BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS 1

   BAGIAN KE-1

         Perangkat Pembelajaran Digial adalah sebuah aplikasi perangkat pembelajaran yang memanfaatkan MS Office Excel. Dinamakan Perangkat Pembelajaran Digital, karena para pengguna (guru) dalam menyelesaikan tugas perencanaan memanfaatkan tombol-tombol navigasi. Tujuan disusunnya aplikasi tersebut untuk membantu meringankan dan mempermudah pekerjaan guru. Karena penyusunan perangkat pembelajaran merupakan tugas administrasi guru yang menyita banyak waktu.
         Beberapa lembar kerja yang terdapat dalam Perangkat pembelajaran Digital antara lain : Program tahunan (prota), Program Semester (Program semester), rincian pekan efektif, Silabus, KKM, Kisi-kisi Ulangan Harian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dapat dibayangkan betapa lelahnya seorang guru apabila harus membuat Silabus, KKM, Kisi-kisi, RPP setiap kali pertemuan, masih ditambah pekerjaan lainnya, seperti koreksi analisis nilai, mempersiapkan peraga dan lainnya. Dalam tulisan ini penulis akan menyajikan cara membuat perangkat pembelajaran yang praktis, efisien, dengan memanfaatkan MS Office Excel. Diharapkan denga aplikasi tersebut guru tidak lagi menjabarkan Kompetensi Dasar, Indikator, Materi ke dalam Silabus, KKM, Kisi-kisi, maupun RPP, karena telah dijabarkan secara otomatis melalui aplikasi.
         Sebagai User guru cukup menuliskan identitas, KI, KD, Indikator, Materi, metode, soal evaluasi, beserta kunci jawaban pada format yang telah tersedia. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut maka guru dapat menghemat banyak waktu, tenaga dan pikiran, sehingga akan lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk peserta didik.

A. Manfaat penggunaan Perangkat Pembelajaran Digital antara lain :
  1. Meringankan pekerjaan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran antara lain :
          a. Program Tahunan
          b. Program Semester
          c. Rincian Pekan Efektif
          d. Silabus
          e. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
          f. Kisi-kisi Ulangan Harian
          g. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
  1. 2. Bagi sekolah :
          a. Pembelajaran menjadi lebih efektif, karena guru tidak tersita waktunya untuk mengerjakan
              administrasi pembelajaran.
          b. Mengurangi kebiasaan kurang baik bagi guru yang sering (copy paste) dalam membuat
              perangkat pembelajaran.
Demikian pembahasan awal dalam cara cepat membuat perangkat pembelajaran, pembahasan selanjutnya  ........NEXT
Comments
0 Comments