BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

ULANGAN HARIAN 2 SEJARAH INDONESIA

Bagi siswa SMK Negeri 1 Bukateja Kelas X (sepuluh) yang telah selesai mempelajari materi tentang Bab III  tentang "Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu-Buddha ". Silahkan kerjakan Ulangan Harian secara online yang telah di share di bawah ini !. Jangan lupa berdo'a terlebih dulu sebelum mengerjakan agar nilai yang diperoleh dapat mencapai atau melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu : 75.
Apabila nilai yang diperoleh belum mencapai harap belajar kembali tentang materi tersebut dengan sebaik-baiknya. Kemudian kerjakan kembali Ulangan harian berikut . Ulangi kembali mengerjakan Ulangan tersebut sampai mendapat nilai minimal 75.

Petunjuk Mengerjakan !

NILAI ULANGAN 1 DASAR DESAIN GRAFIS JURUSAN MM KELAS X

Bagi yang telah mengerjakan Ulangan 1 Dasar Desain Grafis  dapat melihat nilainya di bawah ini  !

ULANGAN 1 DASAR DESAIN GRAFIS JURUSAN MM X

Bagi siswa SMK Negeri 1 Bukateja Kelas X (sepuluh) yang telah selesai mempelajari materi tentang Bab I tentang "Prinsip Desain Grafis dan Unsur-Unsur Warna",  silahkan  mengerjakan Ulangan Harian secara online yang telah di share di bawah ini !. Jangan lupa berdo'a terlebih dulu sebelum mengerjakan agar nilai yang diperoleh dapat mencapai atau melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu : 75.
Apabila nilai yang diperoleh belum mencapai KKM, harap belajar kembali tentang materi tersebut dengan sebaik-baiknya. Kemudian kerjakan kembali Ulangan harian berikut . Ulangai kembali mengerjakan Ulangan tersebut sampai mendapat nilai minimal 75.
Petunjuk Mengerjakan !

DAFTAR NILAI ULANGAN 1 SEJARAH INDONESIA SMT GASAL

Bagi yang telah mengerjakan Ulangan 1 Sejarah Indonesia dapat melihat nilainya di bawah ini  !

ULANGAN 1 SEJARAH INDONESIA SMT GASAL 2018/2019


Bagi siswa SMK Negeri 1 Bukateja Kelas X (sepuluh) yang telah selesai mempelajari materi tentang Bab I tentang "Sinkronik dan Diakronik" dan Bab II tengang  Kehidupan Masa Praaksara,  silahkan Ulangan Harian secara online yang telah di share di bawah ini !. Jangan lupa berdo'a terlebih dulu sebelum mengerjakan agar nilai yang diperoleh dapat mencapai atau melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu : 75.
Apabila nilai yang diperoleh belum mencapai harap belajar kembali tentang materi tersebut dengan sebaik-baiknya. Kemudian kerjakan kembali Ulangan harian berikut . Ulangi kembali mengerjakan Ulangan tersebut sampai mendapat nilai minimal 75.
Petunjuk Mengerjakan !

UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA

 
I.   Peristiwa Penting Pasca Proklamasi Kemerdekaan RI
 
A . Penyebarluasan Berita Proklamasi
Walaupun proklamasi telah dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 namun banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu, oleh karena itu para pemuda dan pejuang berupaya untuk dapat menyebarluarkan berita tersebut sampai ke seluruh lapisan masyarakat dengan maksud agar seluruh bangsa Indonesia bangkit dan ikut serta berjuang melawan penjajahan. Mengingat masih terbatasnya sarana komunikasi maka dengan berbagai cara dilakukan, antara lain : menggunakan radio, penyebaran pamflet, melalui perkumpulan, dan dari mulut ke mulut. Proklamasi kemerdekaan benar-benar disambut dengan gembira oleh seluruh lapisan

RPP SEJARAH INDONESIA K-13 Revisi 2018

        Bagi guru SMK khusus mata pelajaran yang mengalami kesulitan untuk membuat perangkat pembelajaran, khususnya RPP (Rancangan Perangkat Pembelajaran), tidak perlu khawatir. Penulis telah membuatnya lengkap dari rincian pekan efektif, program tahunan, program semester, Silabus, KKM, Pemetaan Soal Ulangan Harian, RPP. Bagi yang membutuhkan tinggal download saja, gratis. Hanya perlu mengedit sedikit, nama, nip, nama sekolah, kepala sekolah, waka kurikulum. beres.
  1. Rincian Pekan efektif
  2. Program Tahunan
  3. Program Semester
  4. KKM
  5. Pemetaan Soal Ulangan Harian
  6. Kisi-kisi Ulangan Harian
  7. RPP 1
  8. RPP 2

UNSUR-UNSUR WARNA DALAM DESAIN GRAFIS


Materi Pelajaran II
SMK Kelas X, Jurusan Multimedia, TKJ, RPL
Kurikulum 13 Revisi  2018

      Warna dapat didefinisikan secara objektif/ fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan atau secara subjektif/psikologis merupakan bagian dari pengalaman indera penglihatan. Secara objektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik
Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang disebut spectrum atau warna cahaya, mulai berkas cahaya warna ungu/ violet, biru, hijau, jingga, hingga merah. Di luar cahaya ungu/violet terdapat gelombang-gelombang ultraciolet, sinar X, sinar gamma, dan sinar cosmic. Di luar cahaya merah terdapat gelombang/ sinar inframerah, gelombang Hertz, gelombang radio pendek, dan gelombang radio panjang yang banyak digunakan untu pemancaran radio dan TV.

PRINSIP TATA LETAK

Materi Pelajaran III,
SMK kelas X, Jurusan Multimedi, TKJ, RPL (C2)
Kurikulum 2013 Revisi 2018

Pengertian :
Tata letak atau layout merupakan kegiatan untuk menyusun, menata, mengatur dan memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, bidang, dan lain-lain) menjadi komposisi karya visual yang komunikatif, estetik, persuasif, dan menarik. 
Tujuan Tata letak yang baik :
Adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.

DASAR-DASAR DESAIN GRAFIS

Materi Pelajaran I
SMK Kelas X : Jurusan Multimedia, TKJ, RPL (C2)

Pengertian Desain Grafis :
Adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Secara singkat, design grafis diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar, karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang dapat dibunyikan.