BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS 3

1. Sheet Data 2

Lembar kerja tersebut berisi keterangan yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian (kolom), antara lain :
   a. pendekatan
   b. model Pembelajaran
   c. metode Pembelajaran
   d. alat Pembelajaran
   e. jenis Evaluasi
   f. bentuk Evaluasi
   g. sumber bahan. (Gambar 4)

     Data yang tertulis pada Data2 akan diimput ke dalam Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Ada sedikit perbedaan antara sheet Data1 dengan sheet Data2. Data yang diimput dari Data 1 guru tidak perlu melakukan pengeditan ulang pada lembar kerja lain yang berhubungan dengan data utama. Sedangkan pada Data2 masih memerlukan pengeditan, sesuai dengan jenis kegiatan pembelajaran, model, strategi pembelajaran, alat evaluasi, serta buku yang digunakan oleh masing-masing guru.
2. Sheet Prota (Program Tahunan)
Program tahunan sebenarnya tidaklah sulit apabila program semester telah tersusun dengan baik. Karena program tahunan merupakan gabungan dari program semester gasal dengan semester genap. Hanya saja dalam program tahunan tidak perlu disertakan uraian tentang rincian kegiatan baik dalam mingguan maupun bulanan. Pada progam tahunan cukup membuat kolom nomor, nomor SK/ KI, dan KD, dan kolom semester, dimana pengisian kolom tersebut dilakukan melalui Data Utama yang dilink-kan ke program semester.
3. Sheet Program Semester
     Pada lembar kerja Program semester (Promes) guru tidak perlu lagi menulis Identitas, KD, maupun bulan, dan pengesahan. Karena telah diimput dari Data1. Guru cukup menandai kolom pertemuan sesuai kalender pendidikan atau kalender yang dibuat sekolah masing-masing. Pengaturan kolom dalam menyusun sheet Program semester adalah sebagai berikut :
1) A = 14,29 (tombol link)
2) B-C = 2,29 (nomor KI dan nomor KD)
3) D = 38,29 (Kompetensi Dasar)
4) E-F = 3,57 (Tatap muka dan alokasi waktu)
5) G-BN = 0,75 (waktu kegiatan yang direncanakan)
6) BO-BP = 4 (ketercapaian dan KKM)
    Dalam penyusunan Program semester disini dipersiapkan untuk 8 Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti (Kurikulm 2013). Pada masing-masing Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti terdiri dari 4 Kompetensi Dasar. Bagitu juga banyaknya minggu masing-masing bulan terdiri dari 5 minggu. Apabila baris KD atau kolom bulan tidak difungsikan maka dapat dihiden. Caranya, blok baris atau kolom yang tidak difungsikan, pilih menu Home – Format – Visibility – Hide rows untuk baris dan Hide Colums untuk kolom. Apabila hendak memunculkan kembali baris dan kolom tersebut langkahnya sama dan pilih Unhide rows atau unhide colums. Dengan langkah tersebut maka akan terlihat rapi dalam pencetakan. (Gambar 5)

4. Sheet Rincian Pekan Efektif
Khusus untuk Rincian Pekan Efektif, guru mengetik sendiri karena data-data yang dimasukkan tidak berhubungan langsung dengan kegiatan pembelajaran dan menyesuaikan dengan program sekolah maupun kalender pendidikan. ....next

Comments
0 Comments