BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS 2

B. Susunan Lembar Kerja Perangkat Pembelajaran Digital :
        Untuk mempermudah memahami langkah kerja proses pembuatan Perangkat Pembelajaran Digital kami sajikan lembar kerja yang harus dipersiapkan dalam MS Office Excel, yaitu :
Sheet Halaman Utama (Data1):















    Lembar kerja tersebut berfungsi sebagai halaman utama, untuk mengimput data. Pada lembar kerja tersebut dikelompokkan menjadi beberapa bagia, antara lain :
  1. Bagian Identitas, meliputi : Nama dan NIP Guru, Nama dan NIP Kepala Sekolah, Nama dan NIP Waka Kurikulum, Satuan Pendidikan, Kelas, Jurusan, Semester. Tahun Pelajaran, tempat, dan tanggal pembuatan. 
  2. Petunjuk, berisi tentang penjelasan cara melakukan pengidetan (gambar 3)
  3. Tombol Navigasi, terdiri dari : Open, Close, Prota, Program Semester, Rincian Pekan Efektif, SIlabus, KKM, Kisi-kisi, Pemetaan soal, RPP ( Gambar 1). Penggunaan tombol tersebut berfanfat untuk mengelompokkan dan membatasi tampilan lembar kerja agar tidak terlalu padat
  4. Bagian Kompetensi Inti / Standar Kompetensi
  5. Bagian Kompetensi Dasar
  6. Bagian INdikator
  7. Tujuan Pembelajaran
  8. Bagian Materi PElajaran (Gambar 2)
     Cara membuat Format Halaman Utama (Data1)
Agar proses pengeditan dan pengisian data lebih mudah maka atur terlebih dulu kolom-kolomnya seperti berikut :
1) A = 8,71 (nomor RPP)
2) B = 5 (frame kiri pada identitas, dan nomor SK/KI
3) C = 46,86 (keterangan identitas dan deskripsi tentang SK/KI
4) D = 4 (:) pada identitas, nomor KD)
5) E = 54,86 (identitas guru, dan dekripsi tentan KD)
6) F = 5 (bagian frame kanan pada identitas
7) G - I = 43 (Lembar petunjuk, indikator, tujuan pembelajaran, dan materi pelajaran)
Tombol navigasi :
Tombol navigasi di berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja yang diinginkan. Sehingga mempermudah untuk melakukan pengeditan. Untuk mengaktifkan tombol tersebut diperlukan rumus VBA. Tanpa bantuan rumus VBA maka pengaturan tampilan tidak dapat dilakukan. Tombol yang perlu dipersiapkan meliputi :
    a. Open
    b. Close
    c. Prota, Program semester, Rincian Pekan Efektif
    d. Data2
    e. Silabus
    f. KKM
    g. Pemetaan Soal
    h. Kisi-kisi
    i. RPP
Mengenai rumus VBA akan dibahas tersendiri di bagian belakang.
Pada bagian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar guru sebagai User tinggal memasukkan deskripsi yang telah tertuang dalam kurikulum. Sedangkan pada bagian indikator, tujuan pembelajaran, dan materi pelajaran, guru memasukkan deskripsi pembelajarannya sesuai dengan kolom yang tersedia. Deskripsi yang tertulis pada bagian tersebut akan diimput ke Silabus, KKM, Kisi-kisi soal, Pemetaan, dan RPP.:


Tidak mudah bagi guru sebagai User untuk meng-edit perangkat pembelajaran digital, oleh karena itu di sebelah kanan identitas disediakan petunjuk cara membuat perangkat pembelajaran dengan menggunakan “Perangkat Pembelajaran Digital”. (Gambar 3). .....next















Comments
0 Comments