BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

RPP IPS 8

9. Sheet RPP (1-8)
Pengisian data dan rumus pada lembar kerja (sheet) RPP sedikit berbeda dengan sheet-sheet sebelumnya. Data yang dimput berasal dari Data1 dan Data2 dan Silabus. Data yang dimput dari Data1 antara lain : identitas, tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan sebagian kegiatan inti. Data yang diimput dari Data2 antara lain : pendekatan, model, metode, alat pelajaran, jenis dan bentuk evaluasi, serta sumber bahan.
Data yang diimput dari Silabus meliputi Soal ulangan harian, dan kunci jawaban. Proses pengimputan sama seperti imput data pada kisi-kisi, yaitu rpp1 diimput dari Slb1, rpp2 diimput dari Slb2, dan seterusnya.
Pengaturan kolom agar proses pengeditan mudah perlu diatur sebagai berikut :
a. A = 15,14 (tombol link)
b. B = 2,71 (Sub judul)
c. C = 3,14 (nomor urut)
d. D, E = item masing-masing bagian pembelajaran dan Soal evaluasi, Pengesahan Kepala Sekolah
e. F,H = 2,71 (nomor urut pada format kegiatan pembelajaran)
f. G = 8,57 (Item kegiatan guru dalam pembelajaran
g. I = 3,71 (KD, Indikator)
h. J, K = 8,57 (Mengetahui Waka Kurikulum)
i. L, N = 22 (tanggal dan identitas penyusun /guru)
j. M = 8,57
k. O = 9,86 (alokasi waktu ). (Gambar 13)
Langkah-langkah memasukkan rumus ( fungsi Excel ) :
a. Cell-cell yang mengimput dari Data1 antara lain :
1) Cell (I4) : =IFERROR(VLOOKUP($D$4,Data1!$C$4:$E$15,3,FALSE),"")
2) Cell (I5) : =IFERROR(VLOOKUP($D5,Data1!$C$4:$E$15,3,FALSE),"")
3) Cell (I6) : =IFERROR(VLOOKUP($D6,Data1!$C$4:$E$15,3,FALSE),"")
4) Cell (I7) : =IFERROR(VLOOKUP($D7,Data1!$C$4:$E$15,3,FALSE),"")
5) Cell (I8) : =IF(Data1!B37="";"";Data1!B37)
6) Cell (J8) : =IF(Data1!C37="";"";Data1!C37)
7) Cell (I9) : =IF(Data1!D37="";"";Data1!D37)
8) Cell (J9) : =IF(Data1!E37="";"";Data1!E37)
Copas cell (I9) ke cell (I10-I11) dan cell (J9) ke cell (J10-J11)
9) Cell (I12) : =IF(J12="";"";Data1!F37)
10) Cell (J12) : =IF(Data1!G37="";"";Data1!G37)
Copas cell (I12) ke cell (I13-I20) dan cell (J12) ke cel (J13-J20)
11) Cell (E219) : =Data1!$C$6
12) Cell (E223) : =Data1!$E$6
13) Cell (E224) : =CONCATENATE(Data1!$C$7;" ";Data1!$E$7)
14) Cell (K219) : =Data1!$C$8
15) Cell (K223) : =Data1!$E$8
16) Cell (K224) : =CONCATENATE(Data1!$C$5;" ";Data1!$E$9)
17) Cell (N218) : =Data1!$E$16
18) Cell (N219) : =CONCATENATE("Guru";" ";Data1!$C$11)
19) Cell (N223) : =Data1!$E$4
20) Cell (N224) : =CONCATENATE(Data1!$C$5;" ";Data1!$E$5)
b. Cell-cell yang mengimput dari Data2 antara lain :
Untuk mengimput data dari sheet Data2 menggunakan Data Validasi dengan cara klik Data – Data Validation – Setting – List – Source pada cell-cell tertentu :
1) Cell (D47) & (D48) : =Data2!$B$3:$B$12
tentang pendekatan pembelajaran (Gambar 14)
2) Cell (D50) & (D51) : =Data2!$C$3:$C$12
tentang model pembelajaran
5) Cell (D53) s.d (D56) : =Data2!$D$3:$D$17
tentang metode pembelajaran
6) Cell (E125) s.d(E127) : =Data2!$E$3:$E$17
tentang alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran
7) Cell(E129) s.d (E131) : =Data2!$H$3:$H$17
tentang sumber bahan ( referensi guru)
8) Cell(E135) s.d (E137) : =Data2!$F$3:$F$17
tentang jenis tes
9) Cell(E135) s.d (E137) : =Data2!$G$3:$G$17
tentang bentuk tes.
c. Cell-cell yang mengimput data dari Silabus antara lain :
1) Cell (D145-N145) : =IF(Slb1!J12="";"";Slb1!J12)
Copas cell tersebut ke cell (D146) s.d.(D154)
2) Cell (O145) : =IF(Slb1!M12="";"";Slb1!M12)
Copas cell tersebut ke cell (O146) s.d.(O154)
3) Cell (D156) : =IF(Slb1!J22="";"";Slb1!J22)
Copas cell tersebut ke cell (D157) s.d.(O160)
Setelah rumus-rumus excel dimasukkan maka uji (cek) dengan Data1, Data2 dan Silabus1, apabila link sudah sesuai maka langkah selanjutnya adalah copy sheet serta ubah nama dari sheet (rpp1) hingga sheet (rpp8). Beberapa cell yang perlu diubah script-nya pada rpp2 antara lain :
1) Cell (I8) : =IF(Data1!B52="";"";Data1!B52)
2) Cell (J8) : =IF(Data1!C52="";"";Data1!C52)
3) Cell (I9) : =IF(Data1!D52="";"";Data1!D52)
4) Cell (J9) : =IF(Data1!E52="";"";Data1!E52)
Copas cell (I9) ke cell (I10-I11) dan cell (J9) ke cell (J10-J11)
5) Cell (I12) : =IF(J12="";"";Data1!F52)
6) Cell (J12) : =IF(Data1!G52="";"";Data1!G52)
Copas cell (I12) ke cell (I13-I20) dan cell (J12) ke cel (J13-J20)
Bagian lain yang perlu diubah link-nya adalah pada bagian Evaluasi, yaitu cukup dengan mengubah nama sheetnya dari Slb1 menjadi Slb2 :
1) Cell (D145-N145) : =IF(Slb2!J12="";"";Slb2!J12)
Copas cell tersebut ke cell (D146) s.d. (D154)
2) Cell (O145) : =IF(Slb2!M12="";"";Slb1!M12)
Copas cell tersebut ke cell (O146) s.d.(O154)
3) Cell (D156) : =IF(Slb2!J22="";"";Slb1!J22)
Demikian cell-cell yang perlu diubah, begitu juga untuk RPP selanjutnya, pada bagian Data1 mengikuti nomor RPP di sebelah kiri, dan pada silabus menyesuaikan nomor RPP, misalnya RPP3 maka link-nya terdapat pada Slb3. Pada bagian akhir ada beberapa format penilaian dan lainnya, apabila mau melakukan perubahan terhadap format-format tersebut, lebih baik dikerjakan di workbook lain kemudian dicopykan dalam bentuk gambar (jpg, png) dengan menggunakan copy paste special. Dengan demikian tidak mempengaruhi perubahan kolom yang ada.
Data yang berupa gambar (picture) tidak dapat diedit di cell excel, oleh karena itu pertanyaan yang berupa gambar (picture) tidak dapat di link-kan ke lembar kerja lain. Oleh karena itu data yang berupa gambar diinsert ke bagian masing-masing atau dengan cara memanfaatkan copy paste (copas). Misalnya gambar yang diperlukan di RPP tidak dapat diimput dari Silabus, tetapi di masukkan sendiri ke dalam RPP.
Dengan tersusunnya RPP digital maka sebagian besar penyusunan perangkat tersebut telah dikerjakan secara otomatis, antara lain : kelompok identitas, Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pelajaran, Ulangan Harian, dan bagian pengesahan. Bagian lain yang tinggal memasukkan teks dari Data2 adalah pendekatan, model, metode, alat dan sumber bahan, jenis dan bentuk evaluasi. Bagian tersebut tinggal menyesuaikan dengan materi dan strategi pembelajaran yang digunakan. Sedangkan bagian lain yang masih kosong dan diisi oleh guru adalah kolom kegiatan pembelajaran, pada nomor tertentu saja, antara lain : nomor 3 - 4 pada bagian pendahuluan, nomor 6 - 9 pada bagian kegiatan inti, dan nomor 1 – 2 pada bagian penutup. Bagian tersebut diisi oleh guru disesuaikan dengan strategi, kondisi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Alasan lain guru harus mengisi sendiri pada bagian tersebut karena antara pertemuan satu dengan pertemuan lainnya berbeda kegiatannya, begitu juga antara RPP satu dengan RPP lainnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan dengan Perangkat Digital pekerjaan guru yang utama terdapat pada Sheet Data1, Sheet Program Semester, dan Sheet Silabus pada bagian Evaluasi. Sedangkan pekerjaan tambahan terdapat pada Sheet Data2 yaitu mengubah sumber bahan (referensi), cara menentukan KKM pada sheet KKM, dan bagian kegiatan pembelajaran pada Sheet RPP. Apabila masing-masing Silabus, KKM, dan masing-masing RPP telah terisi semua, maka selesai sudah pekerjaan guru dalam membuat perangkat pembelajaran, dan tinggal cetak untuk mendapat pengesahan dari kepala sekolah.
Demikianlah langkah-langkah proses penyusunan Perangkat Pembelajaran Digital. .....NEXT

Comments
0 Comments