengerjakan soal ulangan harian
2. Mengoreksi pekerjaan milik teman saat pembahasan soal
3. Melaporkan hasil koreksi

Penutup
1. Menyampaikan ucapan terima kasih bagi siswa yang telah giat belajar dan memperoleh prestasi baik
2. Memotivasi siswa yang belum mencapai KKM agar giat belajar untuk menghadapi ulangan remidi pada pertemuan yang akan datang
Memperhatikan penjelasan guru

Refleksi
…………………………………………………..……………………………………………………………







F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.     Peta Wilayah Indonesia
2.     Foto kehidupan masyarakat di daerah pedesaan
3.     Foto kehidupan masyarakat di daerah perkotaan
4.     Diktat / ringkasan
5.     Buku IPS Geografi untuk SMP Kelas 9
6.     Abdi Guru, Tim, 2007, IPS Terpadu 3 B untuk kelas IX, Erlangga, Jakarta.
7.     Achmad Chaldun, 1990, Atlas Indonesia dan dunia, untuk Sekolah Lanjutan, PT, Karya Pembina Swajaya, Surabaya.
8.     Kateno, dkk, 2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 3, Grahadi, Surakarta
9.     Sutarto, dkk. 2008, IPS 3 untuk SMP/MTs. Kelas IX, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

G.      Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes Lesan ( tanya jawab )

2. Bentuk Instrumen
a.       Tes pilihan ganda
b.       Tes uraian.
3.       Soal/instrumen:

I.     Pilihan Ganda :
       Berilah tanda silang pada huruf di depan pernyataan yang benar !
1.      Pernyataan berikut di bawah ini merupakan  faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial, kecuali : .....
a. kontak dengan Kebudayaan lain                                    c.  terbuka terhadap masuknya kebudayaan asing
b. system pendidikan formal yang maju                            d. sikap tertutup terhadap masuknya kebudayaan asing.
2.      Faktor yang dapat menghambat terjadinya perubahan sosial  adalah ….
a. Sistem pendidikan formal yang maju
b. Sikap tertutup atau ketakutan terhadap masuknya kebudayaan yang baru,
c. Toleransi terhadap  perbuatan yang menyimpang ( deviasi )
d. Mudah menerima hal-hal yang baru ( terbuka )
3.      Penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam disebut faktor …
a. intern                                                                                     c. peperangan
b. extern                                                                                    d. teknologi
4.      Penyebab perubahan sosial yang berasal dari luar disebut faktor …
a. intern                                                                                     c. peperangan
b. extern                                                                                    d. teknologi
5.      Faktor internal yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah ....
a. adanya penemuan-penemuan baru                               c. masuknya budaya baru dari luar
b. peperangan dengan masyarakat di luar                         d. masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar
6.      Salah satu faktor eksternal yang dapat menyebabkan perubahan sosial budaya adalah ….
a. rasa bosan terhadap kebiasaan yang turun-temurun
b. berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar
c. terjadinya pemberontakan dalam masyarakat itu sendiri
d. timbulnya perang saudara dalam masyarakat
7.      Contoh perubahan yang pengaruhnya besar terhadap kehidupan masyarakat adalah ….
a.  mode pakaian                                                                    c. bencana alam
b. pendidikan dasar 9 tahun                                                 d. penggunaan HP sebagai alat komunikasi
8.      Contoh perubahan yang pengaruhnya kecil terhadap masyarakat adalah ….
a. model rambut                                                                      c. bencana alam
b .proklamasi kemerdekaan                                                 d. perang
9.      Pernyataan berikut merupakan bentuk perubahan yang tidak direncanakan  ….
a. bencana alam                                                                      c. penggunaan HP sebagai alat keomunikasi
b. model rambut                                                                      d. pembangunan kota
10.  Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia melalui proses …..
  1. assimilasi                                                                           c. Disfusi
  2. akulturasi                                                                          d. Dedikasi

II.   Essay
11.  Deskripsikan pengertian perubahan sosial menurut Selo Sumarjan !
12.  Mengapa ada sekelompok masyarakat yang tidak mau melakukan perubahan, berikan alasannya!
13.  Jelaskan pengertian revolusi !
14.  Jelaskan ciri-ciri masyarakat di daerah perkotaan !
15.  Jelaskan ciri-ciri masyarakat di daerah pedesaan !

Penugasan :
1.       Carilah di lingkungan anda tentang contoh-contoh   perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil maupun yang pengaruhnya besar
2.       Carilah di lingkungan anda tentang contoh-contoh perubahan sosial budaya yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan
3.       Carilah di lingkungan anda tentang contoh perubahan sosial yang belangsung secara cepat ( revolusi )





KUNCI  JAWABAN
I.    Pilihan Ganda :

1
D
3
A
5
A
7
C
9
A
2
B
4
B
6
B
8
A
10
A/B

II. Essay :

a.         Menurut Selo Sumarjan , Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.
b.         Tidak mau melakukan perubahan :
-        Keterbatasan iptek
-        Takut mendapat pengaruh negatif dari budaya yang baru
-        Ingin melestarikan budaya nenek moyang
-        Rendahnya sumber daya manusia
c.          Revolusi adalah perubahan yang berlangsung dengan cepat 5 – 10 tahun..
d.         Ciri-ciri masyarakat adalah
-        Cepat  melakukan perubahan/ dinamis
-        Mengikuti perkembangan zaman
-        Optimis
-        Pendidikan tinggi
-        Konsumtif
-        Kerja keras,
-        Mayoritas bekerja sektor industri
e.          Ciri-ciri masyarakat Tradisional :
-        Lambat melakukan perubahan
-        Berpegang teguh dengan adat istiaadat
-        SDM/Pendidikan rendah
-        Mayoritas bekerja di sektor pertanian









PEDOMAN  PENILAIAN :

No
Nama Siswa
PG
Skor Uraian
Uraian
Jml
Nilai
1









2









3









4









dst









PG                               : B x 5  Jika betul semua  skornya =   50
Uraian                 : B x 10         Jika betul semua  skornya =   50
Jumlah nilai                                                                    = 100


Mengetahui,                                                                           Bukateja, 15 Juli  2013
Kepala SMP Negeri 2 Bukateja                                              Guru Mata Pelajaran




Drs. Fachrudin                                                                       Drs. Ari Handoko
NIP. 19530811 198203 1 003 NIP. 19650820199512 0 1
Comments
0 Comments

No comments :